Salah satu langkah sederhana, namun efektif untuk menjaga tubuh tetap bugar, yaitu dengan menjalani gaya hidup sehat. Tak bisa dipungkiri, menjaga diri tetap sehat, baik fisik maupun mental termasuk kunci panjang umur. Artinya, semakin bahagia seseorang, maka semakin besar pula kemungkinannya untuk hidup lebih lama. Lantas, sudahkah kamu menerapkan gaya hidup sehat?

Sayangnya, padatnya aktivitas seringkali membuat banyak orang melupakan gaya hidup sehat, nih. Padahal untuk menjalani pola hidup tersebut termasuk mudah dilakukan, kok. Bahkan, tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika kamu tengah berusaha memulai hidup sehat, setidaknya ada 7 hal yang perlu diterapkan.

Apa saja ketujuh langkah sederhana untuk memulai gaya hidup sehat? Tanpa perlu berlama-lama, yuk segera simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Hindari Stres

Credit Image - cnnindonesia.com

Kamu pasti tahu bahwa stres merupakan salah satu hal yang bisa memengaruhi kesehatan tubuh, serta menurunkan sistem kekebalan, ya. Ketika sedang stres, semua sistem di dalam tubuh akan meresponnya dengan cara yang berbeda-beda juga, lho. Stres yang bersifat kronis akan memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, usahakan untuk menghindari berbagai hal yang bisa membuatmu stres.

Jika kamu merasa stres, cobalah untuk berhenti sejenak dari aktivitas yang sedang dikerjakan. Tenang, hal ini lumrah dilakukan, ya. Kemudian, tenangkan dirimu sambil mengambil napas dalam-dalam, dan hembuskan secara perlahan.

Atau, kurangi stres dengan melakukan aktivitas lainnya yang kamu senangi, seperti membaca, menulis jurnal, dan melakukan hobi. Yang penting, buatlah dirimu berasa lebih nyaman dengan cara yang disukai. Jadi, yuk mulai gaya hidup sehat dengan mengatasi stres dengan baik!

 

#2 – Bijak Dalam Memilih Makanan

Sudah pasti penerapan gaya hidup sehat juga meliputi memilih makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa yang kamu konsumsi tentu akan memengaruhi bagaimana tubuh bekerja. Untuk itu, penting agar memerthatikan setiap makanan yang dipilih guna mewujudkan gaya hidup sehat, ya.

Pastikan kamu sudah menjalani pedoman gizi seimbang yang mencakup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Selain itu, cobalah untuk tidak bergantung dengan satu jenis makanan pokok saja, kamu bisa membuat variasi, lho. Misalnya, mengganti sumber karbohidrat dari nasi menjadi ubi, kentang, maupun jagung.

Memerhatikan porsi makanan juga tidak kalah pentingnya. Hal ini dapat mencegah obesitas, serta terserang berbagai penyakit kronis. Ingat, semua yang berlebihan sudah pasti tidak baik. Dan, jangan lupa untuk mengolah makanan dengan baik, seperti alih-alih menggoreng, ada baiknya kamu merebus, mengkukus, atau menumis bahan masakan.

 

#3 – Sempatkan Berolahraga

Credit Image - nakita.grid.id

Aktivitas yang padat memang seringkali membuatmu tidak sempat untuk berolahraga. Padahal, kegiatan yang satu ini termasuk salah satu cara penting dalam memulai gaya hidup sehat, lho. Tidak perlu pergi ke pusat kebugaran, berolahraga di rumah saja sudah cukup. Jika ingin mendapat udara segar, bisa juga dengan jogging atau jalan kaki setiap pagi. Intinya, buatlah tubuhmu aktif bergerak setiap harinya, ya.

Dengan aktif bergerak, tubuh akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Lebih dari itu, rutin melakukan aktivitas fisik juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Tak heran jika setelah olahraga kamu jadi merasa lebih bugar.

Kalau kamu tak sempat untuk berolahraga, cobalah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar berjalan-jalan, baik sebelum maupun sesudah makan siang. Selain itu, lakukan pula stretching agar tubuh tidak kaku, ya. Perubahan kecil seperti ini dapat membuatmu makin bugar – dan pastinya gaya hidup sehat pun bisa diterapkan secara maksimal.

 

#4 – Yuk, Kurangi Asupan Gula!

Siapa di sini yang masih gemar konsumsi banyak makanan tinggi gula, seperti cupcake, es krim, maupun aneka dessert lainnya? Sejumlah makanan tersebut masih boleh dimakan, kok. Asalkan, dalam porsi yang tidak terlalu banyak. Jadi, sebisa mungkin kurangi makanan manis demi menjaga gaya hidup sehat, ya.

Bukan tanpa alasan, asupan gula terlalu tinggi dapat memicu penyakit berbahaya, seperti diabetes. Kalau sudah begini, risiko terkena berbagai penyakit kronis lainnya semakin meningkat, lho. Untuk mengurangi gula, alih-alih mengonsumsi minuman kemasan, ada baiknya kamu makan potongan buah segar, yang tentunya sehat dan rendah gula.

 

#5 – Banyak Minum Air Putih

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Dalam menerapkan gaya hidup sehat, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Perlu diketahui, sekitar 60 persen dari komposisi tubuhmu merupakan air. Sayangnya, setiap hari cairan dalam tubuh akan terus berkurang lewat keringat, urin, dan bahkan setiap kali kamu bernapas. Inilah alasan mengapa penting untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan sudah terpenuhi.

Untuk memastikan asupan cairan sudah cukup, kamu bisa membawa botol minum sendiri saat bepergian ke mana saja. Selain itu, sediakan pula air minum di meja kerja – atau bahkan di kamar tidur. Memenuhi asupan cairan tidak hanya dapat mencegah dehidrasi saja, namun cara ampuh agar kamu tak mengonsumsi minuman manis.

 

#6 – Tidur yang Cukup

Gaya hidup sehat yang telah disebutkan di atas tentu akan berakhir sia-sia, kalau kamu tidak mendapatkan cukup tidur, lho. Menurut Cheri Mah, pakar masalah gangguan tidur di Stanford University dan University of California, tidur adalah kebutuhan paling mendasar dalam penerapan gaya hidup sehat.

Tidur menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika fondasi ini goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan, mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati hingga berat badan.

Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam per malam. Jadi, pastikan kalau setiap malam kamu beristirahat setidaknya selama waktu yang dianjurkan tersebut, ya.

 

#7 – Rutin Konsumsi Multivitamin

Credit Image - parade.com

Dalam penerapan gaya hidup sehat, memenuhi kebutuhan vitamin juga penting diperhatikan, apalagi di masa pandemi. Dengan kebutuhan vitamin yang tercukupi, kekebalan tubuh pun dapat semakin terjaga. Apalagi, terkait dengan asupan vitamin C dan vitamin B kompleks.

Kombinasi keduanya penting untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan, lho. Namun sayangnya, vitamin tersebut tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Tentunya, manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

 

Wah, itulah ketujuh tips sederhana yang perlu dilakukan dalam penerapan gaya hidup sehat. Apakah kamu sudah rutin menjalani sejumlah hal di atas?

 

 

Featured Image - orami.co.id