5 Cara Memperbaiki Postur Tubuh, Biar Tetap Proporsional

5 Cara Memperbaiki Postur Tubuh, Biar Tetap Proporsional

font size A Ǎ

Seperti diketahui, postur tubuh yang tegap dan proporsional merupakan salah satu hal yang penting diterapkan. Bukan sekedar baik untuk penampilanmu saja, namun hal yang satu ini juga dapat memberikan dampak baik terhadap kesehatan tubuh, lho. Jika kamu ingin memperbaiki postur tubuh, 5 tips berikut ini bisa membantu.

Bentuk tubuh dan perawakan yang pas dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan otot dan tulang, mencegah cedera, memudahkan sistem pernapasan, hingga melancarkan percernaan. Untuk memperoleh postur tubuh yang baik pun kamu bisa melakukannya dengan cara sederhana.

Selain rutin berolahraga, seperti yoga maupun tai chi, masih ada 5 tips mudah lainnya yang dapat diterapkan untuk membantu memperbaiki postur tubuh. Apa saja?

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Hindari Membungkuk

5 Cara Memperbaiki Postur Tubuh, Biar Tetap Proporsional

Credit Image - bahasa.newsbytesapp.com

Hal pertama yang dapat membantu memperbaiki postur tubuh, yaitu buang jauh kebiasaan membungkuk. Apakah kamu sering melakukan hal ini? Membungkuk dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan, lho. Tapi, tanpa disadari, masih banyak individu yang melakukan kebiasaan yang satu ini.

Membungkuk sering diterapkan dalam berbagai aktivitas, seperti berjalan, berdiri, maupun duduk. Postur tubuh ini dapat memberikan tekanan lebih terhadap tulang, otot, dan sendi. Jika diterapkan terus-menerus, membungkuk dapat menyebabkan kerusakan organ di dalam tubuh, misalnya mempersulit kerja paru-paru dan usus – sehingga berisiko mengganggu pernapasan, serta pencernaan.

Untuk mendapatkan postur tubuh yang baik, maka kamu harus menghindari kebiasaan buruk ini, ya!

 

#2 – Tegakkan Badanmu

Berikutnya, menegakkan badan juga termasuk cara sederhana dalam memperbaiki postur tubuh. Jadi, alih-alih membungkuk, justru kamu disarankan untuk menerapkan posisi yang satu ini. Dalam melakukan berbagai aktivitas, usahakan tubuh tetap berdiri tegak lurus, ya. Bahkan, badan yang tegak bisa memberikan efek ramping.

Jika kamu sering lupa untuk menegakkan badan karena belum terbiasa, tidak apa-apa, kok. Asalkan, begitu kamu mengingatnya, segera luruskan tubuh, termasuk ketika berdiri, berjalan, dan juga duduk saat bekerja. Dan, upayakan mata melihat sejajar dengan layar komputer untuk menjaga badan tetap lurus.

 

#3 – Jauhi Pula Kebiasaan Ini, Ya

5 Cara Memperbaiki Postur Tubuh, Biar Tetap Proporsional

Credit Image - sultantv.co

Apakah kamu sering tertidur di meja kerja? Wah, kebiasaan ini perlu dihilangkan juga. Sebab, sering tertidur di atas meja dapat mengganggu postur tubuh kamu, bahkan membuatnya semakin memburuk. Sebaiknya, carilah tempat untuk bersandar – atau tidur telentang.

Selain itu, kamu juga mesti mengurangi kebiasaan memakai sepatu hak tinggi, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Sepatu hak tinggi dapat mendorong pangkat tulang belakang ke depan, sehingga membuat punggung melengkung. Posisi ini akan memberikan tekanan pada saraf yang bisa menyebabkan sakit punggung, dan tentunya merusak postur tubuh.

Dan, sesekali waktu, pastikan kamu meregangkan leher agar tidak tegang – dan membantu memperbaiki postur tubuh agar lebih tegap. Dalam hal ini, hindari juga merunduk terlalu lama, seperti ketika sedang melihat telepon genggam, ya.

 

#4 – Perbaiki Posisi Ketika Menyetir

Ternyata, posisi ketika menyetir juga turut memengaruhi postur tubuh seseorang, lho. Dilansir dari Web Md, posisi menyetir yang baik, yaitu dengan duduk tegak lurus, tidak mengunci kaki, menekuk lutut agar posisinya sama tinggi dengan pinggul.

Sama seperti setelah duduk terlalu lama, atau merunduk dalam waktu lama, setelah menyetir kamu juga direkomendasikan melakukan peregangan. Apalagi, kalau kamu mesti menyetir jarak jauh. Hal ini dapat membantu menjaga, serta memperbaiki postur tubuh.

 

#5 – Periksa Jika Ada Masalah

5 Cara Memperbaiki Postur Tubuh, Biar Tetap Proporsional

Credit Image - my24hours.net

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa sering menerapkan postur tubuh yang buruk, seperti membungkuk. Jika kurang yakin, kamu dapat melakukan cara sederhana untuk mengenalinya, seperti meletakkan bagian belakang kepala ke dinding.

Kemudian, pindahkan kakimu 6 inci dari alas tiang, biarkan tubuh tetap menyentuh dinding, ya. Pastikan posisi punggung bawah dan leher sudah berjarak sekitar 2 inci. Namun, kalau kamu masih ragu mengenai postur tubuh yang dimiliki, bisa segera tanyakan hal ini ke petugas kesehatan, ya.

 

Biasanya, postur tubuh akan membaik, bahkan bisa menjadi tegap dan proporsional ketika kamu sudah mengubah sejumlah kebiasaan buruk yang bisa merusak postur. Jadi, kalau kamu mengalami hal ini – cobalah menerapkan kelima tips di atas, ya. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image - satubanten.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!