Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mencegah paparan virus corona, salah satu yang paling penting, yaitu menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik. Untuk mendapatkannya, mendapatkan asupan vitamin, terutama vitamin C sangat disarankan. Bagi tubuh, vitamin C bisa mendukung imunitas dalam melawan beragam jenis penyakit, termasuk Covid-19.

Tapi, tak hanya soal rutin mengonsumsi vitamin C, baik dari sumber makanan, maupun suplemen saja, namun menjaga kebersihan juga penting. Pastikan sudah rutin mencuci tangan, menerapkan etika batuk dan bersin, serta menggunakan masker ketika bepergian.

Masih berbicara soal Covid-19, di sini vitamin C berperan penting dalam melawan virus maupun bakteri yang menyerang tubuh. Jadi, rutinlah mendapatkan asupan vitamin yang satu ini!

 

 

Manfaat Vitamin C Untuk Cegah Covid-19

Credit Image - medicalnewstoday.com

Sebenarnya, setiap penyakit yang masuk disebabkan oleh sistem kekebalan yang melemah. Hal tersebut dapat dipicu karena kekurangan vitamin C, bahkan ini menjadi alasan utama mengapa seseorang mudah sakit. Umumnya, vitamin C digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam mencegah infeksi penyakit apapun, termasuk virus corona.

Vitamin C berperan untuk meningkatkan kinerja sel natural killer – yang akan mencari dan membunuh sel kanker, atau sel lainnya yang bisa membahayakan tubuh. Selain itu, vitamin C juga berfungsi mendukung kerja neutrofil, sel pertama dari sistem kekebalan tubuh yang merespons dengan cara menyerang bakteri atau virus.

Kemudian, vitamin C akan membantu meningkatkan kinerja limfosit dalam melacak virus dan bakteri yang bisa mengancam kesehatan tubuh. Limfosit sendiri merupakan adalah sel darah putih yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini juga sangat ampuh dalam membentuk antibodi yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Manfaat Penting Lainnya dari Vitamin C

Credit Image - hipwee.com

Tak hanya dapat menghindari tubuh dari risiko Covid-19, vitamin C juga berperan penting mencegah dampak buruk lainnya – yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Berikut ini 3 manfaat lain yang perlu diketahui.

1. Membantu penyembuhan flu, pilek, dan batuk

Vitamin C dapat mendukung penyembuhan batuk pilek dan flu dengan mencegah komplikasi serius. Dalam beberapa kasus, batuk pilek dan flu biasa dapat berkembang menjadi pneumonia dan infeksi paru-paru. Namun, vitamin C bisa menurunkan risiko pengembangan gejala penyakit tersebut.

 

2. Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak

Sebuah rahasia umum bahwa vitamin C dapat menyehatkan kulit. Tidak cuma untuk kesehatan kulit, vitamin C juga dapat memperbaiki jaringan yang rusak. Misalnya, berperan dalam penyembuhan luka. Di samping itu, kandungan vitamin tersebut dapat merawat kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi.

 

3. Menangkal radikal bebas

Vitamin C mengandung antioksidan yang mampu menangkal dampak buruk radikal bebas. Terutama untuk orang yang tinggal di perkotaan, polusi asap kendaraan dan asap rokok jadi masalah utama.

Radikal bebas berkontribusi terhadap pengembangan penyakit seperti kanker, gangguan jantung, dan artritis. Maka itu, vitamin C menjadi kunci untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit secara umum. Begitu juga mencegah adanya infeksi virus corona.

 

Sumber Terbaik Vitamin C

Credit Image - iwmbuzz.com

Perlu diingat bahwa vitamin C tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Untuk itu, ada baiknya kamu mendapat asupan yang satu ini dari beragam sumber makanan, sekaligus melengkapinya dengan rutin mengonsumsi suplemen multivitamin secara rutin.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang mudah ditemukan di berbagai sumber makanan, seperti buah jeruk, berries, kiwi, pepaya, jambu biji, maupun mangga. Atau, kamu pun bisa menemukannya pada berbagai jenis sayur, seperti kale, bayam, kembang kol, brokoli, maupun kubis. Sejumlah sayur dan buah tersebut tentu sering digunakan sebagai bahan menu makanan sehari-hari, kan?

Namun, untuk memudahkanmu, sangat disarankan untuk mendapat asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen multivitamin – yang punya kandungan lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kinerja jantung, nih.

Untuk suplemen multivitamin, kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon-C dan Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Lakukan Protokol Kesehatan Secara Disiplin

Credit Image - blackpoolgazette.co.uk

Selain menjaga daya tahan tubuh, termasuk dengan rutin mengonsumsi vitamin C, optimalkan perlindungan diri dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Seperti, rutin mencuci tangan – cara ini penting dilakukan, mengingat mencuci tangan hingga bersih merupakan langkah pencegahan yang cukup efektif untuk mencegah penularan Covid-19.

Agar hasilnya maksimal, disarankan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik ya, terutama ketika sebelum memasak – atau makan, setelah menggunakan kamar mandi, dan usai menutup hidung saat batuk maupun bersin.

Kemudian, pastikan selalu menggunakan masker, terutama ketika bepergian ke luar rumah. Selama pandemi, direkomendasikan memakai masker ganda, yang terdiri dari masker medis – untuk lapisan dalam, kemudian masker kain untuk di bagian luar. Cara ini dapat memberikan perlindungan ekstra.

Menjauhi kerumunan juga termasuk dalam protokol kesehatan 5M yang penting untuk dipatuhi! Menurut Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), masyarakat diminta untuk menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah. Ingatlah bahwa semakin banyak dan sering bertemu orang, maka kemungkinan terinfeksi virus corona pun semakin tinggi.

Untuk itu, cobalah menghindari tempat yang ramai, terutama ketika sedang sakit – atau tinggal bersama anggota keluarga yang rentan, seperti lansia. Menurut riset lansia dan pengidap penyakit kronis memiliki risiko yang lebih tinggi terserang virus corona. 

Dan terakhir, cobalah untuk mengurangi mobilitas, jadi kurangi bepergian kecuali untuk urusan yang mendesak ya. Menurut Kemenkes, meski sehat dan tidak ada gejala penyakit, belum tentu dirimu pulang ke rumah dengan keadaan yang masih sama. Pasalnya, virus corona dapat menyebar dan menginfeksi seseorang dengan cepat.

 

Dari penjelasan di atas, rutin mengonsumsi vitamin C selama pandemi memang penting dilakukan, sehingga kekebalan tetap kuat untuk menghalau virus, bakteri, maupun kuman yang dapat menyerang – dan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

 

 

Featured Image - naturallynourishedrd.com

Source - hellosehat.com