Setiap orangtua pasti sudah mengenali memerhatikan kebersihan dirinya, atau dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Di masa pandemi, tipes pada anak sangat dikhawatirkan, namun sayangnya masih sering keliru dengan gejala Covid-19. Mengingat, ada beberapa gejala dari kedua penyakit tersebut yang terbilang cukup mirip. Lantas, adakah perbedaan di antara keduanya?

Untuk ulasan lebih lengkap mengenai perbedaan gejala tipes dan Covid-19 pada anak, berikut ini informasinya!

 

 

Penyebab Tipes pada Anak

Credit Image - id.theasianparent.com

Penyakit yang satu ini memang bisa menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Perlu diketahui, bahwa thypus dengan tipes merupakan kondisi yang juga berbeda. Perbedaannya terletak dari bakteri yang menyebabkan penyakit tersebut. Kalau tipes disebabkan oleh Salmonella Thyphi, sementara tifus disebabkan oleh Rickettsia Thypi.

Terlepas dari hal tersebut, Si Kecil bisa saja terserang penyebab tipes, terutama ketika ia tidak menjaga kebersihan tubuhnya. Ada pun sejumlah penyebab tipes yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontamnasi bakteri penyebab tipes.
  • Makan di tempat yang dekat dengan saluran pembuangan.
  • Mengonsumsi buah atau sayur yang tidak dicuci – atau tidak dimasak dengan baik.
  • Malas membersihkan tangan sebelum makan, atau sesudah menggunakan toilet.
  • Terkena droplet yang mengandung bakteri penyebab tipes.

Sejumlah penyebab tersebut merupakan faktor yang cukup sering terjadi. Untuk itu, orangtua mesti memerhatikan kondisi kebersihan sang buah hati, termasuk mengenai makanan dan minuman yang ia konsumsi.

 

Gejala Tipes pada Anak yang Perlu Diketahui

Ketika terpapar bakteri penyebab tipes, biasanya anak tidak langsung menunjukkan gejala, melainkan 1-2 minggu setelah terinfeksi. Gejala yang timbul pun bervariasi, ada yang ringan, namun ada pula yang berat. Namun, salah satu gejala yang paling umum dialami, yaitu demam yang tak kunjung mereda, bahkan sampai 1 minggu.

Selain itu, ada juga gejala tipes pada anak yang lainnya – dan tentunya juga perlu diperhatikan. Berikut ini sejumlah gejala tersebut.

  • Sakit kepala
  • Tubuh terasa lemas
  • Nafsu makan menurun
  • Muncul ruam pada dada dan perut
  • Sakit perut
  • Diare
  • Gangguan kesadaran

Jika Si Kecil mulai menunjukkan sejumlah gejala di atas, ada baiknya orangtua harus segera waspada. Sebab, tipes yang alami bisa saja mengalami komplikasi yang mengancam nyawanya jika tidak ditangani dengan baik. Dalam hal ini, temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang baik dan benar.

 

Jika Anak Mengalami Tipes, Apa Saja Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi?

Credit Image - halodoc.com

Selama tipes, anak mungkin akan mengalami peningkatan suhu tubuh, hingga 39,5 derajat celcius. Selain itu, ia pun berisiko mengalami diare yang cukup parah. Kondisi tersebut pastinya bisa memicu dehidrasi – atau kehilangan cairan dalam tubuh. Untuk mengatasinya, orangtua disarankan membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh Si Kecil, salah satunya dengan memberi banyak air putih dan mengonsumsi jus buah.

Tak hanya itu, orangtua juga disarankan untuk menerapkan pola diet yang tinggi kalori. Dalam hal ini, berikan makanan sepeti kentang rebus, pisang, nasi, roti, atau pasta yang dapat memberikan anak energi – dan stamina selama masa sakit tipes.

 

Gejala Tipes yang Mirip Dengan Covid-19

Pada dasarnya, tipes dan Covid-19 tidak memiliki kaitan sama sekali. Apalagi, penyebab dari kedua penyakit tersebut sangat berbeda. Jika tipes disebabkan oleh bakteri, berbeda dengan Covid-19 yang disebabkan oleh infeksi virus. Memang, ada sedikit persamaan, yaitu dalam urusan demam.

Meski demikian, ada perbedaan yang dapat diperhatikan. Seperti, pada penyakit tipes, demam yang terjadi pada anak biasanya tidak akan langsung terjadi ketika pertama kali terinfeksi. Lain halnya dengan demam Covid-19 yang bisa langsung tinggi di awal-awal terkena paparan virus.

Untuk mencegah simpang-siur – atau mengurangi keraguan, disarankan agar segera melakukan tes Covid-19, baik Antigen maupun PCR. Terlebih lagi, mengingat gejala Covid-19 pada anak bersifat non-spesifik, terutama untuk anak yang berusia lebih muda.

 

Ajak Si Kecil Lakukan Langkah Pencegahan!

Credit Image - review.bukalapak.com

Selama pandemi, menjalani pola hidup bersih dan sehat memang penting, termasuk diterapkan oleh anak-anak. Untuk itu, ajak anak untuk terus melakukan protokol kesehatan 5M – yang meliputi, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Selain itu, yang juga tidak kalah pentingnya, jagalah selalu kesehatan tubuh dan sistem kekebalan Si Kecil, seperti dengan mengajaknya hidup sehat. Hal ini bisa diterapkan dengan memberi asupan makanan bergizi seimbang, mengajak anak melakukan aktivitas fisik, dan pastikan ia sudah mendapat waktu istirahat yang cukup.

Orangtua juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral Si Kecil dengan memberi asupan multivitamin dengan kandungan lengkap. Direkomendasikan memberi Enervon-C Plus Sirup yang aman diberikan kepada anak setiap harinya.

Multivitamin andalan anak yang satu ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – Nah, Enervon-C Plus Sirup dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak agar ia tidak mudah sakit.

Sejumlah kandungan dalam multivitamin Enervon-C Plus Sirup juga berperan penting untuk ntuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, serta membantu pembentukan tulang dan gigi.

 

Jadi, itulah informasi mengenai gejala tipes pada anak – dan kaitannya dengan Covid-19. Agar kamu melakukan penanganan yang tepat, pastikan sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan petugas kesehatan terkait, ya.

 

 

Featured Image - honestdocs.id

Source - popmama.com