Siapa di sini yang gemar ngemil, apalagi di akhir pekan? Ya, makan camilan di waktu senggang memang sangat menyenangkan. Sejatinya, mengonsumsi makanan ringan juga dianjurkan untuk menghindari mengonsumsi makanan berat dalam porsi besar. Namun sayangnya, masih banyak orang yang justru ngemil berlebihan.

Seperti diketahui, hal yang berlebihan tidaklah baik, begitu juga dengan ngemil. Mengonsumsi makanan ringan dalam jumlah besar, justru dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Bahkan, jika terus-menerus dilakukan, maka kamu berisiko mengalami obesitas, serta terserang berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Tapi, tenang dulu! Kamu tetap bisa ngemil secara sehat, tanpa harus takut berat badan bertambah, kok. Lantas, bagaimana caranya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Pilih Asupan Karbohidrat Kompleks

Credit Image - mashed.com

Tips ngemil sehat pertama yang perlu diterapkan, yaitu pilihlah makanan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Pasalnya, karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh dan tidak membuat gula darah melonjak tinggi.

Tak hanya itu, jenis makanan yang satu ini dapat memberikan pasokan energi yang cukup untuk tubuh, sehingga tak mudah lelah selama beraktivitas, ya. Jadi, sebisa mungkin pilih jenis makanan karbohidrat kompleks, seperti produk kedelai, oat, dan roti gandum.

 

Perbanyak Konsumsi Kacang-Kacangan

Selain karbohidrat kompleks, kamu juga dapat memilih jenis camilan sehat berupa kacang-kacangan, lho. Bukan tanpa alasan, camilan yang satu ini merupakan kombinasi sempurna antara protein dengan lemak. Keduanya dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Bahkan, kacang juga mengandung kalori dalam jumlah kecil, disertai berbagai mikronutrien lain yang baik untuk kesehatan tubuhmu. Ada pun beberapa jenis kacang-kacang yang dianjurkan untuk dikonsumsi, yaitu kacang almond, hazelnut, dan macadamia.

 

Beri Waktu Khusus Untuk Ngemil

Credit Image - health.detik.com

Apakah kamu sering ngemil sembari melakukan aktivitas lain? Kalau iya, hentikan kebiasaan ini! Faktanya, ngemil sambil melakukan aktivitas lain bisa membuat kamu makan camilan dalam porsi yang lebih besar dalam waktu singkat, lho.

Jadi, akan lebih baik kalau kamu memberikan waktu, serta durasi khusus untuk ngemil, ya. Cara ini dapat membantu membatasi porsi, sekaligus membiarkan tubuh mencerna dengan perlahan, yang pada akhirnya tidak akan membuatmu gemuk.

Usahakan untuk mengatur waktu ngemil setiap hari di jam yang sama, misalnya jam 3 atau 4 sore. Dengan memilih waktu di sore hari, kamu dapat menghindari gangguan pada jam makan malam. Selain itu, aturan ngemil di sore hari juga dapat membantu menghindari kesulitan tidur pada malam hari akibat kebiasaan ngemil setelah makan malam.

 

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Cara ngemil sehat untuk diet selanjutnya, yaitu dengan mengonsumsi camilan sehat. Nah, cobalah mengutamakan camilan yang tidak membuat gemuk, seperti buah dan sayuran. Dalam hal ini, kamu bisa memilih jenis buah yang tidak mengandung kalori dan punya kadar gula rendah, misalnya apel, buah beri, dan sejenisnya.

Untuk sayuran, kamu bisa menjadikan timun dan seledri sebagai camilan sehari-hari, lho. Sekarang ini, sudah banyak juga buah dan sayuran yang dikeringkan tanpa tambahan gula atau pengawet. Camilan ini memiliki tekstur garing seperti kerupuk. Enak dan pastinya sehat bagi tubuh!

 

Camilan Low-Fat Bukan Jaminan!

Credit Image - health.clevelandclinic.org

Seperti diketahui, camilan sehat yang punya embel-embel low-fat memang semakin banyak beredar di pasaran, ya. Sayangnya, ketika memilih jenis camilan tersebut, kamu cenderung mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Nah, jangan sampai terjebak dalam hal ini!

Sebab, jumlah kalori dan lemak yang kamu konsumsi bisa saja tetap berlebihan, apalagi kalau mengonsumsi camilan tersebut dalam jumlah yang banyak. Jadi, meskipun camilan tersebut tergolong low-fat, tetap batasi konsumsinya, ya.

 

Tetap Berolahraga

Selain memperhatikan aturan ngemil, kunci agar tidak mengalami pertambahan berat badan adalah kalori yang dibakar harus berbanding lurus dengan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, jika hobimu makan dan ngemil, kamu juga mesti berolahraga untuk membakar kalori yang masuk dari makanan tersebut agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Salah satu jenis olahraga yang dapat Anda lakukan adalah high-intensity interval training (HIIT). Pemilihan jenis olahraga ini dimaksudkan agar membakar kalori banyak dalam waktu yang singkat. Selain membakar kalori, olahraga juga bisa sangat menyenangkan. Pilihlah olahraga seperti zumba, menari, atau berenang.

Wah, menerapkan tips ngemil sehat di akhir pekan memang baik untuk tetap menjaga kesehatan, ya. Tapi, agar kesehatan makin terjaga secara optimal, pastikan juga kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin, salah satunya dengan rutin mengonsumsi multivitamin dari Enervon.

Kamu bisa minum multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh.

Untukmu yang punya masalah lambung sensitif, jangan khawatir, karena kamu direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi – yang lebih tahan lama. Jadi, bisa bikin kamu semakin produktif seharian!

 

Itulah keenam tips ngemil sehat di akhir pekan yang dapat kamu terapkan. Selamat mencoba, Enervoners!

 

 

Featured Image - nuturally.com