Sebelum Berikan Kalimat Pujian pada Anak, Perhatikan 5 Hal Ini Dulu Ya

Sebelum Berikan Kalimat Pujian pada Anak, Perhatikan 5 Hal Ini Dulu Ya

font size A Ǎ

Tak bisa dipungkiri, memberikan bentuk apresiasi pada Si Kecil, salah satunya dengan kalimat pujian memang merupakan hal penting dalam penerapan pola asuh yang baik, moms. Mungkin, terkadang anak terlihat seperti “acuh” terhadap omongan yang dilontarkan orangtua, namun diketahui kalimat pujian punya efek yang besar, lho.

Bahkan, rajin menghargai usaha anak termasuk hal yang penting untuk membantu proses tumbuh kembangnya. Meski demikian, memberikan kalimat pujian juga tak boleh asal saja, moms. Ada sejumlah hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu.

Berikut ini 5 poin penting dalam memberi kalimat pujian pada anak. Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Memberi Pujian Secara Spesifik

Sebelum Berikan Kalimat Pujian pada Anak, Perhatikan 5 Hal Ini Dulu Ya

Credit Image - diadona.id

Terkadang, memberikan kalimat pujian secara spesifik lebih mungkin memberikan dampak yang besar terhadap anak, lho. Misalnya, alih-alih mengatakan “kamu anak yang baik” – disarankan kamu memberikan pujian seperti “wah, kamu sangat baik kepada anak yang jatuh di taman bermain tadi, ya”.

Menunjukkan kalimat pujian yang lebih spesifik, positif, serta didorong secara emosional akan membuat anak lebih banyak berbuat hal baik – bahkan, bisa membuat Si Kecil lebih mengembangkan perilaku dan empati terhadap orang lain.

Ini bukan berarti kamu tak boleh memuji keterampilan fisik anak, tetapi tetap jangan lupakan dukungan emosional positif – yang bisa membantu proses interaksi sosialnya.

 

#2 – Fokus Terhadap Usaha, Bukan Hasil

Memberikan kalimat pujian juga perlu difokuskan terhadap usaha anak, dibandingkan dengan hasilnya, moms. Misalnya, kamu bisa katakan bahwa usaha untuk meningkatkan keterampilannya sudah sangat baik – dan kamu bangga kepadanya.

Ketika orangtua menggunakan pernyataan yang lebih luas, anak mungkin kurang memahaminya. Selain itu, bisa jadi hal tersebut memberikan banyak tekanan pada Si Kecil, baik ketika ia berhasil – maupun gagal.

Yang terpenting, moms perlu menyampaikan kepada anak bahwa kamu memahami kerja kerasnya, bukan hanya terpaku pada hasil yang diperoleh.

 

#3 – Bantu Ia Memuji Diri Sendiri

Sebelum Berikan Kalimat Pujian pada Anak, Perhatikan 5 Hal Ini Dulu Ya

Credit Image - kompas.com

Sebagai orangtua, moms mungkin cukup sering menggunakan kata-kata, seperti “kerja yang bagus, nak. Ibu bangga padamu”, tetapi ada baiknya kamu memberikan kalimat pujian yang sedikit berbeda – misalnya, “wow! Kamu pasti bangga terhadap dirimu sendiri, ya?”.

Bukan tanpa alasan, namun kalimat pujian tersebut dapat membantu memberikan apresiasi secara internal, bukan eksternal. Hal ini yang dapat membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri Si Kecil. Perlu diketahui bahwa percaya diri merupakan poin yang penting dalam pertumbuhan anak.

Nantinya, setelah kamu mendorong anak untuk meungkapkan betapa hebat dirinya mengenai pencapaian Si Kecil, maka moms juga bisa mengatakan “Ibu juga bangga padamu!”.

 

#4 – Terkadang, Mengatakan Lebih Sedikit Punya Makna Besar

Memberikan jempol setelah anak laki-laki kamu mencetak gol dalam pertandingan sepak bola – atau sekedar memberikan tos setelah anak perempuan memenangkan perlombaan, terkadang lebih kuat daripada pujian verbal, lho. Apakah kamu sudah mengetahui hal yang satu ini?

Ya, hal tersebut pun sering terjadi pada anak – maupun remaja yang pemalu, dan biasanya tidak menginginkan semua perhatian. Gerakan kecil tersebut akan terasa lebih istimewa dan intim, karena bersifat pribadi, yaitu antara orangtua dan anak saja. Namun, kamu tetap masih bisa mengatakan "Bagus sekali!" tetapi dengan cara yang nyaman dan tidak terlalu menekan, ya.

 

#5 – Puji di Depan Orang Lain

Sebelum Berikan Kalimat Pujian pada Anak, Perhatikan 5 Hal Ini Dulu Ya

Credit Image - kompasiana.com

Yang juga tidak kalah pentingnya dalam memberikan kalimat pujian, yaitu mengapresiasi anak di depan orang lain. Biarkan ia mendengar moms memujinya dihadapan banyak orang, termasuk ketika anak sedang dalam jangkauan pendengaran. Tentu saja, ada kalanya kamu mengatakan kalimat pujian dengan bangga, kan?

Jika moms ingin melakukannya, pastikan anak pun mendengar kalimat pujian tersebut, ya. Misalnya, ketika sedang bertelepon dengan kakek dan neneknya, maka cobalah katakan “Aku sangat bangga dengan Si Kecil hari ini. Dia sudah berlatih keras untuk mengasah keterampilannya – dan ia berhasil melakukannya, lho”.

Mendengarkan kamu bercerita mengenai betapa bangganya dirimu terhadap anak, akan membuat kalimat pujian tersebut tampak lebih tulus – dan pastinya, Si Kecil pun senang mendengarnya, moms.

Seperti disebutkan sebelumnya, memberikan kalimat pujian merupakan poin penting dalam penerapan pola asuh yang baik. Namun, yang tak boleh moms lupakan, yaitu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak, termasuk vitamin. Tentunya, hal ini akan mendukung tumbuh kembang Si Kecil, serta membuatnya punya karakter yang lebih baik lagi.

Sebagai pelengkap, moms direkomendasikan memberi multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin dalam Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Nah, itulah kelima hal yang perlu diperhatikan – dan tentunya diterapkan ketika ingin memberikan kalimat pujian untuk anak. Selamat mencoba, moms!

 

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!