Setiap orangtua pastinya ingin sang buah hati tumbuh menjadi seseorang yang memiliki rasa kepercayaan diri. Tentunya, moms mendambakan hal serupa, ya? Pasalnya, mudah dalam bersosialisasi, lho.

Tak hanya itu, kepercayaan diri yang dimiliki anak juga akan membantunya lebih sigap, hingga selalu yakin mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan maksimal. Tapi, tak semua anak memiliki tingkat kepercayaan diri yang sama, moms.

Jika Si Kecil memiliki rasa percaya diri yang rendah, tenang kamu tak perlu khawatir, ya. Setidaknya ada 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri anak. Apa saja hal tersebut?

Yuk, segera simak di bawah ini!

 

 

Pertama, Ajak Anak Bicara

Credit Image - happinest.id

Langkah utama yang perlu orangtua lakukan, yaitu mengajak anak untuk berbicara. Tanyakan apa yang menjadi penyebab ia tidak memiliki kepercayaan diri, sebab hal tersebut bisa berakar dari berbagai faktor. Misalnya, tidak percaya diri karena mendapat ejekan dari teman-teman sebayanya – atau alasan lainnya.

Sebelum moms melakukan sesuatu lebih lanjut untuk meningkatkan kepercayaan diri Si Kecil, ada baiknya kamu mengajaknya berdiskusi dahulu, ya. Dengan demikian, kamu pun dapat mengetahui penyebab munculnya perasaan tersebut.

 

Jangan Diomeli, Ya!

Apakah moms kerap merasa geram ketika kepercayaan diri anak rendah? Sebaiknya, tahan dulu emosimu! Omelan, umpatan, sindiran, maupun komentar berbau negatif yang diberikan dari orangtua dapat membuat kepercayaan diri semakin rendah, lho. Untuk itu, hindari melontarkan kata-kata kasar, termasuk ketika tengah melihat anak sedang down.

Perkataan seperti “dasar anak malas!” atau “anak nakal!” merupakan salah satu contoh kalimat omelan yang wajib dihindari, moms. Ingat, anak-anak sangat mudah menyerap setiap pesan yang diterimanya, apalagi dari orangtua. Ketika ia mendengar kalimat negatif mengenai dirinya, maka bukan tidak mungkin anak akan merasa buruk, sampai bertindak sesuai ucapan yang kamu katakan.

 

Ajari Anak Cara Menyelesaikan Masalah

Credit Image - halodoc.com

Tidak memiliki rasa kepercayaan diri dapat muncul ketika anak merasa stres dan frustasi, lho. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti belum bisa menyelesaikan sesuatu, atau kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolah. Ini pun dapat terjadi akibat anak tidak memiliki keterampilan dalam menyelesaikan masalah dengan baik.

Kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan, moms. Lambat laun, anak semakin merasa bergantung kepada orang lain, termasuk pada orangtua untuk menyelesaikan masalahnya. Jadi, cobalah ajari Si Kecil mengenai cara yang efektif dalam menghadapi permasalahan, ya.

Seperti, ketika anak menangis karena mainannya diambil oleh teman – kemudian, ia mengadu padamu. Nah, kamu dapat menanyakan kepada Si Kecil, bagaimana cara yang baik untuk meminta kembali mainan tersebut, seperti memintanya mengatakan “tolong kembalikan mainanku, ya?”.

Dengan mengajari anak cara menghadapi dan menyelesaikan masalahnya, maka rasa kepercayaan diri pun bisa semakin meningkat, moms.

 

Biarkan Anak Mengambil Keputusan

Meskipun masih kecil, namun tidak ada salahnya untuk membiarkan ia memilih mengambil keputusan sendiri berdasarkan keinginannya, lho. Hal ini dapat membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri, moms. Misalnya, ketika memilih camilan di supermarket atau warna baju baru untuknya. Dengarkan apa kata anak, kenapa itu menjadi pilihannya.

Ketika Si Keciltidak mendapatkan kesempatan untuk memilih, maka ia pun tidak akan merasa percaya diri ketika harus memilih di lain waktu. Jadi, orangtua perlu membiarkan anak mengambil keputusan sendiri, ya.

 

Fokus pada Kelebihan yang Dimiliki

Credit Image - edukasi.kompas.com

Rasa kepercayaan diri Si Kecil juga dapat kamu tingkatkan dengan fokus terhadap kelebihan yang ia miliki. Ketika anak merasa tak memiliki kemampuan apapun, bukan tidak mungkin ia akan tumbuh menjadi seseorang yang rendah diri – atau tak punya percaya diri sama sekali. Tentunya, moms tidak ingin hal tersebut terjadi, kan?

Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa membantu anak menemukan serta fokus terhadap kelebihan yang dimilikinya. Selain itu, ajaklah anak melakukan berbagai hal baru, misalnya les musik atau bela diri. Temani pula Si Kecil ketika mengerjakan hobinya, ya. Cara yang satu ini akan membantu meningkatkan rasa kepercayaan dirinya, moms.

Memang, setiap anak tidak memiliki rasa kepercayaan diri yang sama. Namun, tak perlu berkecil hati kalau Si Kecil kurang percaya diri, moms. Sebab, masih ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya.

Pastinya, punya rasa percaya diri pun penting karena mampu mendukung tumbuh kembang anak, serta membantunya memiliki karakter yang lebih baik. Tapi, agar semua proses pertumbuhannya semakin maksimal, tetap penuhi kebutuhan nutrisi hariannya, termasuk vitamin, ya.

Sebagai pelengkap, moms juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk si kecil. Kamu direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho. Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai cara meningkatkan rasa kepercayaan diri Si Kecil. Selamat mencoba, moms!

 

 

Featured Image - educenter.id