Setiap orangtua pasti menginginkan memberi asupan vitamin anak tambahan, seperti dari multivitamin.

Saat ini, sudah banyak sekali beragam suplemen vitamin anak yang bisa kamu temukan di pasaran. Namun, disarankan memilih jenis multivitamin dengan kandungan lengkap, rendah gula, dan berbentuk sirup – yang biasanya punya rasa nikmat.

Namun sayangnya, masih ada orangtua yang merasa bingung, kapan ya waktu tepat memberikan suplemen vitamin anak? Apakah di pagi hari – setelah sarapan, atau justru di sore dan malam hari? Nah, untuk menjawab keraguan tersebut, kali ini Enervon bakal ngasih tau tips tepat minum vitamin anak.

Biar tak penasaran, yuk segera simak ulasan lengkapnya sampai habis!

 

 

Vitamin A dan D: Waktu Tepat Konsumsinya

Credit Image - klikdokter.com

Menentukan waktu tepat memberikan suplemen vitamin anak memang seringkali menjadi perdebatan orangtua. Benar, ya? Mengingat, setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, jadi hal yang satu ini kerap dibingungkan. Meski demikian, sebenarnya tidak ada waktu terbaik untuk mengonsumsi suplemen vitamin anak, lho.

Tetapi, kamu tetap perlu memerhatikan jenis vitamin yang terkandung di dalamnya. Seperti, vitamin A dan vitamin D sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan makanan, sehingga penyerapannya bisa berjalan optimal. Pasalnya, kedua vitamin tersebut bersifat larut dalam lemak.

Hal ini juga didukung oleh jurnal The American Journal of Clinical Nutrition yang memaparkan bahwa suplemen, termasuk vitamin anak dengan jenis larut lemak harus dikonsumsi bersamaan dengan makanan untuk meningkatkan penyerapan.

Agar bisa larut sempurna di dalam tubuh, vitamin A dan vitamin D bisa dikonsumsi bersama dengan makanan berlemak sehat, seperti telur dan alpukat, ya.

 

Bagaimana Dengan Vitamin B Kompleks?

Memang, vitamin B kompleks tidak kalah pentingnya untuk diperoleh Si Kecil. Karena, vitamin yang satu ini berperan dalam proses metabolisme – yang akhirnya akan menghasilkan energi. Selain itu, vitamin anak yang mengandung vitamin B kompleks juga mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho.

Vitamin B kompleks merupakan jenis vitamin larut air, sehingga penyerapannya tetap bisa maksimal meskipun tak dikonsumsi bersama makanan. Jadi, vitamin anak ini bisa diminum sebelum makan, ya. Vitamin B kompleks juga tidak akan disimpan dalam tubuh dan kelebihannya akan dikeluarkan dalam bentuk urin.

Tetapi, disarankan mengonsumsi suplemen vitamin anak dengan vitamin B kompleks di saat sarapan – atau makan siang, ya. Kedua waktu tersebut merupakan momen terbaik.

 

Untuk Vitamin C Bisa Dikonsumsi pada Waktu Ini

Credit Image - food.detik.com

Sama seperti vitamin B kompleks, vitamin C juga termasuk jenis nutrisi yang larut dalam air. Ini berarti tubuh membutuhkan air untuk memaksimalkan penyerapannya, ya. Nah, tak hanya dapat menjaga sistem imun Si Kecil, namun vitamin anak ini juga bisa memberikan energi, lho.

Karena manfaat tersebut, maka dianjurkan mengonsumsi vitamin C di pagi hari. Selain itu, hindari minum vitamin anak ini terlalu malam, karena bisa mengganggu pola tidur Si Kecil. Dan, disarankan pula konsumsi vitamin C bersamaan dengan sumber makanan kaya zinc – yang bisa membantu optimalkan penyerapannya.

 

Sarapan Merupakan Waktu Terbaik!

Credit Image - berkeluarga.id

Sebuah studi dalam Nutriens, menyebutkan bahwa sarapan dipercaya sebagai waktu terbaik untuk memberikan suplemen vitamin anak, lho. Mengapa demikian? Hal ini didasari oleh beberapa faktor, seperti:

  • Sarapan merupakan waktu terbaik minum suplemen vitamin anak, karena sarapan adalah makanan yang paling penting untuk tidak dilewatkan, sehingga kecil kemungkinannya bagi orangtua untuk lupa memberikan anak vitamin.
  • Vitamin membantu menyerap nutrisi lain dari makanan yang dimakan saat sarapan. Artinya, anak mendapatkan manfaat vitamin terbaik dari makanan yang dikonsumsi di pagi hari, ketika ia minum vitamin tepat setelah makan.
  • Untuk vitamin C, jenis nutrisi yang satu ini hanya bertahan selama beberapa jam saja di dalam aliran darah, sehingga lebik baik diminum di pagi hari, sehingga tubuh mendapatkan cukup energi, sekaligus membantu menjaga imunitas Si Kecil.

Nah, selain memberi suplemen vitamin anak pada waktu yang tepat, penting juga untuk mengonsumsi vitamin tersebut secara teratur, ya!

 

Pentingnya Multivitamin Untuk Si Kecil

Seperti yang sudah disebutkan, tak hanya memberikan makanan yang sehat dan bergizi, namun memberikan suplemen vitamin anak – termasuk cara tepat untuk memastikan Si Kecil mendapatkan cukup vitamin setiap harinya.

Misalnya, suplemen vitamin anak yang mengandung vitamin D memang dibutuhkan untuk tulang yang kuat. Mendapatkan cukup vitamin memang sangat penting selama masa pertumbuhannya, karena sebagian besar massa tulang seseorang terbentuk pada fase tersebut. Selain membantu pembentukan tulang, vitamin adalah sumber energi bagi tubuhnya.

Anak juga membutuhkan energi dari sumber yang tepat selama menjalani berbagai aktivitas – dan energi tersebut bukan diperoleh dari sumber makanan yang mengandung gula, lho. Suplemen vitamin anak kaya akan vitamin B kompleks dapat membantu mengubah makanan menjadi energi.

Seperti halnya orang dewasa, anak yang sedang tumbuh perlu mendapatkan asupan vitamin B kompleks setiap harinya, sehingga metabolisme energi bisa berjalan dengan baik – dan pastinya, Si Kecil mampu menikmati hari-harinya dengan penuh semangat.

Yang tidak kalah pentingnya, vitamin C untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak – sekaligus menghindari ia terjangkit berbagai macam penyakit. Dan, vitamin A pun juga sangat dibutuhkan, lho. Sebab, vitamin A juga berperan dalam menjaga pertahanan tubuh, serta membantu menjaga kesehatan mata anak.

Untuk mendapatkan keempat vitamin anak di atas, kamu sangat disarankan memberikan suplemen multivitamin, nih. Dalam hal ini, moms bisa  memberikan Enervon-C Plus Sirup yang merupakan pilihan tepat untuk Si Kecil. Pastinya, suplemen vitamin anak ini memiliki kandungan lengkap, kadar gula yang rendah, dan tersedia dalam bentuk sirup.

Enervon-C Plus Sirup mengandung sejumlah vitamin, seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho. Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C Plus Sirup, kamu bisa dapatkan di official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Jadi, itulah deretan waktu terbaik untuk memberikan suplemen vitamin anak, baik berdasarkan jenis vitaminnya, di waktu makan Si Kecil. Nah, pastikan kamu sudah memberikan asupan vitamin yang lengkap biar proses tumbuh kembang anak makin maksimal, ya!

 

 

Featured Image - blenuten.com