Enervoners, kamu pasti sudah tahu bahwa memperoleh asupan vitamin, terutama di masa pandemi Covid-19 sangatlah penting. Sebab, nutrisi tersebut, apalagi vitamin untuk menambah daya tahan tubuh dapat meminimalisir risiko terpapar berbagai macam penyakit, tak terkecuali virus corona, lho. Dalam hal ini, setidaknya ada 3 vitamin yang perlu dikonsumsi secara rutin.

Selain mengonsumsi ketiga vitamin untuk daya tahan tubuh, pastikan kamu sudah tetap lakukan prokes ketika bepergian keluar rumah, ya.

Menambahkan suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh ke dalam rutinitas sehari-hari – juga tak kalah pentingnya. Seperti yang sudah disebutkan, langkah ini dapat mencegah penularan virus, serta mempercepat proses pemulihan bagi yang tengah terinfeksi.

Memang, vitamin bisa ditemui secara alami pada beberapa makanan, tetapi makanan belum tentu cukup untuk memberikan asupan vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh setiap harinya, lho. Untuk itu, kamu direkomendasikan mengonsumsi 3 suplemen vitamin yang penting dikonsumsi.

Lantas, apa saja sih 3 vitamin untuk daya tahan tubuh tersebut? Yuk, segera simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Vitamin C

Credit Image - indiatvnews.com

Hampir setiap orang pasti sudah tahu bahwa vitamin untuk daya tahan tubuh yang satu ini memang penting dikonsumsi setiap harinya, ya. Vitamin C punya banyak manfaat, seperti menurunkan inflamasi – ini berkat kandungan antioksidannya. Selain itu, vitamin C bisa memengaruhi imunitas seluler, sampai mempercepat proses penyembuhan luka dan memperbaiki sel tubuh.

Pada kondisi pasien Covid-19, memberikan asupan vitamin C dapat meredakan inflamasi, stres oksidatif, serta meningkatkan imunitas, lho. Dengan demikian, diharapkan kondisi pasien bisa segera pulih seperti sedia kala melalui bantuan dari vitamin untuk daya tahan tubuh ini.

Bahkan, dalam sebuah studi di China tahun 2020 menemukan kalau pemberian vitamin C dosis tinggi pada pasien Covid-19 berat dapat menurunkan penanda inflamasi, memperbaiki kadar oksigen, dan menghindari kegagalan organ.

Sementara itu, studi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa pemberian pasien vitamin C membantu menurunkan angka kematian pada pasien-pasien Covid-19 dengan pneumonia yang membutuhkan bantuan ventilator.

Jadi, kamu memang membutuhkan asupan vitamin untuk daya tahan tubuh yang satu ini, lho. Dianjurkan untuk mendapatkan vitamin C dengan dosis 500 sampai 1000 mg bagi orang dewasa. Untuk sumber alami, kamu juga bisa mendapatkan vitamin C dari jenis buah dan sayur, seperti jeruk, jambu biji, tomat, brokoli, kol, dan sawi.

 

#2 – Vitamin D

Credit Image - media-infokes.com

Berikutnya, ada pula vitamin D yang juga termasuk dalam jenis vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apakah kamu sudah rutin mendapatkan asupan vitamin yang satu ini? Vitamin D, terutama vitamin D3 dapat membantu meningkatkan imunitas, lho. Waspadai, kalau kamu kekurangan vitamin D, maka tubuh berisiko lebih tinggi terpapar virus corona.

Menurut studi di Amerika, pemberian vitamin D3 ketika sudah terinfeksi Covid-19 memiliki kaitan yang kuat dengan berkurangnya keparahan penyakit, serta peningkatan survival rate berdasarkan mortalitas dan OSCI score – atau Ordinad Scale for Clinical Improvement. Dalam hal ini, vitamin D berperan mencegah terjadinya badai sitokin, maupun badai bradykinin dan mempercepat pemulihan.

Bagi individu secara umum yang tidak terinfeksi Covid-19, mengosnumsi suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh ini dapat meningkatkan imunitas tubuh, mencegah berbagai penyakit kronis, serta mengoptimalkan kerja sel-sel di dalam tubuh.

Adapun rekomendasi vitamin D3 bagi pasien Covid-19 adalah 5000 IU per hari dan untuk mencegah infeksi bagi individu yang tidak terkena Covid-19 yakni 1000 IU per hari guna memenuhi kebutuhan vitamin D harian.



#3 – Zinc

Credit Image - medicine.com

Yang terakhir, ada pula mineral zinc yang berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan, terutama di masa pandemi Covid-19. Zinc merupakan zat besi yang memiliki aktivitas sebagai “antivirus” yang mampu menstabilisasi membrane sel untuk menghambat masuknya virus, serta mencegah terjadinya replikasi virus ketika sedang terinfeksi.

Hati-hati, rendahnya asupan zinc, terutama bagi pasien Covid-19 dapat menyebabkan keparahan penyakit dan meningkatkan risiko kematian. Dalam penelitian terbaru di tahun 2020, terbukti bahwa kadar zinc yang rendah pada pasien Covid-19 menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih buruk dan angka kematian yang lebih tinggi.

Untuk itu, kamu sangat disarankan mendapat asupan zinc baik dari suplemen, maupun makanan seperti seafood – oyster, kepiting, dan lobster. Selain itu, zinc juga bisa ditemui pada sumber makanan lainnya, termasuk daging sapi, daging ayam, dan kacang-kacangan.

Nah, mengonsumsi sejumlah vitamin untuk daya tahan tubuh di atas memang penting, kan? Mengingat perannya dalam menjaga sistem imun, terutama selama pandemi. Untuk suplemen vitamin yang dianjurkan, kamu bisa mengonsumsi multivitamin dari Enervon yang punya kandungan lengkap, nih.

Pastikan kamu sudah rutin minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra – terutama buatmu yang harus bekerja di luar rumah.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

Untuk Si Kecil, moms dianjurkan untuk memberikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin dalam Enervon-C Plus Sirup tersebut tak hanya dapat menjaga daya tahan tubuh anak saja, tetapi bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya, bantu memenuhi kebutuhan nutrisi, meningkatkan napsu makan, serta memelihara kesehatan tulang dan gigi.

 

Jadi, apakah kamu sudah rutin memenuhi ketiga asupan vitamin untuk daya tahan tubuh di atas?

 

 

Featured Image - dewimagazine.com