Enervoners, jika sebelumnya kamu sudah mengenal pola makan dengan konsep 4 sehat 5 sempurna, kini hal tersebut telah diubah menjadi pedoman gizi seimbang yang dianjurkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti diketahui, setiap negara tentu memiliki menu gizi seimbangnya masing-masing, begitu pula di Indonesia.

Pedoman gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang terdiri dari berbagai gizi penting. Nilai gizi tersebut memiliki jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan sejumlah faktor, seperti makanan sehat, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, serta memerhatikan berat badan.

Dalam pedoman terbaru ini, terdapat setidaknya 8 poin penting yang perlu diterapkan, lho. Lantas apa saja hal tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

 

#1 – Makanan Pokok

Credit Image - nycollegium.org

Yang pertama, dalam pedoman gizi seimbang kamu mesti memenuhi kebutuhan makanan pokok, dapat berupa jagung, nasi, singkong, ubi, dan umbi-umbian lainnya. Sejumlah jenis makanan pokok tersebut pastinya mudah ditemukan, bahkan termasuk makanan orang Indonesia, ya.

Normalnya, porsi makanan pokok yang dianjurkan adalah 3 – 4 porsi dalam satu hari. Untuk jumlah takaran porsinya akan bergantung dari jenis makanan pokok yang dikonsumsi, misalnya  satu porsi nasi idealnya berukuran sekitar 100 gram. Jumlah tersebut setara dengan 1 buah ubi ukuran sedang (135 gram) dan 1 potong singkong (120 gram).

Sementara itu, satu porsi nasi tersebut juga sama dengan 2 buah kentang berukuran sedang (210 gram). Namun, kamu tidak harus selalu makan nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan serat sebagai makanan, kok. Bisa memilih jenis makanan pokok lainnya untuk memenuhi anjuran pedoman gizi seimbang.

 

#2 – Buah dan Sayuran

Berikutnya, dalam pedoman gizi seimbang kamu juga dianjurkan mengonsumsi buah dan sayuran setiap harinya sebagai sumber serat. Pada dasarnya, hampir semua jenis buah dan sayur mengandung berbagai vitamin dan mineral – yang berfungsi untuk membantu proses metabolisme, atau membantu mengoptimalkan fungsi tubuh.

Kamu dianjurkan mengonsumsi sayur, yaitu 3 sampai 4 porsi dalam satu kali makan, ya. Sementara itu, porsi buah disarankan dikonsumsi sebanyak 2-3 porsi dalam satu hari. Misalnya, kamu bisa mulai sarapan dengan seporsi nasi, lauk, dan 1 mangkok sayuran, seperti sop bayam. Lalu, makan siang pakai nasi dan 1 mangkok sayur lainnya. Makan malam dengan nasi dan 1 mangkok capcay. Jenis sayuran bisa diganti-ganti sesuai selera.

Hal ini juga berlaku ketika mengonsumsi buah dalam satu hari, lho, seperti kamu memilih makan 1 mangkok apel potong segar, siang hari makan buah lainnya, dan malamnya ditutup dengan satu mangkok salad buah.

Konsumsi buah dan sayur yang cukup amat membantu menjaga tekanan darah, kadar gula, dan kolesterol. Selain itu, kedua jenis makanan ini juga menjadi salah satu indikator gizi seimbang yang cukup penting.

 

#3 – Protein

Credit Image - thejakartapost.com

Harus diketahui nih, protein merupakan zat pembangun yang penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu, protein juga bisa menjadi sumber energi yang dapat menghasilkan sekitar 4kkal dari 1 gram protein. Dengan demikian, sumber nutrisi yang satu ini tidak boleh dilewatkan, ya.

Saat ini, ada beragam sumber protein yang dapat diperoleh, baik protein hewani – seperti ikan dan ayam, serta sumber protein nabati. Artinya, kamu bisa mengonsumsi berbagai sumber makanan protein sebagai variasi, namun tetap memenuhi anjurkan pedoman gizi seimbang.

Misalnya, kalau kamu alergi susu, maka bisa mengganti sumber protein tersebut dengan ikan. Begitu pun sebaliknya, jika memiliki alergi terhadap seafood, sumber protein masih bisa didapatkan lewat berbagai pilihan makanan lainnya.

Untuk porsi protein yang disarankan, yaitu 2 sampai 4 porsi setiap harinya. Dalam hal ini, kamu bisa membagi tiga porsi protein ketika sarapan, makan siang, dan makan malam.

