Bukan rahasia lagi kalau orang- orang sukses memang memiliki etos kerja yang luar biasa. Sayangnya, belum banyak yang meyakini betapa pentingnya etos kerja ini untuk dimiliki. Padahal, etos kerja sendiri dapat membantu dirimu untuk menghadapi rintangan- rintangan yang datang dalam perjalanan kariermu. Selain menjadi penguat, etos kerja juga menjadi daya dorong yang bikin kamu terus melangkah maju untuk mencapai tujuanmu

Lalu, etos kerja seperti apa yang harus dimiliki agar sukses dalam berkarier? Berikut ulasannya

1. Bersikap professional

Credit: Liffestyle Okezone

Etos kerja yang satu ini pastinya sudah banyak yang tahu. Faktanya bersikap professional merupakan senjata yang ampuh untuk memenangkan persaingan di dunia kerja. Perusahaan tentu saja mencari sosok profesional karena dipandang berguna untuk mewujudkan tujuan perusahaan. Karena, orang yang professional bisa dipercaya dalam menyelesaikan proyek- proyek.

Untuk menjadi professional, kamu tidak hanya dituntut untuk menguasai kemampuan tertentu, tetapi juga memiliki sikap- sikap, seperti bisa menghargai waktu, punya integritas, dan mengikuti aturan yang berlaku di perusahaan.

2. Selalu menunjukkan respek

Credit: Youthmanual.com

Orang yang selalu menunjukkan respek adalah orang yang paling disenangi. Dengan menunjukkan etos kerja ini, kamu sudah mendorong terciptanya lingkungan kerja yang nyaman dan pada akhirnya bisa mendorong naiknya produktivitas kerja.

Apalagi kalau kamu merupakan leader di tempat kamu bekerja. Menunjukkan respek sangat diperlukan agar tim yang kamu pimpin bisa memberi hasil yang optimal.

3. Selalu bisa diandalkan

Credit: IDN Times

Jika kamu memiliki etos kerja yang satu ini, bisa dijamin bahwa karier kamu akan terus maju dan kamu bisa menjadi salah satu orang yang potensial serta layak untuk dipertahankan. Jadi, jangan heran kalau ada orang yang memiliki etos kerja ini dan susah keluar dari perusahaan. Karena, perusahaan selalu menahan orang tersebut dengan memberikan tawaran yang menarik.

Menjadi orang yang bisa diandalkan bisa dimulai dari menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik. Memahami pekerjaan dan juga memiliki inisiatif tinggi serta bisa menjadi problem solver dalam setiap masalah.

4. Memiliki dedikasi

Credit: Lifestyle Okezone

Orang yang bisa diandalkan adalah orang yang punya dedikasi. Cara mengenali orang yang memiliki dedikasi itu mudah. Biasanya, mereka tidak pernah setengah- setengah dalam menyelesaikan pekerjaan, dan tidak menyerah sebelum tujuannya tercapai.

Orang- orang seperti ini paling berperan dalam kemajuan perusahaan. Karena, mereka mau belajar dan memperbaiki setiap kesalahan yang dilakukan. Jadi tidak heran kalau orang yang memiliki dedikasi selalu unggul dibanding yang lainnya.

5. Selalu berusaha keras

Credit: Liputan6

Orang yang memiliki etos kerja ini tidak mengenal kata menyerah demi mencapai tujuannya. Setiap tantangan yang dihadapi selalu bisa diselesaikan dengan pemecahan yang kreatif dan inovatif.

6. Memiliki sikap rendah hati

Credit: Tribunnews

Sikap rendah hati ternyata bisa bikin kamu berhasil dalam karier. Sikap rendah hati juga menjadi awalan bagi seseorang yang ingin belajar. Dengan begitu, akan semakin banyak ilmu yang bisa diperoleh.

Etos kerja ini bisa ditunjukkan dengan mengakui dan menghargai hasil pekerjaan rekan kerja. Atau mengucapkan terima kasih kepada rekan kerja yang sudah membantu kamu. Dan dari sini orang bisa menilai kalau kamu adalah orang yang berintegritas.

 

Featured Image - Kaskus