Yuk, Kenali Parental Control Buat Si Kecil yang Doyan Main Gadget!

Yuk, Kenali Parental Control Buat Si Kecil yang Doyan Main Gadget!

font size A Ǎ

Moms, apakah Si Kecil termasuk anak yang gemar berselancar di dunia internet? Kalau begitu, mungkin kamu membutuhkan parental control, nih. Perlu diketahui, mengajarkan dan mengontrol anak untuk menggunakan internet secara sehat memang penting dilakukan. Dengan demikian, ia tidak mengakses konten yang tidak sesuai dengan usianya.

Dalam upaya membuat anak menggunakan internet dengan baik dan benar, salah satu hal yang bisa dilakukan orangtua, yaitu memanfaatkan fitur parental control. Apakah kamu pernah mendengar fitur yang satu ini? Tak perlu khawatir, ini cukup mudah digunakan, kok.

Kalau moms berniat untuk memanfaatkan fitur parental control, berikut ini serba-serbinya yang perlu diketahui, mulai dari manfaat, hingga aplikasi yang direkomendasikan. Yuk, simak ulasannya sampai habis, ya!

 

 

Apa Itu Parental Control?

Yuk, Kenali Parental Control Buat Si Kecil yang Doyan Main Gadget!

Credit Image - parenting.firstcry.com

Parental control merupakan perangkat – atau peralatan yang memungkinkan orangtua untuk mengontrol, sekaligus mengatur penggunaan internet bagi anak-anak. Saat ini, Si Kecil memang sudah terbiasa mengakses internet, ya. Saking bebasnya, dikhawatirkan ada banyak konten – dan informasi di internet yang seharusnya tidak dikonsumsi anak.

Belum lagi, adanya kejahatan online yang makin marah terjadi, serta menyasar anak di bawah umur. Untuk itu, moms perlu membatasi waktu anak ketika bermain gadget, nih. Salah satu usaha yang bisa dilakukan, yakni menggunakan parental control.

Metode yang satu ini dianggap sebagai cara tepat dan efektif dalam membantu mencegah anak mengakses konten yang tidak sesuai dengan usianya.

 

Apa Saja Manfaat Fitur Parental Control?

Yuk, Kenali Parental Control Buat Si Kecil yang Doyan Main Gadget!

Credit Image - cantik.tempo.co

Fitur yang satu ini bertujuan untuk membatasi akses anak-anak dari konten yang tidak sesuai dengan usianya, serta mencegahnya menjadi pelaku, bahkan korban kejahatan di dunia maya. Tentunya, moms tidak ingin hal tersebut menimpa Si Kecil, kan?

Dengan aplikasi parental control, anak-anak hanya dapat mengakses fitur dan informasi yang telah mendapatkan persetujuan atau tidak dibatasi oleh orangtua saja. Selain itu, masih ada manfaat dari fitur yang satu ini, moms, yaitu:

  • Mengatur batas waktu penggunaan gawai
  • Membatasi akses website
  • Memblokr aplikasi dengan menggunakan parental lock
  • Membatasi dengan siapa saja anak dapat mengobrol secara online
  • Menyembunyikan dan menyaring website yang mengandung kata-kata kasar
  • Mengetahui aktivitas anak di dunia maya, seperti website yang ia kunjungi
  • Sebagian aplikasi juga memungkinkan orangtua untuk melacak keberadaan anak

Yang paling utama, manfaat parental control dapat memberikan ketenangan pikiran bagi orangtua, ketika membiarkan Si Kecil mengakses internet. Dengan demikian, anak bisa berselancar dengan aman di dunia maya, tanpa harus terjebak dalam berbagai konten yang berbahaya.

Tak hanya itu, parental control juga dapat membantu memantau penggunaan perangkat, memblokir akses terhadap fitur tertentu pada game, mengatur screen time bagi anak, serta membantu membentuk kebiasaan berselancar dengan aman di dunia maya.

 

3 Rekomendasi Aplikasi yang Bisa Digunakan

Yuk, Kenali Parental Control Buat Si Kecil yang Doyan Main Gadget!

Credit Image - techcult.com

Saat ini, sudah ada banyak aplikasi parental control yang bisa kamu gunakan, moms. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut ini di antaranya.

1. Qustudio

Qustodio adalah salah satu aplikasi parental control di android yang memiliki fitur lengkap. Selain di ponsel, Qustodio juga dapat digunakan pada komputer, laptop, atau tablet. Aplikasi parental control ini juga dilengkapi dengan fitur pelacak pada wilayah terbatas, sehingga orangtua dapat mengetahui lokasi anak. Bahkan, ada banyak aplikasi yang dapat diatur dan dibatasi dengan menggunakan Qustodio, lho.

Selain itu, kamu juga dapat membatasi waktu penggunaan ponsel atau game yang dapat anak mainkan. Aplikasi ini pun memungkinkanmu memeriksa dan menyaring berbagai panggilan dan pesan yang masuk pada ponsel anak.

 

2. Norton Family

Berikutnya, ada pula aplikasi Norton Family Online yang dapat kamu gunakan sebagai fitur parental control. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengawasi dan membatasi aktivitas online anak, salah satunya dengan fitur blokir akses website yang tidak sesuai.

Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini tidak membatasi jumlah perangkat yang digunakan. Tak hanya itu, Norton Family juga memungkinkan orangtua untuk screen time dan melacak riwayat atau jejak online anak, seperti melacak website apa saja yang telah dikunjunginya. Apabila terdapat hal yang mencurigakan, aplikasi Norton Family Online akan mengirimkan pemberitahuan pada perangkat yang orangtua gunakan.

 

3. Kaspersky Safe Kid

Sama halnya dengan Qustodio, Kaspersky Safe Kid juga dapat digunakan pada komputer atau tablet. Dibandingkan aplikasi parental control terbaik lainnya, Kaspersky Safe Kid memiliki harga yang paling murah dengan kualitas yang bersaing.

Aplikasi yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur melacak lokasi ponsel anak dan memungkinkan orangtua untuk mengetahui riwayat pencarian di YouTube serta membaca pesan yang ada di ponsel anak.

Tak bisa dipungkiri, menggunakan fitur parental control juga disebut sebagai salah satu upaya untuk memaksimalkan proses tumbuh kembang anak. Dengan waktu penggunaan gadget yang tepat, maka perkembangan Si Kecil pun tidak terganggu, moms.

Namun yang tidak kalah pentingnya, agar proses tumbuh kembang Si Kecil dapat berjalan maksimal, pastikan kamu sudah memberikan asupan vitamin yang cukup, ya.

Selain dari buah dan sayuran, kebutuhan vitamin juga dapat dipenuhi dengan memberikan multivitamin anak yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho. Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Jadi, apakah moms tertarik menggunakan fitur parental control? Dengan aplikasi ini, kamu bisa membantu mengontrol penggunaan internet anak, sehingga ia terhindar dari konten yang tak sesuai usianya, lho. Selamat mencoba, ya!

 

 

Featured Image - mymilk.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!