Dengan semakin banyaknya kebutuhan dan pengeluaran, membuat banyak orang mulai mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan. Salah satu cara yang cukup banyak menjadi pilihan adalah dengan memulai bisnis sampingan selain bekerja full time  di kantor.

Jika kamu juga berpikir demikan dan ingin mendapatkan kerja sampingan, ini dia langkah- langkah terbaik yang bisa dilakukan sebelum memulainya.

1. Miliki komitmen

Credit: Fimela

Jika kamu berpikir untuk menjalankan bisnis atau kerja sampingan dan mendapat penghasilan tambahan, maka kamu harus memahami bahwa akan ada tambahan waktu kerja yang harus dikerjakan setiap harinya. Miliki komitmen untuk menjalani tambahan waktu kerja tersebut dengan membuat daftar kegiatan yang harus dilakukan. Tulis pada agenda harian tentang berapa jam yang perlu kamu sisihkan setiap harinya untuk melakukan kerja sampingan.

2. Lakukan bisnis sesuai dengan minat

Credit: Liputan6

Bisnis yang sedang kamu jalani tidak dapat berjalan dengan optimal, jika kamu sendiri tidak terlalu suka dalam menjalaninya. Oleh karena itu, pilihlah sebuah bisnis yang benar- benar kamu suka dan berminat untuk menjalankannya.

Jika kamu suka masak, maka kamu bisa menjalankan bisnis kuliner di rumahmu. Atau kalau kamu suka mengajar anak- anak, maka tidak ada salahnya untuk membuka kursus privat. Bisnis yang dijalankan dengan sepenuh hati dapat memberikan hasil yang optimal.

3. Jangan ragu bekerja sama dengan orang lain

Credit: Liputan6

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing- masing, kamu tidak memaksakan seseorang menjadi pribadi yang berbeda dalam menjalankan usaha. Jika kamu termasuk orang yang ahli di bidang penjualan, tetapi tidak memiliki modal yang cukup, maka kamu bisa bekerja sama dengan rekanmu yang memiliki modal, untuk memasarkan produk atau layanan yang mereka miliki. Fokuslah pada kekuatan dan ajak orang lain bekerja sama di bidang yang menjadi kelemahan kamu.

4. Minta feedback dari konsumen

Credit: thriveglobal.com

Bisnis sampingan yang kamu jalani pasti membutuhkan konsumen agar bisa bertahan dan terus bertumbuh di masa depan. Mintalah feedback tentang produk atau layanan yang kamu berikan, karena hal ini bisa bermanfaat untuk memperbaiki usaha yang kamu jalani.

Selain itu, feedback yang diberikan juga sangat berguna untuk memastikan bahwa kamu sudah memberikan sesuatu yang benar- benar diinginkan para pelanggan.

5. Jangan lupakan pekerjaan utama kamu di kantor

Credit: Jurnal.id

Kerja sampingan yang kamu jalani meemang mengharuskan kamu menyisihkan lebih banyak waktu untuk bekerja mengurusi pekerjaan utama dan juga bisnis yang ada. Meskipun kamu sudah memiliki pekerjaan sampingan, jangan lupa dengan pekerjaan utamamu saat ini.

Selain itu, hindari menggunakan sumber daya perusahaan untuk menjalankan bisnis sampingan yang dimiliki seperti komputer, software, mesin fotokopi, dan lain sebagainya.

 

Featured Image - 99.co