Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang paling terdampak dari infeksi Covid-19. Tak heran kalau pasien virus corona terus mengeluhkan berbagai gejala seperti batuk terus-menerus, sesak napas, atau nyeri dada. Jika sudah mengalami masalah pada bagian paru-paru, pasien perlu waspada, sebab bukan tidak mungkin ada risiko berbahaya yang mengintai.

Ketika terinfeksi Covid-19, paru-paru bisa mengalami kondisi fatal yang akhirnya bisa membuat pasien kehilangan nyawa. Dilansir dari Detik, menurut Dr Arvind Mohan, Ketua dari Institute of Chest Surgery, Ches Onco-Surgery & Lung Transplantation, mengatakan bahwa kerap kali paru-paru mengalami penurunan fungsi setelah terinfeksi virus corona. Dan, kondisi tersebut pun bisa bertahan dalam waktu lama.

Berdasarkan jurnal yang dimuat dalam John Hopkins Medicine, setidaknya ada 5 tanda bahwa Covid-19 telah menyerang paru-paru. Sejumlah indikasi ini mesti diwaspadai – untuk menghindari terjadinya risiko berbahaya.

 

 

#1 – Batuk Terus-Menerus

Credit Image - ciputrahospital.com

Tanda pertama yang wajib diwaspadai, yaitu ketika pasien sudah mulai batuk, namun terjadi secara terus-menerus. Ini merupakan ciri-ciri Covid-19 sudah mulai menyerang bagian paru-paru. Dikutip dari Times of India, salah satu virus corona yang sudah menyerang paru-paru, berarti pasien akan mengalami batuk yang parah.

Biasanya, pasien akan mengalami batuk kering yang dapat berlangsung dalam waktu cukup lama, seperti 2 sampai 3 minggu setelah terpapar Covid-19. Selain itu, batuk terus-menerus juga bisa menjadi tanda awal pasien mengalami komplikasi paru-paru akibat infeksi virus corona.

 

#2 – Sesak Napas

Seperti diketahui, sesak napas termasuk salah satu pertanda adanya gangguan fungsi paru-paru. Kondisi ini pun membuat oksigen sulit untuk masuk ke dalam organ vital tersebut. Jadi, apabila pasien mengalami sesak napas, maka kemungkinan virus tersebut sudah menginfeksi paru-parunya.

Dalam kondisi tersebut, pasien mesti segera mendapatkan penanganan tepat, termasuk mendapatkan bantuan oksigen tambahan. Selain selama masa infeksi virus, namun hal ini juga dapat menimbulkan masalah pasca sembuh, karena pasien tersebut kemungkinan akan membutuhkan bantuan untuk memperbaiki fungsi paru-parunya akibat Covid-19.

 

#3 – Nyeri Dada

Credit Image - halodoc.com

Ketika terinfeksi virus corona, sejumlah dokter juga sudah mengingatkan mengenai rasa nyeri di dada yang dapat dirasakan secara tiba-tiba. Perlu diketahui, kondisi tersebut bisa menjadi tanda kerusakan paru-paru akibat Covid-19. Pasien bisa mengalami ARDS – atau Acute Respiratory Distress Syndrome.

Jangan disepelekan! Kondisi ARDS dapat menjadi tanda peradangan paru-paru dan menimbulkan dampak yang lebih lama, seperti timbul jaringan parut di paru-paru. Maka dari itu, setiap pasien Covid-19 perlu mewaspadai kondisi ini.

 

#4 – Adanya Tanda Infeksi Lain

Komplikasi paru-paru akibat Covid-19 juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain – yang juga berbahaya. Hal ini termasuk sepsis, kondisi yang dapat terjadi ketika virus masuk ke aliran darah dan mulai menyerang berbagai jaringan di tubuh, salah satunya jantung.

Ketika pasien Covid-19 mengalami gejala yang berhubungan dengan perburukan fungsi organ vital – atau berbagai gejala yang dialami tak kunjung membaik, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan petugas kesehatan terkait untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

#5 – Badai Sitokin

Credit Image - kompas.com

Kondisi badai sitokin juga kerap dialami oleh pasien Covid-19 beberapa waktu terakhir. Bahkan, hal ini juga dapat dialami oleh seseorang yang sudah dinyatakan negatif dari virus corona. Umumnya, pasien akan kesulitan bernapas ketika mengalami kondisi badai sitokin. Pasalnya, sitokin terus mengirim sinyal sehingga sel-sel kekebalan tubuh terus berdatangan di luar kendali.

Akibatnya, paru-paru bisa mengalami peradangan parah karena sistem kekebalan tubuh terus menerus berusaha membunuh virus. Lagi-lagi, yang menjadi kekhawatiran, yaitu peradangan ini dapat terus terjadi meskipun sudah tidak ada lagi infeksi virus di dalam tubuh.

Untuk menghindari kerusakan organ paru-paru akibat Covid-19, cara terbaik yang bisa dilakukan memang dengan mencegahnya. Seperti diketahui, istilah mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, penerapan prokes secara lengkap sangat direkomendasikan, termasuk setelah mendapatkan vaksinasi.

Pastikan sudah memakai masker ketika bepergian, menerapkan jaga jarak, rutin mencuci tangan, menghindari kerumunan, serta tidak bepergian – kecuali ada urusan yang mendesak.

Selain itu, optimalkan perlindungan diri dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat.

Yang tidak kalah pentingnya dalam menjaga kesehatan tubuh, yaitu rutin mengonsumsi suplemen vitamin C yang dapat membantu memaksimalkan sistem kekebalan tubuh. Untuk memperoleh asupannya, direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Pastikan kamu sudah rutin minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk perlindungan ekstra, sekaligus memberikan sensasi segar sepanjang hari.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal, berkat kandungan vitamin C dan zinc-nya.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuat tubuh makin produktif selama beraktivitas.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau dapatkan di drug store dan apotek di daerahmu.

 

Jadi, itulah kelima tanda bahwa Covid-19 telah menyerang organ paru-paru. Selama pandemi, yuk tetap waspada, lakukan langkah pencegahan, dan jaga selalu kesehatan tubuh agar tetap terlindungi dari ancaman virus berbahaya!

 

 

Featured Image - sumbersehat.com

Source - detik.com