Siapa di sini yang kerap berencana untuk aktivitas yang terlalu padat.

Padahal, rutin berolahraga, meskipun yang ringan sekalipun dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, lho. Selain itu, aktivitas fisik juga bisa membuat suasana hati lebih baik – dan menimbulkan perasaan bahagia.

Nah, untuk kamu yang masih malas untuk mulai berolahraga, berikut ini ada 5 gerakan sederhana yang dapat dilakukan sebagai permulaan, bahkan bisa dilakukan di tempat tidur saja, lho. Penasaran, apa saja sih gerakan tersebut?

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Glute Bridge

Credit Image - stylist.co.uk

Malas bangun dari kasur, namun tetap ingin berolahraga? Tenang, kamu bisa melakukan gerakan yang satu ini, nih! Dilansir dari Healthline, gerakan glute bridge merupakan latihan yang menargetkan bisep femoris – atau otot paha yang terletak di posterior atau belakang.

Selain itu, latihan glute bridge juga menargetkan bagian otot lainnya, seperti semitendinosus (satu dari tiga otot yang membentuk kelompok otot paha belakang), gracilis (otot paling dangkal di sisi medial paha), gluteus maximus (otot terkuat di tubuh yang terletak di bokong), dan gluteus medius (otot fungsional yang membantu gerakan pinggul).

Untuk melakukan gerakan ini, berbaringlah telentang dengan lutut ditekuk dan kaki rata di permukaan kasur. Lalu, angkat pinggul ke atas, tarik napas, dan perlahan turunkan tubuh kembali. Lakukan sebanyak 15-20 repetisi.

 

#2 – Leg Raise

Selanjutnya, ada gerakan leg raise yang patut kamu coba, lho. Gerakan yang satu ini merupakan jenis latihan yang menargetkan otot perut bagian atas, serta bawah. Selain itu, leg raise juga dapat meningkatkan fleksibilitas di seluruh ekstensor belakang dan fleksor pinggul.

Untuk melakukannya, awali dengan berbaring telentang, letakkan tangan di bawah bokong, dan naikkan kaki hingga lurus di udara. Kemudian, turunkan kaki kanan hingga hampir menyentuh kasur, lalu kembalilah ke posisi awal. Ganti dengan kaki kiri. Ulangi sekitar 20-30 repetisi.

Meski terlihat mudah, tapi jangan sampai tertipu. Kalau dilakukan dengan benar dan aman, latihan yang satu ini bakal lebih sulit untuk dilakukan, lho. Sebab, leg raise menargetkan otot perut bagian bawah yang sulit dijangkau!

 

#3 – Lateral Leg Lift

Credit Image - healthline.com

Sebenarnya, lateral leg lift hampir mirip dengan side leg raise. Melansir Victorem Gear, latihan yang satu ini akan menggunakan otot-otot di pinggul untuk mengangkat kaki ke samping. Fungsinya untuk memperkuat inti, glutes, dan pinggul, ya.

Kamu tertarik untuk melakukannya? Nah, pertama-tama, berbaringlah di salah satu sisi tubuh dengan tangan menopang kepala dan salah satu lutut ditekuk. Lalu, angkat kaki ke atas, turunkan hingga hampir menyentuh kasur, dan angkat kembali. Lakukan 20-30 repetisi di satu sisi tubuh, kemudian bergantian dengan sisi lainnya. Tak sulit untuk dilakukan, kok!

 

#4 – Plank

Masih banyak yang mengira bahwa plank hanya dapat dilakukan di permukaan rata – dan juga keras seperti lantai. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Ternyata, gerakan ini juga bisa kamu lakukan di atas kasur, lho. Cocok ya untuk kamu yang sedang malas?

Plank sangat baik dilakukan secara rutin, sebab gerakan ini termasuk dalam full body exerciseplank menargetkan otot-otot tubuh bagian atas, bawah, dan inti sekaligus. Caranya, lakukan posisi plank dengan siku menempel di permukaan kasur. Tahan tubuh selama 30-60 detik. Plank di atas permukaan lembut seperti kasur lebih menantang bagi inti tubuh, terlebih untuk pemula.

 

#5 – Bicycle Crunch

Credit Image - inshape.com

Yang terakhir, ada juga gerakan bicycle crunch yang menargetkan otot rektus abdominus, pinggul, dan obliques, dilansir The Fit and Food Connection. Dengan mengangkat kaki, kamu sudah mengaktifkan transversus abdominis – atau yang dikenal sebagai deep abs.

Mulailah dengan berbaring telentang, letakkan kedua tangan di belakang kepala, dan tahan lutut di udara. Lalu, gerakkan lutut kanan ke arah dada dan kaki kiri lurus ke depan. Tahan beberapa detik, lalu ganti posisi kaki. Lakukan minimal 15 repetisi untuk masing-masing kaki.

Yang pasti, agar kegiatan kegiatan olahraga semakin maksimal, pastinya kamu mesti menjaga stamina dan energi tubuh – sehingga, aktivitas fisik bisa dilakukan dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan memenuhi kebutuhan vitamin harian, lho.

Tak hanya dari sumber makanan, vitamin juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu ya!

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Nah, itulah kelima gerakan olahraga sederhana, cocok bagi yang sedang mager, bahkan bisa dilakukan di atas kasur, lho! Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

 

 

Featured Image - wellandgood.com