Jika saat ini kamu sedang giat makan sehat, pasti ada kalanya kamu merasa bosan dengan menu yang itu- itu saja. Wajar, jika kamu merasakan hal ini, tapi jangan sampai kamu melampiaskan rasa bosan dengan kembali memakan makanan junk food atau gorengan pinggir jalan.

Makan makanan sehat tentu sangat bermanfaat untuk tubuhmu. Selain dapat memberikan energi yang lebih banyak, menu makanan sehat juga dapat membantu proses regenerasi sel tubuh, mendukung pertumbuhan otot, hingga meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit serius.

Untuk mengatasi rasa jenuhmu terhadap makanan sehat, kamu bisa mengikuti tips berikut ini.

1. Buat variasi menu

Credit: timeout.com

Makanan sehat biasanya identic dengan salad sayuran segar. Namun, sebenarnya tidak harus selalu seperti itu. Jika kamu bosan dengan salad tapi masih ingin makan sayur, kamu bisa menggantinya dengan memasukkan sayuran favoritmu ke dalam hidangan pasta, atau kreasikan menjadi burger nasi isi sayur- sayuran.

Salad pun bukan hanya berisi sayur atau buah segar saja, kamu bisa memasukkan kacang- kacangan, jamur, atau potongan daging ayam yang sebelumnya sudah dipanggang ke dalam salad kamu.

2. Tingkatkan kemampuan masak

Credit: The Urban List

Agar kamu tidak merasa cepat bosan makan makanan sehat, imbangi dengan terus mengasah kemampuan memasakmu. Kamu bisa membeli buku panduan memasak atau browsing resep menu sehat lainnya. Dengan begitu, kamu bisa melakukan kreasi masakan sehat, dan kamu tidak akan mudah bosan.

3. Belanja

Credit: The Conversation

Tidak aneh kalau kamu merasa bosan, terutama jika bahan- bahan yang tersedia di kulkas hanya itu- itu saja. Coba untuk pergi ke pasar atau toko sayur dan buah untuk membeli bermacam- macam sayur maupun buah yang kamu suka. Selain itu, tambahkan beberapa biji- bijian, kacang- kacangan, serta rempah- rempah yang bisa kamu gunakan sebagai penambah rasa.

4. Tambahkan penyedap

Credit: Kumparan

Ada banyak penyedap makanan yang bisa kamu tambahkan untuk memperkaya rasa makanan. Berikut beberapa penyedap makanan sehat yang bisa kamu gunakan:

  • Cuka atau sari apel untuk meningkatkan rasa daging, ikan, atau salad
  • Kecap atau saus untuk menambah rasa telur, daging, ikan, sayur ataupun kentang
  • Rempah-rempah, seperti kayu manis, biji pala, lada hitam, jinten, kemangi, ketumbar, daun mint, ataupun oats untuk menambahkan rasa gurih dan manis pada makanan
  • Biji-bijian, seperti biji rami dan chia seed yang bisa ditambahkan pada yogurt atau sereal
  • Minyak zaitun dan ekstrak lemon atau almond untuk mengolah makanan secara sehat sekaligus meningkatkan rasa makanan.

5. Ubah menu sesering mungkin

Credit: Rustico

Membuat jurnal atau jadwal menu setiap minggu itu penting. Hal ini bisa menghemat waktu sekaligus mempersiapkan apa saja bahan makanan yang kamu beli. Dan usahakan untuk membuat menu yang beragam.

Misalnya, jika hari ini kamu makan capcai brokoli, maka besok kamu bisa mengganti menu dengan bayam atau kubis. Jika kamu bosan makan ayam, maka ganti dengan ikan atau daging sapi. Kemudian, kalau kamu bosan dengan oatmeal untuk sarapan, kamu bisa menggantinya dengan quinoa atau roti panggang isi telur dan irisan alpukat.

 

Featured Image - eatingwell.com