Moms, Ingin Aktifkan Parental Control? Begini Cara Mudahnya

Moms, Ingin Aktifkan Parental Control? Begini Cara Mudahnya

font size A Ǎ

Moms¸ tak bisa dipungkiri penyebaran konten di dunia digital memang sangat sulit dibatasi. Dari sini, ada banyak sekali ditemukan beragam hal berbau negatif – yang semakin mudah diakses, termasuk oleh anak-anak. Lantas, apakah Si Kecil doyan bermain gadget? Agar aman, ada baiknya kamu mengaktifkan parental control, nih.

Bukan tanpa alasan, menggunakan fitur yang satu ini juga berperan penting dalam upaya penggunaan internet sehat buat anak, lho. Dengan demikian, pastinya ia pun tidak mengakses konten – maupun website yang tidak sesuai dengan usianya. Jadi, apakah moms tertarik menggunakan parental control?

Tak perlu khawatir, fitur parental control cukup mudah digunakan, kok. Nah, untukmu yang ingin mengaktifkannya, berikut ini ada sejumlah hal yang perlu diketahui. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini, moms!

 

 

Apa Itu Parental Control?

Moms, Ingin Aktifkan Parental Control? Begini Cara Mudahnya

Credit Image - parenting.firstcry.com

Parental control merupakan perangkat – atau peralatan yang memungkinkan orangtua untuk mengontrol, sekaligus mengatur penggunaan internet bagi anak-anak. Saat ini, Si Kecil memang sudah terbiasa mengakses internet, ya. Saking bebasnya, dikhawatirkan ada banyak konten – dan informasi di internet yang seharusnya tidak dikonsumsi anak.

Belum lagi, adanya kejahatan online yang makin marah terjadi, serta menyasar anak di bawah umur. Untuk itu, moms perlu membatasi waktu anak ketika bermain gadget, nih. Salah satu usaha yang bisa dilakukan, yakni menggunakan parental control.

Metode yang satu ini dianggap sebagai cara tepat dan efektif dalam membantu mencegah anak mengakses konten yang tidak sesuai dengan usianya.

 

Bagaimana Cara Mengaktifkannya?

Moms, Ingin Aktifkan Parental Control? Begini Cara Mudahnya

Credit Image - intipesan.com

Untuk moms yang tertarik mengaktifkan fitur parental control, berikut ini deretan langkah yang perlu kamu lakukan, ya.

  1. Buka aplikasi App Store, maupun Play Store yang ada di gadget.
  2. Klik logo garis tiga di pojok kanan atas, kemudian masuk ke bagian Settings.
  3. Scroll sedikit kebawah, lalu kamu akan menemukan Parental Control. Nah, klik menu tersebut, ya.
  4. Aktifkan menu dengan menekan logo toggle yang tersedia.
  5. Nantinya, moms diminta memasukan PIN sebagai syarat keamanan akses.
  6. Setelah menentukan PIN, fitur parental control akan aktif. Di sini, kamu dapat memilih kategori aplikasi yang dapat dibatasi.
  7. Usai memilih kategori tertentu, kamu juga dapat memilih tag – atau jenis aplikasi yang akan disembunyikan. Kalau sudah, klik save.

Kini kamu sudah mengetahui cara mengaktifkan parental control, yuk segera diterapkan!

 

Manfaat Fitur Parental Control

Moms, Ingin Aktifkan Parental Control? Begini Cara Mudahnya

Credit Image - hellosehat.com

Fitur yang satu ini bertujuan untuk membatasi akses anak-anak dari konten yang tidak sesuai dengan usianya, serta mencegahnya menjadi pelaku, bahkan korban kejahatan di dunia maya. Tentunya, moms tidak ingin hal tersebut menimpa Si Kecil, kan?

Dengan aplikasi parental control, anak-anak hanya dapat mengakses fitur dan informasi yang telah mendapatkan persetujuan atau tidak dibatasi oleh orangtua saja. Selain itu, masih ada manfaat dari fitur yang satu ini, moms, yaitu:

  • Mengatur batas waktu penggunaan gawai
  • Membatasi akses website
  • Memblokr aplikasi dengan menggunakan parental lock
  • Membatasi dengan siapa saja anak dapat mengobrol secara online
  • Menyembunyikan dan menyaring website yang mengandung kata-kata kasar
  • Mengetahui aktivitas anak di dunia maya, seperti website yang ia kunjungi
  • Sebagian aplikasi juga memungkinkan orangtua untuk melacak keberadaan anak

Yang paling utama, manfaat parental control dapat memberikan ketenangan pikiran bagi orangtua, ketika membiarkan Si Kecil mengakses internet. Dengan demikian, anak bisa berselancar dengan aman di dunia maya, tanpa harus terjebak dalam berbagai konten yang berbahaya.

Tak hanya itu, parental control juga dapat membantu memantau penggunaan perangkat, memblokir akses terhadap fitur tertentu pada game, mengatur screen time bagi anak, serta membantu membentuk kebiasaan berselancar dengan aman di dunia maya.

Tak bisa dipungkiri, menggunakan fitur parental control juga disebut sebagai salah satu upaya untuk memaksimalkan proses tumbuh kembang anak. Dengan waktu penggunaan gadget yang tepat, maka perkembangan Si Kecil pun tidak terganggu, moms.

Namun yang tidak kalah pentingnya, agar proses tumbuh kembang Si Kecil dapat berjalan maksimal, pastikan kamu sudah memberikan asupan vitamin yang cukup, ya.

Selain dari buah dan sayuran, kebutuhan vitamin juga dapat dipenuhi dengan memberikan multivitamin anak yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho. Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C Plus Sirup, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Bagaimana, nih? Cukup mudah bukan untuk mengaktifkan parental control? Jadi, jangan tunda lagi, moms. Yuk, segera gunakan fitur yang satu ini agar Si Kecil tetap terhindar dari konten yang bisa memberi dampak negatif!

 

 

Featured Image - blibli.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!