Hampir semua orang pasti sudah familiar dengan kandungan vitamin b complex yang bisa ditemukan di berbagai sumber makanan, maupun suplemen multivitamin. Pastinya, kamu pun sudah mengenal vitamin yang satu ini, kan? Nah, vitamin yang satu ini punya berbagai manfaat penting, sehingga kamu mesti memenuhi asupannya setiap hari.

Seperti diketahui, vitamin B complex terdiri dari 8 jenis vitamin, yaitu vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9, dan vitamin B12. Meski dapat bekerja sama untuk menjaga fungsi tubuh, namun kedelapan vitamin b complex juga punya peran pentingnya masing-masing, lho.

Tetapi, secara garis besar, vitamin yang satu ini berperan untuk mengubah makanan yang kamu konsumsi menjadi sumber energi, sehingga organ dalam tubuh bisa bekerja dengan baik.

Lantas, apa saja sih manfaat dari sejumlah vitamin B complex? Dan, apa saja sumber terbaik dari vitamin tersebut? Untuk menemukan jawabannya, yuk segera simak ulasan lengkap mengenai manfaat vitamin B di bawah ini, ya!

 

 

Vitamin B1 – Tiamin

Credit Image - wubmed.org

Vitamin B1 atau dikenal juga sebagai tiamin merupakan jenis vitamin B complex yang memiliki manfaat penting, seperti membantu pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi sel tubuh. Selain itu, vitamin B1 juga dapat membantu tubuh mengubah karbohidrat makanan menjadi energi, meningkatkan kesehatan otak, otot, serta sistem saraf.

Salah satu jenis vitamin B complex ini juga memilki sifat yang larut air, lho. Dan, vitamin B1 pun bisa kamu jumpai di berbagai jenis makanan, atau bahkan hadir dalam bentuk suplemen. Tapi yang pasti, kamu perlu mendapat asupan vitamin B1 agar tubuh bisa memiliki sumber energi yang lebih tahan lama, sehingga tidak mudah lelah saat melakukan aktivitas harian, ya.

 

Vitamin B2 – Riboflavin

Sama seperti jenis vitamin B complex sebelumnya, vitamin B2 juga sangat mudah ditemukan di dalam makanan, maupun suplemen multivitamin yang beredar di pasaran. Umumnya, bakteri pada usus yang sehat dapat menghasilkan vitamin B2 dalam jumlah kecil, namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Jadi, mendapatkannya dari makanan maupun suplemen – sangat dianjurkan, lho!

Vitamin B complex yang satu ini berperan untuk menjaga kesehatan mata, sistem saraf, dan kulit. Selain itu, vitamin B2 juga membantu mengubah makanan menjadi energi, berperan penting dalam produksi dan pertumbuhan sel darah, serta membantu mengubah vitamin B6 menjadi bentuk yang bisa digunakan oleh tubuh.

Wah, apakah kamu sudah mengetahui sejumlah peran dari vitamin B2 tersebut?

 

Vitamin B3 – Niasin

Credit Image - jovee.id

Vitamin B3 atau disebut juga sebagai niasin juga termasuk dalam kelompok vitamin B complex yang punya peran penting untuk kesehatan tubuh, nih. Perlu diketahui, niasin juga termasuk sebagai jenis vitamin yang larut di dalam air, ya. Selain itu, vitamin yang satu ini juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu nikotinat dan nikotinamida.

Niasin bermanfaat untuk membantu mengubah makanan menjadi energi, membantu meningkatkan fungsi enzim, memaksimalkan fungsi vitamin B complex lainnya, meningkatkan sistem pencernaan, sistem saraf, dan kulit. Serta, vitamin yang satu ini juga penting untuk memproduksi hormon, seperti kortisol.

 

Vitamin B5 – Asam Pantotenat

Vitamin B5 atau asam pantotenat merupakan jenis vitamin B complex yang membantu tubuh untuk memanfaatkan lemak dan protein. Dari sini, ada sejumlah dampak baik yang bisa diperoleh, seperti vitamin B5 akan membantu memecah lemak dan karbohidrat menjadi energi – manfaat yang satu ini mirip dengan jenis vitamin B complex lainnya, ya.

