Enervoners, sebagian dari kamu pasti sudah memahami bahwa setelah disuntik vaksin Covid-19 nantinya akan ada seritifikat vaksin yang diberikan. Sertifikat tersebut biasanya akan muncul melalui aplikasi PeduliLindungi – atau ada pula yang dikirimkan melalui pesan singkat. Lantas, apakah kamu menemukan kendala dalam hal yang satu ini?

Setelah diberikan suntikan vaksin Covid-19 pertama dan kedua, sayangnya tidak sedikit yang mengeluhkan kendala, karena tidak kunjung mendapatkan bukti sertifikat vaksin, baik di situs – maupun aplikasi PeduliLindungi. Padahal, sertifikat vaksin penting dimiliki, apalagi sudah digunakan sebagai syarat masuk ke pusat perbelanjaan – atau mal.

Seharusnya, sertifikat tersebut dapat diakses melalui situs website, atau aplikasi yang tersedia di smartphone. Namun, bagaimana kalau ternyata bukti vaksin tersebut tidak kunjung muncul? Nah, ad acara yang bisa kamu lakukan, nih.

Untuk informasi selengkapnya, yuk simak di bawah ini!

 

 

Cara Cek Sertifikat Vaksin, Mudah Dilakukan Lho

Credit Image - merdeka.com

Setelah suntik vaksinasi, baik dosis pertama dan kedua, ada baiknya kamu segera memeriksa ketersediaan sertifikat vaksin tersebut. Untuk melakukan cek sertifikat, kamu harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi – atau mengakses web PeduliLindungi, id. Pastikan juga kamu sudah memiliki akun, ya.

Setelahnya, kamu bisa mengetuk bagian paling atas, di mana bertuliskan “Sudah melakukan vaksinasi Covid-19? Cek sertifikat Anda di sini”. Kemudian, klik laman tersebut – dan masuk menggunakan alamat e-mail atau nomor telepon yang terdaftar. Nantinya, akan dikirimkan kode verifikasi, masukkan, dan klik tombol verifikasi.

Jika sudah, kamu perlu memasukkan nama lengkap, NIK – atau nomor paspor, tanggal lahir, tanggal vaksin, serta jenis vaksin yang digunakan. Kalau sudah tersedia, sertifikat akan muncul, dan kamu sudah bisa mengunduhnya.

Namun, apabila kamu menerima SMS dari 1199 yang berisikan link sertifikat, tinggal klik tautan tersebut, dan log-in ke aplikasi PeduliLindungi. Nantinya, akan langsung muncul sertifikat dan kamu tinggal mengunduhnya.

 

Jika Sertifikat Vaksin Tak Kunjung Muncul, Apa yang Perlu Dilakukan?

Credit Image - huffpost.com

Kendala yang satu ini memang kerap dialami oleh banyak orang, ya. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, jangan panik dahulu. Sebab, ada langkah-langkah yang dianjurkan kalau kamu belum menerima sertifikat vaksin Covid-19.

Menurut Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dedy Permadi, mengatakan bahwa masyarakat dapat menyampaikannya lewat surat eletronik yang ditujukan kepada sertifikat@pedulilindungi.id. Dalam e-mail tersebut kamu perlu menyertakan sejumlah data, yaitu:

  1. Nama lengkap
  2. Tempat tanggal lahir
  3. Nomor ponsel
  4. Melampirkan foto selfie dengan KTP dan kartu vaksinasi untuk diproses lebih lanjut.

 

Penyebab Sertifikat Vaksin Tidak Muncul

Credit Image - bsmu.or.id

Ada sejumlah penyebab mengapa bukti vaksinasi tak kunjung muncul, yang pertama, yaitu kesalahan dalam memberi nomor telepon saat vaksin. Kalau kamu mengalami hal ini, kendala tersebut juga dapat disampaikan melalui aduan ke e-mail yang sudah disebutkan di atas, ya. Jangan lupa, tambahkan pula informasi nomor ponsel yang benar.

Sementara itu, sertifikat juga bisa tidak muncul karena tidak adanya keterangan tanggal vaksinasi. Untuk kasus ini, sayangnya baru dapat diatasi untuk warga DKI Jakarta saja. Caranya dengan melakukan aduan ke fasilitas kesehatan terdekat.

Selain itu, kamu juga dapat menginput ulang data peserta ke sistem PCare melalui fasilitas kesehatan di Jakarta atau di Dinas kesehatan. Sebelum mengunjungi pusat kesehatan, pastikan sudah menyiapkan sejumlah data berikut ini, ya.

  • Nama lengkap
  • NIK
  • Nomor HP
  • Alamat email
  • Nomor batch vaksin
  • Tangkapan layar status sertifikat vaksin di PeduliLindungi
  • Foto KTP
  •  Foto kartu vaksinasi yang menampilkan data diri dan status pemberian vaksin

Selain itu masyarakat juga dapat mengirimkan data yang dibutuhkan melalui email dki@jakarta.go.id dengan subjek Sertifikat Vaksin_ Nama Lengkap. Namun, satu akun e-mail hanya teruntuk satu identitas vaksin saja.

 

Nah, itulah cara yang dapat kamu lakukan ketika sertifikat vaksin tak kunjung muncul. Selamat mencoba, ya

 

 

Featured Image - radardepok.com

Source - cnnindonesia.com