Cara Merangsang Kecerdasan Anak Usia 1 Tahun

Cara Merangsang Kecerdasan Anak Usia 1 Tahun

TAGS : Anak
font size A Ǎ

Sejak dini, kecerdasan dan keingintahuan anak perlu diberikan stimulasi yang tepat. Hal ini dilakukan agar proses tumbuh kembang anak bisa terangsang dengan tepat. Terlebih untuk anak usia 1 tahun, dimana otaknya sedang dalam proses perkembagan. Di periode waktu ini, anak sudah mulai bisa mengekspresikan rasa ingin tahunya, sehingga menjadi lebih aktif dan senang bermain.

Berikut ini cara merangsang kecerdasan anak usia 1 tahun yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Membacakan buku cerita

Cara Merangsang Kecerdasan Anak Usia 1 Tahun

Credit: Klikdokter

Membaca buku bisa jadi salah satu cara untuk mengembangkan imajinasi dan cara berpikir anak usia 1 tahun. Kamu bisa memilih buku cerita yang memiliki banyak gambar dengan beraneka warna. Dengan begitu, anak bisa menikmati cerita yang dibacakan sambil melihat- lihat gambar yang ada.

2. Memilih mainan yang sesuai dengan usia anak

Cara Merangsang Kecerdasan Anak Usia 1 Tahun

Credit: Parenting Dream

Memasuki usia yang mulai gemar bermain, kamu juga perlu memilihkan jenis mainan yang tepat dengan usia anak. Hal ini dilakukan agar stimulasi yang diberikan dari mainan sesuai dengan kemampuan motoriknya.

Untuk anak usia 1 tahun, kamu bisa memilihkan mainan seperti mobil- mobilan atau sejenisnya. Selain itu, mainan balok dengan beragam bentuk dan warna juga cocok diberikan untuk anak usia 1 tahun. Dengan begitu, anak bisa bermain sekaligus belajar bentuk- bentuk angka dan huruf.

3. Mengajak anak bermain di luar rumah

Cara Merangsang Kecerdasan Anak Usia 1 Tahun

Credit: Mommyasia.id

Di usia 1 tahun, anak sudah mulai mengenal lingkungan sekitarnya. Selain dengan orang tua, anak sebaiknya sudah mulai dikenalkan untuk bermain dengan teman- teman seusianya. Jika di lingkungan rumahmu ada banyak anak- anak, sesekali ajaklah si kecil untuk bermain bersama di taman.

4. Menggunakan Bahasa yang tepat dan benar

Cara Merangsang Kecerdasan Anak Usia 1 Tahun

Credit: Alodokter

Anak sudah mulai banyak bicara dan mengenal berbagai kata baru di usia 1 tahun. Untuk merangsangnya agar lebih aktif berbicara, kamu perlu lebih sering mengajaknya berbicara.

Gunakan bahasa yang tepat dan benar saat berbicara dengan si kecil. Saat bermain dengan si kecil, kamu bisa mengajaknya untuk aktif berbicara. Berikan perhatian dan dengarkan dengan benar saat ia sedang bercerita. Dengan begitu, anak juga akan terbiasa untuk lebih aktif berbicara.

5. Berikan ruang kreatif untuk anak berimajinasi

Cara Merangsang Kecerdasan Anak Usia 1 Tahun

Credit: Kompas Lifestyle

Kreasi dan imajinasi anak juga sedang berkembang di usia 1 tahun. Imajinasi anak perlu dikembangkan dengan diberikan media yang tepat. Misalnya, dengan diberikan kertas gambar, serta krayon atau pensil warna. Temani anak untuk belajar menggambar dan mengekspresikan apa saja yang ada di pikirnnya.

6. Mencocokan gambar dan suara hewan

Cara Merangsang Kecerdasan Anak Usia 1 Tahun

Credit: Grid.id

Mengenal suara dan bentuk hewan menjadi salah satu aktivitas yang disukai oleh anak. Dengan mendengarkan suara hewan, anak bisa lebih mudah memahami dan mengenal jenis- jenis hewan yang ada. Kamu bisa sesekali mengajaknya bermain di kebun  binatang. Sembari berjalan- jalan, anak juga sekaligus melihat dan mengenal berbagai jenis binatang.

 

Featured Image - Hello Sehat


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!