Selain itu, vitamin B5 dapat membantu tubuh memanfaatkan jenis vitamin B complex lainnya, seperti riboflavin. Kemudian, asam pantotenat juga berperan penting untuk produksi sel darah merah serta kolesterol. Jadi, mendapat asupan vitamin B5 setiap harinya tentu baik untuk mendukung berbagai fungsi tubuh!

 

Vitamin B6 – Piridoksin

Credit Image - wanita22.com

Dikenal juga sebagai piridoksin, vitamin B6 juga memiliki peran penting untuk tubuh, sama seperti jenis vitamin B complex lainnya. Ada pun berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari vitamin yang satu ini, yaitu vitamin B6 bisa membantu melawan infeksi. Dengan demikian, proses pemulihan dari peradangan yang dialami tubuh pun bisa lebih cepat.

Tak hanya itu, vitamin B6 juga dapat membantu menghasilkan insulin, serta membuat asam amino non-esensial. Tentunya, sejumlah manfaat ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh, kan? Untuk itu, jangan lupa konsumsi vitamin B6 setiap harinya, ya!

 

Vitamin B7 – Biotin

Apakah kamu sudah mengenal jenis vitamin B complex yang satu ini? Vitamin B7 punya segudang manfaat yang tidak kalah pentingnya dengan jenis vitamin B lainnya, lho. Vitamin B7 dapat membantu mengubah lemak, protein, dan karbohidrat menjadi sumber energi untuk tubuh. Hal ini bisa mencegah tubuh menjadi mudah lemas ketika beraktivitas.

Vitamin B7 juga dibutuhkan untuk menghasilkan asam lamak, sekaligus meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang serta rambut. Kamu juga bisa mendapatkan vitamin B7 dari berbagai sumber makanan sehat, seperti kacang-kacangan dan ikan. Kedua jenis makanan tersebut mudah ditemukan, lho.

 

Vitamin B9 – Asam Folat

Credit Image - sehatq.com

Bagi ibu hamil, jenis vitamin B complex yang satu ini tentu sangat penting untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan janin dalam kandungan. Jadi, jangan sampai lupakan vitamin B9, ya. Konsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup bisa memberi berbagai macam khasiat, seperti mengurangi risiko kelainan tulang belakang dan otak.

Selain itu, vitamin B9 dapat membantu sel menghasilkan dan menjaga DNA, serta mampu membantu memproduksi sel darah merah, lho. Sumber asam folat pun bisa ditemukan di berbagai sumber makanan, seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan, termasuk jeruk, alpukat, dan bayam. Lantas, sudahkah kamu memenuhi asupan vitamin B9 setiap harinya?

 

Vitamin B12 – Kobalamin

Kobalamin atau vitamin B12 yaitu jenis vitamin yang berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Selain itu, ada manfaat lainnya yang diberikan oleh vitamin B complex lho, seperti meningkatkan fungsi dan perkembangan otak, serta sel saraf.

Vitamin B12 juga dapat mencegah anemia, serta penting untuk metabolisme protein. Bahkan, vitamin yang satu ini bisa membantu mengatasi stres dan meningkatkan suasana hati – dengan membantu produksi hormon serotonin yang berperan untuk menciptakan perasaan bahagia, serta membuat emosi menjadi lebih stabil.

Mendapat asupan vitamin B kompleks yang tepat memang bisa memberikan manfaat yang maksimal, ya. Untuk itu, pastikan kamu sudah mendapat asupannya secara rutin, termasuk dengan mengonsumsi suplemen multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Dan, kandungan Vitamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, ya!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Jadi, itulah berbagai manfaat vitamin B kompleks yang baik untuk mengoptimalkan fungsi tubuh. Yuk, penuhi asupan vitamin ini setiap harinya, ya.

 

 

Featured Image - jovee.id