Terapkan Hidup Sehat Tapi Malah Gampang Lelah? Ini 5 Penyebabnya

Terapkan Hidup Sehat Tapi Malah Gampang Lelah? Ini 5 Penyebabnya

font size A Ǎ

Enervoners, memiliki energi yang cukup, termasuk selama menjalani work from home memang tidak kalah pentingnya, ya. Namun sayangnya, masih banyak yang merasa gampang lemas, padahal sudah menjalani gaya hidup yang sehat. Mungkin, hal tersebut terjadi karena sebagian orang masih menganggap bahwa hidup sehat harus membatasi konsumsi jenis makanan tertentu, lho.

Padahal, anggapan tersebut salah. Pasalnya, dengan membatasi asupan jenis makanan tertentu – atau justru hanya memakan sayur dan buah saja, serta tidak mendapat asupan protein hewani dapat membuat tubuh merasa mudah lemas, hingga energi pun semakin terkuras. Pastinya, kondisi ini membuatmu sulit melakukan aktivitas, kan?

Selain itu, ada lima gaya hidup sehat lainnya yang ternyata justru membuatmu measa lelah dan lesu, lho. Apa saja? Simak selengkapnya di sini, ya!

 

 

#1 – Mengurangi Kalori Terlalu Banyak

Terapkan Hidup Sehat Tapi Malah Gampang Lelah? Ini 5 Penyebabnya

Credit Image - pesantrennuris.net

Hal pertama yang masih kerap dilakukan, yaitu memangkas kalori secara berlebihan. Kalau kamu mencoba untuk menurunkan berat badan, kemudian mengurangi kalori terlalu banyak, tentu kamu tidak memiliki jumlah energi – atau bahan bakar yang akan digunakan tubuh selama menjalani rutinitas harian.

Makanan diperlukan untuk menyediakan energi yang dibutuhkan untuk tetap fokus, serta produktif sepanjang hari, lho. Ketika terlalu membatasi asupan, metabolisme akan ikut melambat. Akibatnya, tubuh kehabisan energi – dan kamu pun menjadi lebih mudah lapar. Pada akhirnya, untuk melampiaskan rasa lapar tersebut, ada kecenderungan makan berlebihan yang juga tidak baik untuk kesehatan.

 

#2 – Jarang Makan

Apakah kamu termasuk yang jarang makan? Wah, kebiasaan yang satu ini juga buruk untuk kondisi tubuh, termasuk mengenai energi, lho. Sebab, kurangnya asupan makanan dapat membuatmu gampang merasa lemas. Selain itu, ada juga yang akhirnya merasa ngantuk – atau lesu. Untuk itu, sebaiknya hindari hal yang satu ini, ya!

Kalau kamu merasa lapar, misalnya dua sampai tiga jam setelah makan berat, maka kamu boleh mengonsumsi camilan seimbang – yang kaya akan serat dan protein. Seperti, buah segar, atau segenggam kacang.

 

#3 – Kurang Asupan Karbohidrat

Terapkan Hidup Sehat Tapi Malah Gampang Lelah? Ini 5 Penyebabnya

Credit Image - medicalnewstoday.com

Tidak hanya membuatmu mudah lemas, namun kekurangan asupan karbohidrat juga dapat memengaruhi suasana hati, seperti mudah tersinggung, lho. Rendahnya kadar gula akibat makan terlalu sedikit karbohidrat juga bisa menyebabkan dehidrasi, kemudian merasa kelelahan.

Untuk setiap gram karbohidrat yang disimpan di dalam tubuh, ada sekitar 2 sampai 3 gram air yang tertahan. Tetapi, ketika kamu mengurangi asupan karbohidrat secara drastis, maka air akan dilepaskan – dan ada kemungkinan mengalami dehidrasi.

 

#4 – Pola Makan Tak Seimbang

Mungkin, sebagian orang ada yang pantang terhadap protein daging. Tapi perlu diketahui bahwa hal tersebut tidak selalu sehat, ya. Mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dari berbagai jenis makanan – penting dilakukan untuk memberikan energi yang cukup bagi tubuh.

Misalnya, ketika kamu memilih gaya makan vegetarian, tetapi kurang berhati-hati dalam mendapatkan cukup vitamin B12 dan zat besi, maka ada kemungkinan kamu bisa mengalami anemia, atau merasa lelah berkepanjangan. Makanan tinggi akan kandungan vitamin B12 dan zat besi dapat memberikan pasokan energi yang cukup, sekaligus meningkatkan penyerapan nutrisi lainnya.

 

#5 – Jarang Mengonsumsi Sumber Vitamin B Kompleks

Terapkan Hidup Sehat Tapi Malah Gampang Lelah? Ini 5 Penyebabnya

Credit Image - wartakota.tribunnews.com

Kesalahan yang satu ini juga masih kerap dilakukan, lho. Tidak cukup mendapat asupan vitamin B kompleks dapat memengaruhi proses metabolisme – yang berperan dalam pembentukan energi bagi tubuh. Padahal, mempertahankan energi tubuh selama work from home juga tidak kalah pentingnya, nih.

Untuk itu, pastikan kamu sudah rutin mendapatkan asupan vitamin yang satu ini, ya. Vitamin B kompleks dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan, seperti daging merah dan daging ayam, ikan, kerang, kacang-kacangan, gandum, dan sayuran hijau.

Selain itu, disarankan pula untuk mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C atau Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan Vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan sejumlah produk Enervon, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Selain itu, multivitamin Enervon juga bisa didapatkan di drug store maupun apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai 5 kebiasaan yang bisa membuat tubuh mudah lelah, termasuk selama bekerja di rumah. Jadi, pastikan kamu sudah menghindari sejumlah hal di atas, ya!

 

 

Featured Image - blog.qelola.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!