Hindari Postur Tubuh Bungkuk pada Anak, Perhatikan 5 Hal Ini Ya

Hindari Postur Tubuh Bungkuk pada Anak, Perhatikan 5 Hal Ini Ya

font size A Ǎ

Moms, dalam pertumbuhan Si Kecil tentunya ada berbagai faktor yang dapat menentukan, apakah postur tubuh anak sudah ideal – atau justru belum? Beragam faktor tersebut dapat datang dari makanan yang dikonsumsi, berat badan, kurangnya olahraga, hingga beban yang sering dibawa oleh tubuh anak.

Semakin besar, maka semakin terlihat pula bagaimana cara berjalan Si Kecil. Kalau kamu menyadari bahwa dirinya agak bungkuk, wah hal ini tidak boleh dianggap sepele, moms! Pasalnya, postur tubuh yang bungkuk dapat memengaruhi kondisi kesehatan anak, lho.

Kalau kamu merasa anak memiliki potensi postur tubuh yang bungkuk, nah ada baiknya segera ditangani dengan cepat, ya. Dikutip dari Livestrong, ada lima hal yang perlu diperhatikan orangtua untuk memperbaiki postur tubuh anak yang bungkuk.

Penasaran, apa saja hal yang disarankan tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

 

1. Memeriksa Postur Skoliosis Anak

Hindari Postur Tubuh Bungkuk pada Anak, Perhatikan 5 Hal Ini Ya

Credit Image - cnnindonesia.com

Hal pertama yang perlu moms perhatikan, yaitu memeriksa postur skoliosis Si Kecil, ya. Postur tubuh yang bungkuk bisa jadi disebabkan oleh skoliosis, lho. Ini merupakan kelengkungan tulang belakang yang terjadi dari sisi satu ke sisi yang lain dan berbeda dengan kelengkungan normal. Serta, berlangsung dari depan ke belakang. Jika kelengkungannnya masih dalam derajat yang kecil, tak perlu menjalani operasi.

Kalau kamu mendapati anak memiliki satu bahu yang lebih tinggi – atau melihat pakaiannya ketika digunakan tidak rata, maka ada kemungkinan Si Kecil mengalami gangguan dengan tulangnya, nih. Kalau sudah begini, pastikan moms segera memeriksakan kondisi postur tubuh anak, sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

 

2. Tas Ransel yang Terlalu Berat

Salah satu penyebab postur tubuh anak yang bungkuk adalah penggunaan tas ransel. Terlebih, sekarang proses belajar tatap muka sudah mulai dilakukan kembali – dan anak pun harus membawa buku pelajaran setiap harinya. Tak jarang, hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa tulang belakang., lho.

Seorang guru olahraga dari Boston Children’s Hospital, Pierre dHemecourt menuturkan bahwa anak yang secara teratur membawa beban berat akan cenderung membuat badannya membungkuk. Jika dirasa bawaannya terlalu berat, segera buat rencana baru untuk meringankan isi tas Si Kecil, moms.

 

3. Memberikan Kursi dan Meja yang Tepat

Hindari Postur Tubuh Bungkuk pada Anak, Perhatikan 5 Hal Ini Ya

Credit Image - fabelio.com

Berikutnya, hal yang perlu moms perhatikan untuk menghindari postur tubuh bungkuk pada anak, yaitu memberikannya kursi dan meja yang tepat. Posisi duduk anak ketika belajar, tentunya bisa memengaruhi postur tubuhnya, ya.

Ketika ingin memberikan meja belajar pada Si Kecil, pastikan moms memberikan ukuran yang tepat. Seperti, sebuah kursi harus memiliki tinggi yang tepat agar ia bisa duduk dengan tegak. Selain itu, posisi kaki yang baik adalah saat lutut membentuk sudut 90 derajat dan kaki mendatar di lantai. Meja yang ukurannya pas, sehingga anak tak perlu membungkuk saat sedang membaca atau menulis. 

 

4. Ajak Anak Berolahraga

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja, namun rutin mengajak anak untuk berolahraga juga berperan penting dalam membentuk, sekaligus bisa membantu memperbaiki postur tubuh anak, termasuk yang membungkuk, lho.

Olahraga bisa membantu fisik anak berkembang lebih baik lagi, moms. Ada pun salah satu olahraga yang cocok buat Si Kecil yang cenderung memiliki postur tubuh membungkuk, yakni berenang. Aktivitas fisik yang satu ini bisa melatih semua bagian tubuh atas anak – yang akan membantu mengembangkan otot, tanpa harus merusak sendi.

 

5. Beri Latihan di Rumah

Hindari Postur Tubuh Bungkuk pada Anak, Perhatikan 5 Hal Ini Ya

Credit Image - alodokter.com

Anak memiliki postur tubuh yang cenderung membungkuk? Nah, selain berolahraga, moms bisa melakukan beberapa latihan di rumah juga, ya. Misalnya, meminta anak untuk berjalan di jalur lurus, sembari menaruh buku di atas kepalanya.

Kepala anak diharuskan untuk agak terangkat, bahu ke belakang dan perut dalam posisi yang benar. Lalu, ingatkan anak untuk duduk dengan posisi yang benar jika sudah terlihat anak membungkuk. Dengan latihan yang rajin, anak bisa terbiasa untuk tegap sehingga bungkuk tak perlu jadi masalah di kemudian hari.

Nah, memastikan anak memiliki postur tubuh yang baik memang penting buat perkembangannya, moms. Namun, yang tak kalah pentingnya dalam mendukung tumbuh kembang Si Kecil adalah memberikan asupan nutrisi yang lengkap, sehingga daya tahannya dapat terjaga, sekaligus punya energi yang cukup.

Dalam hal ini, kamu disarankan untuk memberikan makanan sehat, seperti buah dan sayur yang bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi. Sebagai pelengkap, moms dapat memberikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk Si Kecil. Namun, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Jadi, itulah kelima tips yang bisa moms lakukan untuk menghindari postur tubuh membungkuk pada Si Kecil. Yuk, diterapkan!

 

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!