Salah satu hal yang paling menunjang pekerjaan adalah motivasi kerja seseorang. Seiring dengan berjalannya waktu seorang karyawan bisa saja mengalami penurunan dalam menemukan motivasi kerjanya. Berbagai masalah mungkin saja muncul dan memicu terjadinya hal tersebut. Ketika motivasi kerja sudah berkurang, tentu akan berpengaruh pada hasil kerja karyawan tersebut.

Jika saat ini kamu sedang merasakan hal yang sama, ini dia hal- hal yang bisa mengurangi motivasi kerja dan cara mengatasinya.

1. Tidak ada perkembangan

Credit: Ekonomi Kompas

Dalam menjalani sebuah pekerjaan, tentu saja kamu tidak ingin stuck pada suatu keadaan. Tapi kamu terkadang merasa bahwa apa yang kamu dapat tidak sebanding dengan apa yang kamu kerjakan untuk perusahaan. Cobalah untuk menyampaikan ide serta gagasan dengan cara yang lebih menarik dan berusaha untuk menunjukkan bahwa kamu memang pantas mendapatkan hal yang lebih dari perusahaan.

2. Ketidakpercayaan pada pimpinan perusahaan

Credit: Liputan6

Seberapa kamu mengenal dan menyukai pimpinan perusahaan, bukanlah hal yang penting. Namun, disisi lain, justru kepercayaan tentang kompeten atau tidaknya seorang pemimpin perusahaan lah yang dapat berpengaruh pada motivasi kerja. Ketika kehilangan kepercayaan terhadap perusahaan, maka loyalitas karyawan mulai diuji dan timbul rasa ragu.

Untuk mengembalikan motivasi kerjamu, cobalah untuk lebih mengenal pimpinan perusahaan. Setiap pimpinan mungkin memiliki karakter yang berbeda- beda. Ketika seorang pimpinan tidak bisa menularkan motivasi pada karyawannya, ini bukan berarti pemimpin tersebut tidak memiliki hal positif yang membuatnya pantas menjadi seorang pimpinan.

3. Komunikasi yang buruk dengan atasan

Credit: Klikdokter

Informasi yang kurang tersampaikan pada karyawan akan memicu penurunan motivasi kerja karyawan. Terutama jika karyawan tidak memiliki akses komunikasi yang cukup dengan atasan. Meskipun terasa sulit untuk menjaga komunikasi yang baik dengan atasan, cobalah untuk menjaga komunikasi yang baik dengan rekan kerja lainnya. Karena rekan kerja juga bisa menambahkan motivasi kerjamu, dan kamu bisa berbagi tentang berbagai hal mengenai pekerjaan.

4. Lingkungan kerja tidak nyaman

Credit: Suara Merdeka

Ketika komunikasi dan pergaulan dengan rekan kerja tidak berjalan dengan baik, tentu saja kamu tidak merasa nyaman. Kenyamanan lingkungan kerja ini sangat berpengaruh pada motivasi kerja karyawan. Ketika kamu merasa tidak nyaman, maka motivasi kerja dapat menurun dan kamu juga merasa malas.

Untuk memulai memperbaiki lingkungan kerja yang sudah terlanjur tidak nyaman adalah dengan memperbaiki komunikasi dengan rekan kerja. Setiap perubahan akan lebih mudah jika memulainya dari diri sendiri.

5. Bosan

Credit: Cermati.com

Rasa bosan sebagai penyebab menurunkan motivasi kerja adalah hal yang paling sulit untuk diatasi. Alasan yang satu ini memang timbul dari diri sendiri, sehingga kamu yang harus mengetahui bagaimana cara mengatasi hal ini. Jika kamu sedang merasakan hal ini, cobalah untuk melakukan hal- hal baru yang kamu sukai agar rasa bosan tersebut dapat teratasi dan motivasi kerjamu pun kembali.

 

Featured Image - The Ladders