Sebagai makhluk sosial yang menjalani kehidupan sehari-hari dengan bertemu dengan orang lain, mustahil sepertinya untuk tidak berinteraksi dengan orang-orang tersebut. Karena itu, komunikasi menjadi hal penting yang dilakukan – dan harus dilakukan dengan baik juga agar komunikasi dua arah dapat terjalin.

Hal itu menjadikan komunikasi sebagai salah satu soft skill yang sangat dibutuhkan pada dunia kerja. Karena melakukan komunikasi yang tepat dan bisa dimengerti oleh lawan bicara merupakan hal yang penting.

Menguasai komunikasi sebagai soft skill adalah hal yang mutlak dan harus dimiliki oleh semua orang. Untuk itu, kamu perlu menguasainya. Meningkatkan komunikasi bisa dilakukan dengan banyak hal, seperti dengan melakukan 7 hal di bawah ini, enervoners!

 

 

Memerhatikan Artikulasi Bicara

Credit Image - wowkeren.com

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengasah soft skill komunikasi adalah dengan memerhatikan artikulasi bicara – karena kejelasan dalam berbicara dapat memengaruhi penerimaan dari lawan bicara dan memudahkannya untuk mengerti.

Untuk mengasahnya, kamu bisa mulai berlatih dengan mengucapkan ‘A,I,U,E,O’ dengan bentuk bibir, suara yang benar, serta mengucapkan kata-kata secara jelas dan tegas. Atau kamu juga bisa merekam setiap pembicaraan yang dilakukan dan mendengarkannya di waktu senggang lalu mengevaluasinya.

 

Lakukan Penyelarasan Suara

Berbicara dengan setiap orang tentunya akan berbeda, seperti kepada orang tua, teman satu tim, atasan, atau orang lain yang baru saja dikenal – tidak bisa memiliki gaya bicara yang sama. Untuk itu, kamu perlu melakukan penyelarasan suara untuk membedakannya.

Dengan melakukan penyelarasan, kamu akan terbantu untuk menyampaikan apa yang diinginkan dengan tepat. Karena lawan bicaramu akan lebih mudah memahami setiap kalimat yang diucapkan dengan gaya bicara yang juga sesuai.

 

Berbicara dengan Tenang

Credit Image - ekrut.com

Memiliki soft skill komunikasi yang baik tentunya bukan hal yang mudah jika kamu bukan orang yang sering berbicara dengan umum. Alhasil ketika berada di kondisi berbicara depan umum, kamu akan lebih gugup dan lawan bicara kesulitan untuk memhami.

Untuk itu, kamu perlu tetap menjaga ketenangan agar dapat dengan mudah berbicara di depan umum. Kamu bisa memikirkan hal-hal positif, menarik nafas dalam-dalam. Dengan berbicara lebih tenang, orang lain dapat memahami kalimat yang disampaikan.

 

Beri Kesempatan Bicara pada Orang Lain

Dalam meningkatkan soft skill komunikasi, perlu dipahami bahwa komunikasi dilakukan secara dua arah. Untuk itu, penting bagimu untuk tidak mendominasi pembicaraan yang dilakukan.

Jika terlalu mendominasi, lawan bicaramu akan kehilangan rispek dan enggan berbicara denganmu. Berilah kesempatan orang lain untuk berbicara. Biarkan mereka mengeluarkan pendapatnya dengan leluasa, sehingga terjalin sebuah komunikasi dua arah yang positif.

 

Kontak Mata dengan Lawan Bicara

Credit Image - money.kompas.com

Agar dapat memberikan timbal balik yang baik pada lawan bicara, ada baiknya untuk kamu melakukan kontak mata secukupnya. Cara ini terbukti mampu meningkatkan soft skill komunikasi – kakrena akan membuat lawan bicara merasa diyakinkan dengan kalimat yang disampaikan.

Melakukan kontak mata memberikan sinyal positif dan membuat lawan bicara lebih nyaman. Dengan nyaman, lawan bicaramu akan lebih mempercayai dan meyakinkan perkataan yang disampaikan.

 

Memainkan Bahasa Tubuh Saat Berbicara

Dalam mengasah soft skill komunikasi, ada baiknya kamu sering memainkan gestur dan mimik wajah dalam berkomunikasi. Karena bahasa tubuh terbukti dapat membuat komunikasi berjalan secara efektif.

Karena itu, kamu bisa berlatih menggunakan bahasa tubuh dengan baik untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Pastikan melakukan bahasa tubuh yang benar dan sesuai dengan apa yang diucapkan – karena perbedaan bahasa tubuh dengan kalimat yang diucapkan akan membuat orang lain bingung.

 

Tanamkan Empati dalam Berbicara

Credit Image - kompas.com

Komunikasi yang baik akan terjadi ketika jika kamu memahami kondisi lawan bicara. Ketika berbicara, kamu bisa menempatkan diri dalam posisi lawan bicara. Hal ini dapat membantumu untuk meningkatkan soft skill komunikasi agar lebih baik.

Hal ini juga dapat dilakukan dengan melakukan observasi terhadap calon lawan bicara. Jika sudah mengetahui karakternya, maka kamu akan dapat memahami lawan bicara dan berkomunikasi secara efisien.

Agar dapat melatih soft skill dengan maksimal, pastikan kamu juga dalam keadaan prima ketika berkomunikasi dengan orang lain. Karena jika tidak, kamu akan kesulitan untuk menyampaikannya dan membuat lawan bicara menjadi bingung.

Untuk itu, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung 1000 mg Vitamin C – agar tubuh bisa mendapat perlindungan ekstra dan terasa segar sepanjang hari.  

Karena selain kandungan Vitamin C yang dapat menjaga metabolisme tubuh, kandungan Vitamin B Kompleks dalam mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang membuatmu lebih mudah untuk berkomunikasi.

Nah, kamu bisa mendapatkan produk Enervon-C di official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek di daerah terdekatmu, ya.

 

Nah, itulah 7 tips yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan soft skill komunikasimu. Pastikan untuk menerapkannya. Selamat mencoba, enervoners!

 

 

Featured Image - karirgogo.com