Program membentuk antibodi, namun sayangnya masih banyak yang merasa ragu untuk menerima vaksinasi.

Rasa ragu, atau bahkan takut mendapatkan dosis vaksin, biasanya didasari oleh adanya efek vaksin Covid-19 yang mungkin ditimbulkan. Tapi, tak perlu khawatir, karena Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) biasanya merupakan pertanda obat dari vaksin sudah bekerja, lho.

Jadi, bisa dikatakan bahwa efek vaksin Covid-19 termasuk hal yang positif, karena vaksin yang masuk ke dalam tubuh sedang bekerja, serta melakukan penyesuaian diri, sehingga antibodi bisa terbentuk secara maksimal.

Untuk meminimalisir efek vaksin Covid-19 yang mungkin terjadi, ada berbagai langkah yang kamu lakukan. Apa saja cara tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

Istirahat yang Cukup

Credit Image - femina.co.id

Mendapatkan istirahat yang cukup, baik sebelum dan sesudah vaksin akan membuat tubuhmu menjadi lebih bugar, lho. Dengan kondisi yang sudah fit, maka hal ini akan meminimalisir terjadinya efek vaksin Covid-19.

Selain itu, kamu juga perlu memastikan tidak ada agenda – atau pekerjaan penting, setidaknya sampai dua hari setelah vaksin, ya. Bukan tanpa alasan, waktu tersebut dapat memberi tubuh waktu untuk beristirahat yang cukup agar mampu membentuk antibodi yang baik. Jadi, jangan sepelekan hal yang satu ini!

 

Konsumsi Banyak Air Putih

Selanjutnya, ada hal sederhana lainnya yang bisa kamu lakukan guna meminimalisir efek vaksin Covid-19, yaitu perbanyak minum air putih. Meskipun terlihat sepele, namun ini terbukti efektif untuk mencegah timbulnya gejala yang tidak diinginkan.

Untuk itu, kamu disarankan meminum air putih yang cukup, sehingga kemungkinan risiko efek vaksin Covid-19 dapat dikurangi. Minumlah air putih sejak sebelum berangkat menuju lokasi vaksin, hingga setidaknya dua hari setelah penyuntikkan.

 

Jika Nyeri, Atasi Dengan Kompres Dingin

Credit Image - hellosehat.com

Rasa nyeri, bengkak, atau pegal juga termasuk efek vaksin Covid-19 yang paling sering dialami. Apakah kamu juga mengalami reaksi yang satu ini? Jika iya, cobalah mengompresnya dengan kompres dingin untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

Cara melakukannya juga mudah, kok, yaitu tinggal gunakan handul kecil yang dicelupkan ke air dingin, kemudian ditempelkan ke lengan yang habis disuntik selama beberapa menit. Kamu bisa melakukan tips yang satu ini selama beberapa kali dalam sehari, ya.

 

Aktif Bergerak

Baik sebelum maupun sesudah vaksin, kamu memang dianjurkan untuk banyak beristirahat, termasuk mendapat waktu tidur yang cukup. Meski demikian, ini bukan berarti kamu boleh bermalas-malasan, atau tidak bergerak sama sekali, lho.

Tidak bergerak sama sekali justru akan membuat otot tubuh, apalagi lengan menjadi lebih kaku. Jika lengan terasa kaku, maka bagian tubuh tersebut pun bisa lebih mudah sakit – serta pegal akibat disuntik. Jadi, kamu direkomendasikan tetap aktif menggerakan tubuh, sehingga efek vaksin Covid-19 dapat diminimalisir.

 

Konsumsi Obat Penahan Sakit

Credit Image - health.detik.com

Sebelum divaksin, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi obat penahan sakit. Namun, menyediakannya di rumah sebagai persiapan – jika ada tanda-tanda mengalami efek vaksin Covid-19 tetap dapat dilakukan.

Misalnya, kamu bisa menyiapkan obat penahan sakit yang dijual bebas, seperti dengan kandungan parasetamol dan ibuprofen. Namun, pastikan sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan petugas kesehatan, jika obat yang sudah disiapkan sudah tepat atau belum.

 

Disarankan Tetap Mengonsumsi Suplemen

Setelah vaksinasi, kamu juga masih dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen. Adapun suplemen yang baik dikonsumsi, yaitu suplemen jenis imunomodulator. Ini merupakan jenis suplemen yang dapat membantu meningkatkan pembentukan sistem imun, atau menahan laju pembentukan sistem imun ketika tubuh merasa sudah terbentuk sistem imun dalam jumlah cukup.

Untuk suplemen yang direkomendasikan – kamu dapat konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, kamu bisa dapatkan di drug store maupun apotek terdekat di daerahmu!

 

Jadi, itulah 6 tips yang bisa membantu meminimalisir efek vaksin Covid-19. Kalau kamu sudah divaksin, pastikan tetap menjalani protokol kesehatan, dan jaga selalu sistem kekebalan tubuh agar tetap terlindungi dari paparan virus!

 

 

Featured Image - klikdokter.com