Tak bisa dipungkiri, menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang masih kerap dilupakan. Padahal, jantung termasuk organ vital yang memiliki peranan penting untuk fungsi tubuh, lho. Jantung berfungsi untuk memompa dan mengedarkan darah yang mengandung oksigen serta nutrisi ke semua sel, jaringan, dan organ tubuh lainnya.

Selain itu, jantung juga bertugas membuang produksi limbah dan karbonidoksida dari dalam tubuh. Jadi, agar seluruh peranan tersebut dapat dilakukan secara maksimal, pastikan kamu sudah menjaga kesehatan organ vital yang satu ini ya, Enervoners!

Tidak hanya mendapat asupan makanan yang bernutrisi tinggi – dan juga rajin berolahraga, menjaga kesehatan jantung juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin. Perlu diketahui nih, vitamin C termasuk jenis nutrisi yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen sangat dianjurkan.

Vitamin C memang dikenal untuk menjaga daya tahan tubuh, tapi ternyata vitamin tersebut juga penting untuk menjaga kinerja serta fungsi jantung, lho. Lantas, bagaimana cara vitamin C menjaga kesehatan jantung?

Untuk ulasan selengkapnya, yuk segera simak di bawah ini!

 

 

Rutin Konsumsi Vitamin C Juga Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Credit Image - health.detik.com

Mungkin kamu masih bingung – bagaimana sih cara vitamin C menjaga kesehatan jantung? Sebab, manfaat vitamin C yang satu ini sepertinya masih jarang diketahui, ya. Nah, berikut ini sejumlah caranya yang perlu kamu ketahui!

  1. Vitamin C memiliki kaitan erat dengan penurunan kadar lipoprotein yang umumnya dapat memicu stroke. Sehingga, secara tidak langsung manfaat ini juga turut menjaga kesehatan jantung, lho.
  2. Vitamin C dapat membantu mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah.
  3. Vitamin C mampu melindungi tubuh dari risiko penggumpalan dalam pembuluh darah.
  4. Membantu menurunkan kadar kolesterol.
  5. Vitamin C dapat membantu proses penyembuhan dinding arteri yang rusak, sehingga mencegah penimbunan kolesterol di dalam tubuh.
  6. Vitamin C merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit kardiovaskular.
  7. Membantu meningkatkan kadar kolestrol baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sejumlah hal di atas, sudah pasti memiliki kaitan erat dengan kesehatan dan fungsi jantung, ya. Untuk itu, guna menjaga kesehatan jantung tetap maksimal, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

 

Manfaat Lain Dari Rutin Konsumsi Vitamin C

Credit Image - nationalgeographic.grid.id

Memang, mengonsumsi vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Namun, vitamin yang satu ini juga punya segudang peran penting lainnya, lho. Yang sudah pasti, vitamin C dapat meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh, sekaligus membantu proses pemulihan, seperti flu dan batuk. Bahkan, kedua penyakit tersebut bisa dicegah dengan memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Selain itu, vitamin C juga mampu meningkatkan penyerapan zinc dari makanan. Penyerapan zinc yang baik dapat mendukung sistem imun tubuh, ya. Peran vitamin C sebagai antioksidan pun dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas – yang menjadi salah satu penyebab penyakit kanker dan jantung.

Pastinya, vitamin C punya peran penting dalam proses produksi kolagen, yaitu protein yang dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan, serta memperlambar proses penuaan dini. Jadi, jangan sepelekan manfaat dari vitamin yang satu ini!

 

Lantas, Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin C?

Credit Image - thedailymeal.com

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang mudah ditemukan di berbagai sumber makanan, seperti buah jeruk, berries, kiwi, pepaya, jambu biji, maupun mangga. Atau, kamu pun bisa menemukannya pada berbagai jenis sayur, seperti kale, bayam, kembang kol, brokoli, maupun kubis. Sejumlah sayur dan buah tersebut tentu sering digunakan sebagai bahan menu makanan sehari-hari, kan?

Namun, untuk memudahkanmu, sangat disarankan untuk mendapat asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen multivitamin – yang punya kandungan lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kinerja jantung, nih.

Untuk suplemen multivitamin, kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon-C dan Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah jelas ya ulasan mengenai cara kerja vitamin C dalam menjaga kesehatan jantung. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk melewatkan asupan vitamin yang satu ini ya, Enervoners. Yuk, konsumsi vitamin C secara rutin biar manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal!

 

 

Featured Image - honestdocs.id