Perlu diketahui, memberikan camilan, atau snack sehat untuk anak perlu diterapkan, bahkan hal ini memenuhi gizi anak diperoleh dari camilan. Selain itu, memberikan snack juga dapat membuat Si Kecil lebih semangat – dan pastinya tetap berenergi ketika beraktivitas.

Mungkin saja, anak-anak tidak makan banyak dalam satu waktu, mengingat perut yang masih berukuran kecil, tetapi frekuensi makannya biasanya lebih sering. Jadi, memberikan camilan sehat diperlukan, apalagi hal ini juga berperan dalam membantu tumbuh kembangnya.

Umumnya, anak akan mengonsumsi camilan di pagi – yakni, beberapa jam setelah sarapan, atau sebelum waktu makan siang. Sementara itu, anak juga bisa memakan camilan di sore hari, sebelum makan malam.

Agar pemberian camilan bisa dilakukan dengan tepat, sebaiknya pilihlah sejumlah makanan sehat – yang juga kaya akan gizi. Berikut ini 6 rekomendasi camilan yang bisa diberikan kepada Si Kecil.

Simak selengkapnya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Buah dan Sayuran

Credit Image - health.detik.com

Buah merupakan camilan yang populer baik untuk anak-anak, maupun orangtua, ya. Camilan sehat yang satu ini dapat diberikan secara utuh dalam bentuk potongan, atau bisa juga diolah sesuai dengan berbagai resep camilan yang kamu miliki.

Selain itu, orangtua juga bisa memberikan sayuran sebagai camilan sehat, lho. Sayangnya, kebanyakan sayuran dianggap tidak menarik – bahkan, tidak disukai oleh Si Kecil. Untuk itu, cobalah mengolahnya menjadi lebih menarik, seperti dijadikan salad sayur.

Salad sayur dapat terdiri dari sayuran hijau, jagung, jamur, wortel, dan berbagai sayuran pilihan lainnya. Yang penting, cari tahu jenis sayuran yang disukai anak, sehingga ia tidak malas untuk mengonsumsi makanan tersebut.

Dan pastikan selalu mengolah sayuran dengan dicuci terlebih dahulu, serta dimasak sampai matang, ya!

 

#2 – Ubi

Tahukah kamu bahwa ubi memiliki kandungan karbohidrat yang tidak jauh berbeda dengan kentang? Nah, kamu bisa mengolah ubi sebagai salah satu pilihan camilan sehat buat Si Kecil, nih. Baik dengan dikukus, maupun digoreng, keduanya sama nikmatnya, kok!

Sama halnya seperti kentang goreng yang menjadi favorit anak-anak, olahan ubi goreng juga tidak kalah enaknya. Apalagi, kalau disantap dengan saus tomat, maupun saus sambal. Dijamin, anak pun ketagihan dengan camilan sehat yang satu ini.

 

#3 – Homemade Pizza

Credit Image - thebakeanista.com

Di akhir pekan, kamu juga bisa mengajak anak untuk membuat homemade pizza di rumah. Kegiatan yang satu ini dapat mengusir rasa bosan, mengingat selama pandemi, kamu disarankan untuk di rumah saja – demi menghindari penularan virus corona.

Nah, pizza dapat dijadikan sebagai camilan sehat untuk anak, lho. Kamu bisa mengajak anak membuat pizza dalam versi yang lebih sehat, yaitu mengolahnya dari roti pita gandum utuh. Kemudian, olesi pizza dengan saus, keju rendah lemak, dan tambahkan sayuran lezat favorit anak.

Makanan yang satu ini cocok dikonsumsi sebagai camilan di pagi, maupun sore hari, lho!

 

#4 – Popcorn

Popcorn merupakan camilan yang terbuat dari jagung – dan pastinya, sudah tak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Selain nikmat, popcorn kaya akan kandungan karbohidrat, serat, dan protein yang baik untuk proses tumbuh kembang Si kecil.

Jika ingin menghasilkan popcorn yang lebih sehat, sebaiknya ganti mentega dengan minyak zaitun untuk menambahkan rasa gurih, ya. Lalu, masaklah popcorn di atas kompor, bukan menggunakan microwave. Dan, tambahkan dengan bahan-bahan lainnya, seperti lada, bawang putih, kayu manis, dan lain sebagainya.

Atau, bisa juga menambahkan beberapa potongan sayuran – atau buah kering ke dalam popcorn agar lebih sehat, karena buah kaya akan serat. Selain lebih bergizi, tampilan popcorn kreasi sendiri akan jauh lebih cantik karena warna yang menarik.

 

#5 – Yogurt

Credit Image - orami.co.id

Yogurt merupakan camilan sehat yang juga baik untuk Si Kecil. Produk olahan susu ini adalah sumber yang baik untuk protein dan juga kalsium. Di usia sekolah, kalsium sangat dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhan tulangnya.

Bahkan, manfaat kesehatan lain dari snack sehat ini adalah kandungan bakteri baik di dalam yoghurt. Pasalnya, bakteri baik berguna untuk mendukung sistem metabolisme di dalam tubuh anak. Sayangnya, yoghurt yang biasanya dijual untuk anak-anak sebagian besar masih mengandung banyak gula. Untuk itu, sebaiknya pilihkan yoghurt yang rendah gula untuk anak, ya.

 

#6 – Oatmeal

Makanan yang satu ini tidak hanya cocok dijadikan sebagai sarapan saja, namun bisa diolah menjadi camilan sehat buat Si Kecil, lho. Sebab, oat memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga jumlah bakteri baik di dalam saluran pencernaan meningkat.

Hal tersebut tentu baik untuk melancarkan pencernaan anak. Jika kamu ingin memberikan camilan ini untuk anak sebaiknya pilih yang tidak memiliki kandungan gula terlalu tinggi, ya. Dan, agar oatmeal tidak terasa hambar, tambahkan bahan-bahan lainnya, seperti buah apel, atau satu sendok bubuk kayu manis. Selain itu, kamu juga bisa membuat oatmeal menggunakan susu agar camilan sehat untuk anak mengandung lebih banyak nutrisi.

 

Nah, itulah keenam rekomendasi camilan sehat yang bisa diberikan kepada anak, termasuk di akhir pekan. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

 

 

Featured Image - redbookmag.com