Mendengarkan Lagu Anak-Anak Punya Banyak Manfaat Lho, Apa Saja?

Mendengarkan Lagu Anak-Anak Punya Banyak Manfaat Lho, Apa Saja?

Moms, tahukah kamu bahwa ada berbagai manfaat baik dari mengenalkan musik kepada anak-anak, apalagi sejak ia berusia dini? Tak hanya bisa memberikan ketenangan saja, namun musik pun dapat membangkitkan semangat Si Kecil, lho. Bahkan, hal yang satu ini pun berdampak baik terhadap proses tumbuh kembangnya. Tapi, pastikan kamu memberi lagu-lagu anak, ya.

Tak bisa dipungkiri, setiap orang pasti menyukai musik, tak terkecuali Si Kecil. Sadar atau tidak lagu anak-anak memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan anak, termasuk ketika anak masih berada di dalam kandungan. Diketahui, musik memang dapat memberi efek positif terhadap perkembangan janin.

Setelah lahir, hal yang sama pun bisa diterapkan, moms. Kamu dapat membiarkan Si Kecil mendengarkan lagu anak-anak secara rutin. Lantas, apa sih sebenarnya manfaat yang bisa diperoleh dari hal tersebut?

Setidaknya, ada 5 dampak baik dari mendengarkan lagu anak-anak, nih. Yuk, segera simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Membantu Meningkatkan Kecerdasan

Mendengarkan Lagu Anak-Anak Punya Banyak Manfaat Lho, Apa Saja?

Credit Image - klikdokter.com

Manfaat mendengarkan lagu anak-anak pertama, yaitu membantu meningkatkan kecerdasan Si Kecil. Rutin mendengarkan musim bisa memberikan dampak baik untuk kesehatan serta fungsi otak, lho. Jadi, ketika mendengarkan lagu, biasanya sel-sel otak akan lebih aktif bekerja, moms.

Riset menunjukkan bahwa lagu-lagu anak berperan dalam menumbuhkan kecerdasan dan meningkatkan memori anak. Tak hanya dari mendengarkan musik, manfaat ini juga bisa diperoleh jika anak suka bermain alat musik, lho.

Bermain musik sambil melantunkan lagu bisa meningkatkan fungsi otak dan daya ingat Si Kecil. Sebab, secara tidak sadar anak akan berusaha sebaik mungkin untuk menghafal nada dan lirik lagu yang sedang ia nyanyikan tersebut.

 

#2 – Kemampuan Akademis Juga Meningkat

Berikutnya, mendengarkan lagu anak-anak juga akan berdampak baik terhadap kemampuan akademis Si Kecil, moms. Seperti yang sudah disebutkan, musik memang bisa memberikan manfaat bagi kecerdasan – atau IQ anak, ya. Hal ini juga telah dibuktikan dari berbagai riset, dikatakan bahwa anak yang sering mendengarkan atau bermain musik terlihat memiliki prestasi akademik yang lebih baik.

Untuk itu, tidak heran kalau banyak sekolah yang mulai menambahkan pelajaran musik – termasuk mengenalkan lagu anak-anak. Bukan tanpa alasan, melalui musik anak pun juga dapat menentukan minat serta menelusuri bakat terpendamnya, termasuk yang berkaitan dengan seni musik, moms.

 

#3 – Mendukung Keterampilan Fisik

Mendengarkan Lagu Anak-Anak Punya Banyak Manfaat Lho, Apa Saja?

Credit Image - haibunda.com

Tak hanya soal kecerdasan saja, namun mendengarkan lagu anak-anak juga berdampak baik terhadap keterampilan fisik dan perkembangan motorik, lho. Ketika ada irama atau lagu kesukaan Si Kecil, maka secara spontan ia akan bergoyang – atau menari mengikuti lantunan lagu tersebut. Nah, dalam hal ini, menari termasuk salah satu bentuk aktivitas fisik yang sehat, ya.

Jadi, musik dapat memberikan manfaat baik untuk anak dalam mengembangkan keterampilan fisiknya. Selain itu, membiarkan Si Kecil mendengarkan lagu anak-anak juga dapat membantu perkembangan motoriknya, apalagi jika ia memang gemar bermain alat musik. Dalam instrumen tertentu, seperti perkusi – hal ini dapat membantu mengembangkan koordinasi anak juga, nih.

 

#4 – Melatih Anak Agar Bersabar

Ketika Si Kecil menyukai suatu lagu anak-anak tertentu, mungkin ia akan berusaha untuk menghafal lirik, nada, serta irama lagu tersebut. Atau, jika ada alat musik favoritnya, anak juga dapat tertarik untuk mencoba memainkan lagu yang ia sukai. Hal ini merupakan salah satu proses pembelajaran yang baik untuk melatih kecerdasan dan kesabaran anak, moms.

Meski demikian, terkadang proses belajar tersebut dapat membuat anak mudah bosan, kecewa, atau bahkan merasa marah, apalagi kalau dia susah dalam menghafal lirik – atau memainkan lagu anak-anak kesukaannya.

Di momen seperti ini, ada peranan penting yang bisa moms lakukan, yaitu dengan membimbing dan mendukung anak agar ia dapat bersabar ketika menghafal lirik – maupun memainkan lagu kesukaannya. Dan pastikan agar anak bisa menikmati proses tersebut, ya.

Mengajarkan tentang nilai kesabaran sangat penting, ya moms. Melalui musik, kamu memberikan pelajaran yang sangat berguna, bahwa segala yang ia inginkan tidak bisa diperoleh dalam waktu yang singkat. Ini juga bisa menjadi salah satu bentuk pola asuh untuk membentuk karakter yang baik pada anak.

 

#5 – Bantu Meredakan Stres dan Cemas

Mendengarkan Lagu Anak-Anak Punya Banyak Manfaat Lho, Apa Saja?

Credit Image - rm.id

Yang terakhir, mendengarkan lagu anak-anak juga bisa membantu meredakan rasa stres dan cemas yang mungkin dialami Si Kecil. Bahkan, hal ini bisa membantu memperbaiki suasana hatinya, lho. Jadi, kalau anak tengah badmood tak ada salahnya untuk mengajaknya mendengarkan lagi sembari bernyanyi dan bermain.

Karena bisa memengaruhi suasana hati pendengarnya, wajar saja bila musik juga digunakan sebagai salah satu media untuk membantu mencegah dan mengatasi gangguan mental. Terapi musik terbukti mampu meredakan stres dan kecemasan, serta mencegah depresi pada anak.

Nah, membiarkan anak mendengarkan musik, termasuk lagu anak-anak memang baik untuk mendukung pertumbuhannya, moms. Namun yang tidak kalah pentingnya, agar proses tumbuh kembang Si Kecil dapat berjalan maksimal, pastikan kamu sudah memberikan asupan vitamin yang cukup, ya.

Selain dari buah dan sayuran, kebutuhan vitamin juga dapat dipenuhi dengan memberikan multivitamin anak yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho. Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Wah, sekarang moms sudah tahu ya berbagai manfaat baik yang bisa diperoleh ketika Si Kecil rutin mendengarkan lagu anak-anak. Untuk itu, kamu bisa mulai mengenalkan musik sejak anak berusia dini, ya!

 

 

Featured Image - bobo.grid.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!