 

#4 – Gula, Garam, dan Minyak

Dalam pedoman gizi seimbang, konsep pola makan tersebut pastinya akan mencakup konsumsi gula, garam, dan minyak. Dianjurkan untuk tidak berlebihan mengonsumsi ketiga jenis makanan tersebut, sebab kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Agar mudah diingat, anjuran konsumsi gula, garam, dan minyak disingkat menjadi G4-G1-L5, yang berarti gula maksimal 4 SDM – atau setara dengan 50 gram setiap harinya, garam maksimal 1 SDT – atau setara dengan 5 gram per orang setiap harinya, dan lemak sebanyak 5 SDM, yaitu 67 gram per orang setiap harinya.

Selain itu, pastikan kamu juga sudah menghindari sejumlah makanan yang mengandung tinggi gula, garam, dan minyak seperti makanan dan minuman kemasan, makanan cepat saji, serta camilan harian. Untuk mengetahui jumlah ketiga komponen ini, sebaiknya selalu baca label informasi nilai gizi pada setiap makanan kemasan, ya.

 

#5 – Air Putih

Credit Image - medicalnewstoday.com

Yang tidak kalah pentingnya dalam anjuran pedoman gizi seimbang, yaitu air putih yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, air putih memiliki berbagai fungsi penting, mulai dari membentuk tubuh, mengatur suhu tubuh, melarutkan zat-zat tertentu, serta menjadi media pembuangan racun dan sisa metabolisme.

Umumnya, setiap orang direkomendasikan untuk minum air putih sekitar 8 gelas per hari. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah dehidrasi yang nantinya bisa berkembang menjadi masalah kesehatan yang serius.

 

#6 – Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Dalam pedoman gizi seimbang, tidak hanya mencakup soal makanan yang perlu dikonsumsi setiap harinya saja, namun juga meliputi hal-hal penting lainnya, seperti kebiasaan hidup bersih dan sehat. Penerapan prinsip ini penting diterapkan, karena kebiasaan hidup tidak bersih dapat memicu risiko infeksi yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mencapai perilaku hidup bersih, seperti mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, konsumsi makanan sehat dan bersih, gunakan toilet yang bersih, berantas jentik nyamuk, serta membuang sampah pada tempatnya.

 

#7 – Rutin Berolahraga

Credit Image - review.bukalapak.com

Sudah banyak yang mengetahui bahwa rajin berolahraga secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk sistem kekebalan. Aktivitas fisik pun juga bisa mendatangkan berbagai dampak baik, termasuk melancarkan sistem metabolisme tubuh, lho. Hal ini tentu membuat tubuh lebih berenergi, sehingga tak mudah lelah.

Selain itu, rutin berolahraga dapat membantu membakar energi, merangsang perkembangan otot dan pertumbuhan, menjaga kebugaran tubuh, serta membantu menjaga berat badan tetap ideal. Untuk itu, pastikan kamu sudah rajin bergerak setiap harinya, ya!

 

#8 – Menjaga Berat Badan Ideal

Memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang ternyata juga harus dibantu dengan menjaga berat badan tetap ideal. Jadi, kamu perlu membiasakan diri untuk menimbang berat badan secara rutin. Pedoman gizi seimbang tidak hanya berdasarkan pilihan makanan yang tepat, melainkan juga harus memperhatikan porsi dan faktor lainnya, seperti berat badan, lho.

Mengetahui berapa jumlah berat badan ideal yang dimiliki menjadi indikator penting dalam pola hidup yang sehat. Pasalnya, ketika indeks massa tubuh (IMT) di bawah normal, mungkin kamu harus meningkatkan asupan gizi dari makanan.

Sementara itu, jumlah IMT yang di atas normal mungkin tubuh sudah kegemukan atau mendekati obesitas. Artinya, kamu perlu mengurangi makanan berlemak atau tinggi karbohidrat agar mencapai berat badan ideal.

Menerapkan anjuran pedoman gizi seimbang memang penting, ya. namun, yang tidak kalah pentingnya, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin setiap harinya, termasuk dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang punya kandungan lengkap. Dalam hal ini, kamu direkomendasikan minum suplemen dari Enervon, lho.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C dapat dikonsumsi dalam bentuk tablet – yang punya kandungan 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra – terutama buatmu yang harus bekerja di luar rumah.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Sekarang kamu sudah mengenal pedoman gizi seimbang, kan? Mulai sekarang, yuk terapkan anjuran pola makan tersebut agar kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi, serta kesehatan tubuh semakin terjaga!

 

 

Featured Image - blog.roomme.id