Melakukan perencanaan karir, sekaligus mengembangkannya tentu menjadi aspek yang paling penting dalam mencapai kesuksesan. Sudah diketahui bahwa memperoleh masa depan cemerlang tidak bisa dilakukan secara instan. Dan yang pasti butuh perencanaan matang, sekaligus usaha maksimal untuk menggapainya.

Kalau kamu sudah punya perencanaan karir, wah ini merupakan hal yang baik, lho! Kalau belum, kamu bisa mengetahui sejumlah cara merencanakan karir dari artikel lainnya di website Enervon, ya. Nyatanya, perencanaan karir juga bermanfaat bagi perusahaan, tak hanya untuk para pekerja saja.

Dengan perencanaan, serta pengembangkan karir yang baik, hal tersebut dapat mendukung dan memberikan peluang kesuksesan untuk setiap karyawan. Selain itu, motivasi kerja akan meningkat akan mendorong performa karyawan menjadi lebih baik dan berdampak positif pada perusahaan itu sendiri.

Tak hanya itu saja, ada sejumlah manfaat baik dari perencanaan karir lainnya yang bisa dirasakan oleh kedua belah pihak, yakni karyawan, serta pihak perusahaan tempatmu bekerja. Apa saja manfaat tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Mendukung Jenjang Karir Setiap Karyawan

Credit Image - cermati.com

Manfaat perencanaan karir yang satu ini bisa dirasakan oleh pihak perusahaan, ya. Career path – alias jenjang karir dapat diartikan sebagai salah satu rangkaian proses yang perlu dilalui oleh setiap karyawannya, untuk mencapai tingkatan posisi lebih tinggi dalam internal perusahaan.

Nah, pastinya kamu ingin memiliki jenjang karir yang terus berkembang secara vertikal, kan? Dalam hal ini, bergerak dari posisi awal – kemudian, ke posisi yang lebih tinggi lagi. Hal tersebut juga termasuk salah satu tanggung jawab perusahaan untuk memberikan kesempatan pengembangan potensi, minat keterampilan, dan kemampuan yang dimiliki setiap karyawan.

Kalau sudah begini, pihak perusahaan pun akan menikmati hasilnya juga, kan?

 

Menyamakan Tujuan Perusahaan dan Karyawan

Perencanaan karir juga penting dimiliki untuk menyelaraskan tujuan perusahaan dengan setiap pekerjanya, lho. Pengembangan karir yang tepat harusnya bersifat mutual, yakni perusahaan dan karyawan akan memberi manfaat secara berkesinambungan.

Nantinya, karyawan yang berhasil mengembangkan potensinya, serta meraih posisi – atau bisa berupa jabatan dan gaji yang lebih tinggi akan berkontribusi, sekaligus memiliki tanggung jawab yang lebih besar bagi perusahaan.

Hal tersebut akan berdampak bagi perusahaan untuk membantu memperkuat pelaksanaan sejumlah program, serta tercapainya tujuan perusahaan.

 

Mengurangi Kemungkinan Turnover

Credit Image - liputan6.com

Perencanaan karir, serta yang dikembangkan dengan baik bisa membuka kesempatan bagi setiap karyawan yang ingin meningkatkan jenjang karirnya melalui pelatihan dan edukasi. Pastinya, dalam bekerja kamu pun tidak ingin memiliki karir yang stagnan, kan? Setiap orang menginginkan perubahan jabatan, maupun posisi ke arah yang lebih baik. 

Selain untuk mendapatkan penghasilan, tujuan karyawan bekerja juga untuk mencapai kesuksesan karir. Namun, tanpa adanya kejelasan perencanaan karir, kamu akan merasakan kebosanan dan kegalauan terkait masa depan karir yang tengah dijalani.

Terlalu lama menjabat di satu posisi dalam tempo yang lama menjadi salah satu alasan besar kenapa karyawan ingin mengundurkan diri.

 

Memahami dan Mengembangkan Passion

Wah, manfaat yang satu ini bisa diperoleh untuk para karyawan, nih. Memiliki perencanaan karir yang tepat dapat membantu kamu memahami, serta mengembangkan passion yang dimiliki, lho. Dengan memahami passion, produktivitas, kreativitas, dan inovasi seorang karyawan akan lebih berkembang karena ia mengerjakan apa yang disukai.

Passion memang merupakan aspek penting dari dalam individu yang harus digali untuk pengembangan karir. Jika minat dan bakat belum ditemukan, maka hal ini akan memengaruhi kinerjamu di kantor. Misalnya, menjadi kurang baik, atau tidak semangat. Sedangkan bagi perusahaan, akan lebih mudah untuk memetakan karyawan dan mengidentifikasi potensi untuk bisa dikembangkan.

 

Motivasi Kerja Juga Meningkat

Credit Image - ekrut.com

Motivasi bekerja yang berasal dari dalam diri menjadi kekuatan untuk bekerja lebih maksimal. Perencanaan karir yang baik akan membuatmu memiliki rasa kepercayaan diri yang lebih tinggi, sebab kamu merasa sudah diberi kepercayaan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

Nantinya, motivasi diri akan tumbuh dengan maksimal, apalagi kalau pihak perusahaan sudah memberikan kesempatan untuk semakin berkembang. Karyawan dengan motivasi kerja yang tinggi akan menghasilkan prestasi, hasil kerja yang lebih maksimal, loyalitas yang tinggi dan kontribusi yang besar bagi perusahaan.

 

Relasi yang Semakin Luas

Nantinya, perencanaan karir yang dikembangkan secara maksimal dapat membuat karyawan berkesempatan untuk bertemu dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal perusahaan. Dalam hal ini, kamu pun bisa memanfaatkan momen tersebut untuk membangun relasi – baik melalui interaksi dan sharing pengalaman, atau mempelajari proses kesuksesan karir seseorang.

Relasi bisa menjadi faktor yang menentukan kesuksesan karir karyawan. Kamu pun akan lebih mudah menemukan klien, menjalin kerjasama, melakukan lobi dan negosiasi dan mendapatkan tawaran karir yang lebih menjanjikan di kemudian hari.

Jadi, memiliki perencanaan karir punya berbagai manfaat, baik bagi pihak perusahaan maupun karyawan yang bekerja, ya. Namun perlu diketahui, ada hal lain yang tidak kalah pentingnya dalam proses perencanaan karir, yaitu memastikan tubuhmu sudah memiliki asupan energi yang cukup.

Dengan memiliki energi, maka kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang dapat mendukung produktivitas, serta membuatmu selangkah lebih dekat dengan masa depan yang cemerlang. Hal ini bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit.

Kalau sudah rutin minum Enervon Active, pastinya proses mencapai jenjang karir cemerlang pun makin mudah dijalani, lho.

 

Itulah keenam manfaat dari perencanaan karir yang mesti kamu ketahui. Jadi, apakah kamu sudah punya rencana dalam jenjang karirmu?

 

 

Featured Image - qubisa.com