Tak bisa dipungkiri, menjaga sistem kekebalan – yang berperan penting untuk menghalau masuknya virus ke dalam tubuh. Tentunya, kamu ingin tetap sehat selama pandemi, kan?

Hidup sehat memang dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk rutin mengonsumsi suplemen. Lebih jauh, ada beberapa vitamin yang dapat membantu mempertahankan sistem kekebalanmu, seperti vitamin C dan vitamin B kompleks.

Manfaat vitamin C maupun vitamin B kompleks dapat membantu menjaga sistem imun tubuh, sekaligus membantu proses metabolisme – yang berperan membentuk energi, sehingga tubuh tetap berenergi ketika melakukan aktivitas.

Selain itu, masih ada peranan lain dari kedua vitamin tersebut, lho. Yang pasti, kamu sangat dianjurkan mengonsumsi keduanya secara rutin, terutama di masa pandemi.

Lebih lengkap mengenai hal tersebut, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Peran Penting Vitamin C di Masa Pandemi

Credit Image - madaninews.id

Sudah tidak lagi asing, kalau vitamin C merupakan nutrisi yang berperan penting dalam menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi, apa sih peran vitamin yang satu ini – dalam meningkatkan imun?

Dalam perannya meningkatkan imunitas tubuh – vitamin C dapat mendorong produksi sel darah putih, yang disebut limfosit dan fagosit. Keduanya dapat membantu melindungi tubuh dari serangan virus penyebab infeksi. Jadi, sudah jelas bahwa vitamin C sangat diperlukan di masa pandemi – terutama untuk mengurangi risiko terinfeksi virus.

Kemudian, vitamin yang satu ini juga membantu kinerja sel darah putih jadi lebih efektif dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Berperan sebagai antioksidan dan memeberikan perlindungan terhadap kulit. Selain itu, vitamin C juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka, lho.

 

Vitamin B Kompleks Juga Tak Kalah Penting, Lho

Credit Image - nutraingredients.com

Sementara itu, vitamin B kompleks juga peranan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Tak seperti vitamin C, peranan vitamin yang satu ini memang masih jarang diketahui. Perlu diketahui, vitamin B kompleks terdiri dari 8 jenis vitamin. Semuanya punya peranan luas untuk meningkatkan dan mendukung metabolisme tubuh, ya.

Namun, ada jenis beberapa jenis vitamin B kompleks yang punya andil besar dalam mempertahankan daya tahan tubuh, seperti vitamin B6. Berdasarkan studi yang dirilis oleh PubMed, tubuh yang kekurangan vitamin B6 dapat mempengaruhi respons imun karena produksi antibodi yang terganggu.

Selain itu, vitamin B6 juga akan membantu mengontrol kadar homosistein dalam darah, memproduksi sel sistem kekebalan tubuh dan sel darah merah, sekaligus mengotpimalkan penyerapan vitamin B12. Jadi, bisa dikatakan bahwa kalau kebutuhan vitamin ini sudah terpenuhi, maka bisa berdampak langsung terhadap peningkatan imun tubuh, karena produksi antibodi ikut meningkat, lho.

Ada pula vitamin B2 juga memiliki peran dalam meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin tersebut berperan untuk membantu metabolisme makanan sehingga dapat diubah jadi energi, sehingga tubuh tidak mudah lemas dan daya tahan tubuh tidak ikut menurun.

Tak ketinggalan, vitamin B12 yang sangat berperan besar dalam proses metabolisme tubuh. Jika kamu kekurangan asupan vitamin ini – respons imunitas dapat menurun, terutama ketika sedang diserang infeksi virus maupun bakteri. Jadi, memenuhi kebutuhan vitamin B12 memiliki kaitan erat dengan meningkatkan kekebalan tubuh ya.

 

3 Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin Harian

Credit Image - alodokter.com

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin, termasuk vitamin C dan vitamin B kompleks, ada 3 cara sederhana yang dapat kamu terapkan, nih. Apa saja hal tersebut?

1. Konsumsi makanan kaya akan vitamin

Seperti diketahui, mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan vitamin, seperti sayur dan buah memang sangat direkomendasikan, ya. Keduanya pun merupakan sumber serat yang dapat membantu menjaga sistem imun, serta menyehatkan saluran pencernaan.

Untuk vitamin C dapat diperoleh dari – jeruk, stroberi, kiwi, apel, pepaya, mangga, bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis. Sementara, untuk vitamin B Kompleks dapat kamu temui pada daging merah, ikan, produk susu dan olahannya, pasta, telur, gandum, dan biji-bijian.

 

2. Batasi konsumsi gula, ya!

Membatasi asupan gula juga penting dalam proses penyerapan vitamin dalam tubuh, lho. Tidak hanya berdampak pada melonjaknya kadar gula darah, namun konsumsi gula berlebihan juga dapat “mencuri” mikronutrien di dalam tubuh.

Gula dapat membuat vitamin yang masuk ke dalam tubuh tak terserap dengan maksimal. Untuk itu, pastikan kamu membatasi konsumsi gula – sekitar 1-2 sendok makan setiap harinya, ya. Anjuran yang ditetapkan pedoman gizi seimbang, yaitu kamu boleh mengonsumsi maksimal 4 sendok makan gula per hari.

 

3, Lengkapi dengan konsumsi multivitamin

Agar asupan vitamin, termasuk vitamin C dan vitamin B kompleks semakin maksimal. Dianjurkan pula untuk rutin mengonsumsi suplemen multivitamin, ya. Tapi, pastikan kamu minum di waktu yang tepat – agar penyerapan pun bisa berjalan optimal.

Mengenai multivitamin yang direkomendasikan, kamu bisa mengonsumsi Enervon-C maupun Enervon Active yang punya kandungan lengkap, nih.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra – terutama buatmu yang harus bekerja di luar rumah.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah peranan penting vitamin C dan vitamin B kompleks yang mesti rutin dikonsumsi selama pandemi. Lantas, apakah kamu sudah rutin memenuhi kebutuhan kedua vitamin tersebut setiap harinya?

 

 

Featured Image - eatthis.com