Tahukah kamu bahwa menerapkan pola makan berdasarkan konsep pedoman gizi seimbang merupakan hal yang penting? Bukan tanpa alasan, aturan makan tersebut dapat memberikan energi ketika sedang beraktivitas.

Sayangnya, masih banyak yang menyepelekan pedoman gizi seimbang, nih. Padahal, melewatkan asupan makanan yang lengkap – dan pastinya bernutrisi tinggi dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, lho.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi, diperlukan berbagai makanan yang mengandung nutrisi dari masing-masing kelompok makanan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral.

Yang pasti, dalam pedoman gizi seimbang, kamu dianjurkan membatasi asupan makanan tinggi lemak jenuh, garam yang bisa menyebabkan kolesterol, serta gula tambahan. Jadi, kira-kira, apa saja jenis makanan yang memenuhi kriteria pedoman gizi seimbang?

Berikut ini ada 5 rekomendasi jenis makanan yang bisa dikonsumsi. Yuk, simak sampai habis, Enervoners!

 

 

#1 – Sayur-Sayuran

Credit Image - foxnews.com

Dalam pedoman gizi seimbang, kamu disarankan untuk mengonsumsi sumber serat, seperti sayur setiap harinya. Pada dasarnya, hampir semua jenis sayur kaya akan vitamin dan mineral, ya. Kandungan tersebut berperan penting untuk membantu metabolisme tubuh, serta membantu mengoptimalkan fungsi tubuh.

Kamu dianjurkan mengonsumsi sayur, yaitu 3 sampai 4 porsi dalam satu kali makan, ya. Sementara itu, porsi buah disarankan dikonsumsi sebanyak 2-3 porsi dalam satu hari. Misalnya, kamu bisa mengonsumsi 2 ½ cangkir sayuran per hari, termasuk sayuran berdaun gelap, oranye, dan sayuran merah serta produk berwarna gelap lainnya. Contoh satu porsi adalah 1 cangkir sayuran berdaun atau 1/2 cangkir sayuran baik mentah atau dimasak.

Tambahkan air perasan lemon, cuka, atau rempah-rempah bebas sodium untuk menambah rasa tanpa penggunaan lemak atau natrium.

 

# 2 – Buah-Buahan

Rutin mengonsumsi buah-buahan memang penting sebagai sumber serat – sama dengan sayuran. Dalam pedoman gizi seimbang, kamu dianjurkan mengonsumsi buah-buahan sekitar dua porsi setiap harinya. Misalnya, Satu porsi buah adalah 1/2 cangkir buah segar, 1/4 cangkir buah kering atau 1/2 cangkir jus buah asli.

Atau, bisa juga memilih makan satu mangkok apel potong segar, kemudian di siang hari memakan jenis buah lainnya, dan malamnya ditutup dengan satu mangkok salad buah. Yang penting, pilihlah buah segar yang tidak memiliki pemanis tambahan, seperti buah beri, apel, dan juga pisang.

 

#3 – Biji-Bijian Utuh

Credit Image - sehatq.com

Selanjutnya, ada pula biji-bijian utuh yang berperan sebagai makanan pokok. Normalnya, porsi makanan pokok yang dianjurkan, yaitu 3 sampai 4 porsi dalam satu hari. Jenis makanan yang bisa dipilih pun beragam, lho, mulai dari nasi, singkong, jagung, serta umbi-umbian lainnya.

Nah, dalam hal ini kamu dianjurkan rutin mengonsumsi biji-bijian utuh, ya. Proses pemurnian pada biji olahan menghilangkan nutrisi sehingga biji utuh menjadi pilihan yang lebih baik. Enam porsi produk biji-bijian direkomendasikan per hari untuk dikonsumsi.

Selain itu, biji-bijian utuh mengandung serat tinggi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan serat, sekaligus menjadi sumber makanan pokok untuk memberikan energi bagi tubuh.

 

#4 – Protein

Harus diketahui nih, protein merupakan zat pembangun yang penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu, protein juga bisa menjadi sumber energi yang dapat menghasilkan sekitar 4kkal dari 1 gram protein. Dengan demikian, dalam penerapan pedoman gizi seimbang, nutrisi yang satu ini tidak boleh dilewatkan!

Saat ini, ada beragam sumber protein yang dapat diperoleh, baik protein hewani – seperti ikan dan ayam, serta sumber protein nabati. Artinya, kamu bisa mengonsumsi berbagai sumber makanan protein sebagai variasi, namun tetap memenuhi anjurkan pedoman gizi seimbang.

Misalnya, kalau kamu alergi susu, maka bisa mengganti sumber protein tersebut dengan ikan. Begitu pun sebaliknya, jika memiliki alergi terhadap seafood, sumber protein masih bisa didapatkan lewat berbagai pilihan makanan lainnya.

Untuk porsi protein yang disarankan, yaitu 2 sampai 4 porsi setiap harinya. Dalam hal ini, kamu bisa membagi tiga porsi protein ketika sarapan, makan siang, dan makan malam.

Yang perlu diketahui, pastikan kamu fokus terhadap sumber protein tanpa lemak, seperti dada ayam, tahu, ikan, kacang, dan telur. Untuk pembagiannya, kamu bisa mengonsumsi 5,5 ons protein dalam satu hari. Satu butir telur, 1 sendok makan selai kacang, 1/4 cangkir kacang atau 1 ons daging dihitung sebagai satu ons protein.

Sebagai camilan, sertakan makanan kaya protein untuk membuat kamu kenyang seperti selai kacang dengan apel atau keju rendah lemak dengan gandum.

 

#5 – Susu Rendah Lemak

Credit Image - orami.co.id

Yang terakhir, ada pula sumber protein lainnya, yakni susu rendah lemak. Dalam penerapan konsep makan pedoman gizi seimbang – kamu bisa meminum susu rendah lemak secara rutin, sebagai pelengkap, ya.

Tak harus susu murni, kok. Tapi, masih ada pilihan produk kaya akan susu lainnya yang bisa dipilih, seperti yogurt rendah lemak, susu skim, atau susu rendah lemak dan keju rendah lemak.  Produk-produk susu kaya akan kalium, vitamin D, protein dan kalsium yang penting untuk kesehatan optimal. Dan ingat, tetap batasi produk susu tinggi lemak, seperti es krim!

Menerapkan anjuran pedoman gizi seimbang memang penting, ya. namun, yang tidak kalah pentingnya, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin setiap harinya, termasuk dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang punya kandungan lengkap. Dalam hal ini, kamu direkomendasikan minum suplemen dari Enervon, lho.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra – terutama buatmu yang harus bekerja di luar rumah.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah tahu ya 5 jenis makanan yang dapat membantu penuhi pedoman gizi seimbang. Tunggu apa lagi? Sudah saatnya kamu mulai memerhatikan asupan makanan agar kesehatan pun semakin terjaga!

 

 

Featured Image - blog.snapkitchen.com