5 Nutrisi Penting Untuk Metabolisme, Termasuk Vitamin B Complex, Lho

5 Nutrisi Penting Untuk Metabolisme, Termasuk Vitamin B Complex, Lho

Mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas dapat diperoleh melalui proses metabolisme. Namun, agar energi tersebut dipastikan bisa bertahan lebih lama, kamu perlu rutin mengonsumsi vitamin – yang juga mampu membantu metabolisme.

Rutin mengonsumsi vitamin, terutama dari suplemen bukan bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh saja, lho. Namun, ada berbagai jenis vitamin yang dapat meningkatkan metabolisme, seperti vitamin B complex, bahkan vitamin C!

Metabolisme tubuh yang baik dapat ditandai dengan berat badan terkontrol, suasana hati yang cenderung baik, sirkulasi darah lancar, dan tentunya punya banyak energi. Lantas, sudahkah kamu merasakan sejumlah ciri tersebut? Kalau belum, ada 5 jenis vitamin, termasuk vitamin B complex yang bakal membantu metabolisme biar lebih lancar, nih.

Yuk, segera simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Vitamin B1

5 Nutrisi Penting Untuk Metabolisme, Termasuk Vitamin B Complex, Lho

Credit Image- my-best.id

Vitamin B complex memang terdiri dari delapan jenis vitamin yang punya perannya masing-masing. Namun, secara garis besar, seluruh jenis vitamin B complex berperan penting dalam pembentukan energi – dengan mengolah makanan yang dikonsumsi menjadi sumber bahan bakar bagi tubuh. Hal ini meliputi vitamin B1 yang perlu dipenuhi asupannya setiap hari.

Vitamin B1 merupakan salah satu vitamin terbaik untuk meningkatkan laju metabolisme, lho. Vitamin ini berperan untuk mencerna karbohidrat, serta berperan sebagai koenzim – yaitu, senyawa organik yang diperlukan enzim dalam bentuk thiamin dipohosphate.

Nantinya, senyawa thiamin dipohosphate dapat membantu memecah karbohidrat menjadi glukosa. Anda bisa menemukan vitamin B1 pada ragi, biji-bijian, kacang-kacangan, sereal, daging dan sayuran berdaun hijau.

 

#2 – Vitamin B2

Selanjutnya, ada pula vitamin B2, salah satu jenis vitamin B complex yang punya fungsi vital dalam proses metabolisme tubuh. Untuk itu, pastikan kamu sudah mendapatkan kebutuhan vitamin yang satu ini setiap harinya, ya.

Nah, vitamin B2 punya dua bentuk koenzim, yaitu flavin adenine dinucleotide (FAD) dan flavin mononucleotide (FMN).  FAD dan FMN mempunyai peran dalam menghasilkan energi di dalam tubuh. Dengan demikian, vitamin B2 dapat mendorong reaksi metabolik yang terjadi di tubuh.

Jenis vitamin yang satu ini juga mudah ditemukan di berbagai sumber makanan, seperti yoghurt, kedelai, susu, jamur, bayam, tempe, kacang almond dan telur.

 

#3 – Vitamin B7

5 Nutrisi Penting Untuk Metabolisme, Termasuk Vitamin B Complex, Lho

Credit Image - review.bukalapak.com

Siapa sangka kalau salah satu jenis vitamin B complex yang satu ini juga dapat membantu, sekaligus meningkatkan metabolisme? Ya, vitamin B7 disebut punya peran penting dalam proses lukoneogenesis – atau disebut juga sebagai pembentukan glukosa, karena vitamin B7 akan melakukan transfer karbon dioksida dalam berbagai reaksi yang merupakan bagian dari pembuatan molekul glukosa baru.

Dengan demikian, sumber bahan bakar bagi tubuh pun bisa diperoleh dengan baik. Dan, kamu bisa mendapat energi yang cukup, sehingga tidak gampang merasa lemas ketika beraktivitas seharian, nih. Kamu bisa memperoleh asupan vitamin B7 dari kedelai, daging, dan kuning telur.

Namun perlu diketahui, telur mentah memiliki jenis protein yang bisa mencegah penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Jadi, kalau kamu ingin mengonsumsi telur untuk mendapatkan asupan vitamin B7, pastikan sudah memasaknya dengan benar, ya.

 

#4 – Vitamin B12

Ini merupakan jenis vitamin B complex terakhir yang punya fungsi penting dalam metabolisme tubuh, yakni vitamin B12. Di sini, kalau tubuh mendapat nutrisi vitamin B12, maka tubuh akan memecahnya menjadi berbagai senyawa, lho. Salah satunya, senyawa 5-Deoxyadenosylcobalamin.

Peran senyawa tersebut dipercaya akan mempercepat reaksi biokimia yang mampu meningkatkan metabolisme energi – yang diperoleh dari sumber protein dan lemak yang kamu konsumsi setiap harinya. Nah, sumber vitamin B complex yang satu ini bisa kamu temukan pada kerang, hati, gurita, kepiting, lobster, daging sapi, dan keju.

 

#5 – Vitamin C

5 Nutrisi Penting Untuk Metabolisme, Termasuk Vitamin B Complex, Lho

Credit Image - thejakartapost.com

Selain sejumlah vitamin B complex di atas, ternyata masih ada lagi satu jenis vitamin yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh, lho. Ya, apalagi kalau bukan vitamin C. Apakah kamu sudah tahu fungsi vitamin C yang satu ini? Pasalnya, vitamin C lebih dikenal sebagai perannya untuk menjaga, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tetapi nyatanya, dari sistem imun yang sudah diperkuat dengan rutin mendapat asupan vitamin C, nantinya hal tersebut juga akan diperlukan untuk menjaga proses metabolisme agar bisa berjalan dengan baik. Jadi, bisa dikatakan bahwa baik sistem kekebalan maupun metabolisme punya hubungan yang erat satu sama lainnya, ya.

Untuk mendapat asupan vitamin C, kamu bisa peroleh dari jeruk, jambu biji, mangga, nanas, pepaya, brokoli, bayam, kale, maupun cabai dan paprika. Biar lebih maksimal, kamu juga disarankan meminum suplemen multivitamin dengan kandungan lengkap, termasuk yang punya vitamin C dan vitamin B complex, nih.

Tapi, apa multivitamin yang direkomendasikan? Nah, kamu bisa mengonsumsi Enervon-C dan Enervon Active secara rutin, ya.

Kamu dapat memilih multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Dan, kandungan Vitamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, ya!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C dan Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Jadi, itulah kelima jenis vitamin yang dapat membantu metabolisme tubuh, terutama vitamin B complex. Sudahkah kamu mendapat asupan sejumlah vitamin tersebut secara rutin? Kalau belum, yuk konsumsi berbagai sumber makanannya, lalu maksimalkan dengan rutin meminum multivitamin dari Enervon!

 

 

Featured Image - sehat-segarku.blogspot.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!