Bekerja di kantor impian, sepertinya hal yang satu ini merupakan salah satu dambaan para pekerja, ya. Jika akhirnya diterima di kantor tersebut, wah pastinya rasa senang tidak bisa dihindari. Namun sayangnya, mendapatkan pekerjaan baru juga bisa menyebabkan rasa stres, lho. Mengapa demikian?

Memang, pekerjaan baru bisa membuatmu kewalahan, stres, cemas, bahkan merasa sendiri. Hal ini juga disebabkan karena kamu berada di tempat dan suasana yang berbeda dari biasanya, serta tugas yang baru pula. Apakah kamu pernah merasakan stres akibat pekerjaan baru? Tenang, ini wajar dialami, kok.

Tak hanya beberapa penyebab di atas, namun stres akibat pekerjaan baru juga bisa dialami, karena adanya tekanan dalam diri untuk membuktikan kamu ahli melakukan tugas tersebut. Kalau begini, pressure pun semakin bertambah.

Untuk mengatasi rasa stres akibat pekerjaan baru, ada 5 tips yang dapat diterapkan. Dikutip dari Very Well Mind, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

#1 – Ingin Meminta Bantuan? Jangan Ragu Untuk Melakukannya!

Credit Image - glints.com

Kalau kamu merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas di kantor baru, tidak ada salahnya untuk meminta tolong, lho. Bahkan, hal ini dapat membawa keuntungan untukmu. Mengingat, kamu merupakan karyawan baru, maka rekan kerja – maupun atasan pun akan maklum jika kamu bertanya.

Selain itu, tindakan yang satu ini akan membuat rekan kerja tahu bahwa dirimu pekerja keras, serta proaktif untuk memahami situasi. Tentunya, hal ini lebih baik dibandingkan kamu mencoba hal yang tidak diyakini. Kalau salah, pekerjaan pun bisa berantakan, kan? Di samping itu, meminta bantuan juga akan membantu membangun hubungan dengan teman satu kantor, lho.

 

#2 – Menerima Situasi Baru

Tak bisa dipungkiri, semua pekerjaan pasti akan selalu terasa lebih sulit pada awalnya. Tapi, lama-kelamaan kamu pun akan mulai terbiasa. Hal tersebut terjadi karena dirimu masih berusaha menemukan ritme kerja yang tepat, serta mempelajari budaya perusahaan dan cara kerjanya.

Jadi, sangat penting untuk memahami bahwa stres karena pekerjaan baru akan sering dirasakan, namun akan membaik seiring berjalannya waktu. Setelah memahami cara kerja, mengenal rekan satu tim, dan mengetahui kemampuan masing-masing anggota tim, kamu akan lebih mudah memetakan kebutuhanmu.

Hal yang terpenting, pastikan selalu belajar hal baru setiap harinya. Melakukan segala hal baru untuk pertama kalinya tentu akan terasa sulit, bukan? Kalau ditekuni, kamu akan mulai terbiasa dan memahami celahnya.

 

#3 – Berlatih Cara Cepat Atasi Stres

Credit Image - roomme.id

Kamu sering merasa kewalahan dengan pekerjaan, bahkan terkadang ingin menyerah begitu saja? Coba buang jauh pikiran seperti ini, ya. Ketika stres akibat pekerjaan baru melanda, beberapa orang mungkin sulit untuk berpikir secara logis. Entah memutuskan untuk menghilang sementara dari pekerjaan, atau mengundurkan diri. Apapun itu, sebaiknya hilangkan pemikiran tersebut.

Untuk mengatasi stres secara cepat, kamu bisa menenangkan diri, salah satunya dengan melatih pernapasan. Menurut University of Michigan Health, bernapas dalam-dalam dapat mengirimkan sinyal ke otak untuk tetap tenang dan relaks. Kemudian, pesan tersebut pun akan diteruskan ke seluruh tubuh.

Latihan pernapasan juga dapat dilakukan dengan meditasi singkat, lho. Atau, berjalanlah di sekitar kantor, serta menyediakan stress ball – maupun benda lainnya yang dianggap bisa membantu menenangkan diri.

 

#4 – Tetap Jalani Hobi, Ya

Kamu pasti tahu bahwa hobi merupakan salah satu kegiatan penghilang stres, kan? Bahkan, aktivitas yang satu ini juga bisa memunculkan hormon bahagia, lho. Untuk itu, cobalah luangkan waktu melakukan kegiatan yang kamu sukai. Jika memungkinkan, sisihkan waktu tersebut setiap harinya.

Terkadang, stres dapat membuat diri merasa tidak bersemangat melakukan hal lain. Namun, cara yang satu ini sangat membantu mengatasi stres, termasuk yang muncul akibat pekerjaan baru. Kamu dapat lakukan berbagai kegiatan menyenangkan, seperti berolahraga, membaca buku, berkebun, atau apapun yang disukai.

 

#5 – Jaga Selalu Kesehatan

Credit Image - health.detik.com

Kalau kamu stres, kemungkinan akan berdampak terhadap pola tidur. Jika kekurangan waktu tidur, maka bukan tidak mungkin mood bisa terganggu. Akhirnya, hal ini pun bisa membuatmu semakin rentan stres, lho.

Inilah sebabnya penting bagimu tetap menerapkan berbagai kebiasaan hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi seimbang, berolahraga, serta istirahat yang cukup. Gaya hidup sehat bisa membantu meningkatkan konsentrasi – sehingga semakin mudah memahami berbagai tugas-tugas baru.

Dan jangan lupa, penuhi kebutuhan nutrisi harian yang dapat memberikan asupan energi cukup untuk beraktivitas, ya. Untuk memperolehnya, kamu direkomendasikan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, apakah kamu merasakan stres akibat pekerjaan baru? Tenang, 5 tips di atas bisa membantu mengatasinya, lho. Yuk, coba diterapkan!

 

 

Featured Image - klikdokter.com