Memilih Pekerjaan Sesuai Passion Tak Sulit Kok, Lakukan 5 Tips Ini Saja!

Memilih Pekerjaan Sesuai Passion Tak Sulit Kok, Lakukan 5 Tips Ini Saja!

font size A Ǎ

Enervoners, sepertinya tidak ada yang lebih menyenangkan dibanding memiliki pekerjaan yang sesuai dengan passion. Apakah kamu setuju akan hal tersebut? Melakukan hal yang disukai memang impian dari hampir setiap orang. Dengan demikian, kamu bisa menjalani pekerjaan dengan lebih bahagia, ya.

Meski demikian, masih banyak yang merasa bingung mengenai cara menemukan pekerjaan – atau profesi yang sesuai dengan passion yang kamu miliki. Menemukan pekerjaan yang cocok bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, bahkan dibutuhkan waktu yang cukup lama, lho.

Tapi tak perlu khawatir, kali ini Enervon punya 5 tips yang bisa diterapkan biar kamu dapat segera menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu. Penasaran apa saja sih tips tersebut?

Yuk, segera simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

#1 – Gali Keahlian yang Dimiliki

Memilih Pekerjaan Sesuai Passion Tak Sulit Kok, Lakukan 5 Tips Ini Saja!

Credit Image - impactfulwriting.com

Dilansir dari Kumparan, menurut seorang ahli yang sering dirujuk untuk topik terkait passion, Robert Vallerand, ia menyebutkan bahwa passion merupakan hal yang membuat hidup menjadi lebih berharga – atau bermakna untuk dijalani. Jadi, secara singkat, passion dapat menjadi sesuatu yang kamu nikmati, dan secara alamiah membuatmu terpacu untuk unggul di bidang tersebut.

Namun, passion berbeda dengan hobi, ya. Misalnya, walau di tengah pandemi kamu tiba-tiba menjadi hobi untuk bercocok tanam, bukan berarti kamu akan segera merasa passionate untuk menggeluti dunia cocok tanam. Meski kemungkinannya masih ada, namun kamu perlu terus menggali pilihan yang ada, serta mengeksplor segala potensi.

Ingatlah, kamu bisa memiliki banyak sekali hobi. Namun, passion yang dimiliki mungkin hanya satu atau dua saja.

 

#2 – Identifikasi Permintaan Pasar Dengan Passion

Nah, kalau kamu sudah memahami passion yang dimiliki, maka kamu juga mesti mengidentifikasi permintaan pasar terhadap bidang keahlianmu tersebut. Ini bertujuan untuk “menghasilkan” sebuah jenjang karir yang mumpuni, lho. Namun, hal tersebut tentu akan berisiko, apalagi kalau pasar yang membutuhkan keahlianmu cenderung sedikit.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk memahami level kompetisi di bidang yang berakar pada passionmu. Semakin sedikit kompetisi dan saingan lain, tentu semakin besar bagi kamu untuk berjaya di bidang tersebut, kan?

Seperti, kamu sudah menyadari passion sejak kecil, misalnya menulis. Di era sekarang, karir yang membutuhkan skill menulis dapat beragam, lho. Mulai dari content writing, copywriting, technical writing, bahkan sekarang yang sedang in yakni UX writing. Kamu bisa riset sendiri bagaimana pasar membutuhkan keahlian masing-masing posisi yang membutuhkan keahlian menulis.

 

#3 – Perkuat Lagi Bakat yang Berakar dari Passion

Memilih Pekerjaan Sesuai Passion Tak Sulit Kok, Lakukan 5 Tips Ini Saja!

Credit Image - digination.id

Selanjutnya, kamu juga perlu mengingat bahwa perusahaan hanya mau membayar – atau mempekerjakan seseorang yang memang ahli, dan pastinya berkompetensi. Memiliki passion yang membuatmu merasa hidup belum lah cukup, ya. Untuk karir yang melesat tinggi, kamu juga perlu mengasah bakat – dan skill yang berakar dari passion.

Lakukan hal yang memungkinkan bagimu untuk mempertajam bakat. Misalnya, mengikuti kelas online, bergabung dengan komunitas, atau mengikuti workshop yang sudah banyak tersedia. Yang penting, kamu perlu banyak belajar agar mampu menghasilkan sesuatu dari bidang yang kamu sukai tersebut.

 

#4 – Buat Rencana

Sembari mempertajam skill dan bakat dari passion, kamu juga akan perlu merancang rencana untuk ‘terjun’ ke bidang tersebut, lho. Misalnya, kalau kamu sudah yakin bahwa ingin memasuki dunia wirausaha tanaman rumah, maka kamu perlu mengetahui cara melakukannya di kemudian hari. Apakah kamu hanya berjualan online? Atau berencana untuk membuka toko offline? Secara perlahan pertanyaan tersebut harus dituangkan dalam rencanamu.

Begitu juga dengan mengejar karir yang bertolak belakang dengan pekerjaanmu saat ini. Kalau kamu yakin untuk beralih menjadi graphic designer. Maka, cobalah merencanakan transisi karir ke bidang ini, seperti mengambil side job freelance untuk mengumpulkan portofolio.

 

#5 – Tetap Menerima Masukan

Memilih Pekerjaan Sesuai Passion Tak Sulit Kok, Lakukan 5 Tips Ini Saja!

Credit Image - hellosehat.com

Mengejar karir di passion yang kamu miliki, tentu bukanlah hal yang mudah, kan? Ada banyak sekali tantangan yang akan menghadang di depannya. Untuk itu, kamu mesti menyiapkan mental untuk menghadapi risiko dan kemungkinan-kemungkinan tersebut.

Selain itu, yang pasti, kamu juga memerlukan saran dari orang lain, seperti kritik dari teman dekat, keluarga, konsumen, atau calon klienmu. Hal ini akan sangat berharga untuk mengiringi perjalanan barumu dalam mengejar karir di passion yang dimiliki.

Dan yang tidak kalah pentingnya dalam perjalanan mencari pekerjaan sesuai passion, yaitu tetap menjaga kondisi tubuh, seperti dengan menjalani gaya hidup sehat. Selain itu, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan nutrisi harian – agar kamu memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Untuk memperolehnya, kamu direkomendasikan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active, nih.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah tahu ya cara mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion. Untukmu yang masih bergelut dalam hal ini, yuk terapkan 5 tips di atas!

 

 

Featured Image - yooreka.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!