6 Manfaat Membacakan Cerita Bergambar, Bantu Tumbuh Kembang Anak

6 Manfaat Membacakan Cerita Bergambar, Bantu Tumbuh Kembang Anak

font size A Ǎ

Moms, tak hanya penting mengajak anak membaca dongeng saja, namun memberikannya cerita bergambar juga punya manfaat yang tak kalah baik untuk tumbuh kembang Si Kecil, lho. Tak perlu khawatir, tidak ada istilah terlalu dini untuk membiasakan memberi cerita bergambar pada anak – ini pun sudah dibuktikan dari berbagai penelitian.

Memang, mendidik anak untuk gemar membaca merupakan hal penting dalam pola asuh orangtua. Nah, kebiasaan tersebut bisa dilakukan dengan memberikannya cerita bergambar, moms. Jenis cerita tersebut memungkinkan Si Kecil menyukai bahan bacaan dengan lebih mudah, sebab ada pengaruh visual yang membuat anak semakin tertarik.

Berbicara soal cerita bergambar, berikut ini 5 manfaat memberikannya kepada anak, termasuk yang berkaitan dengan tumbuh kembang. Yuk, simak ulasannya sampai habis, moms!

 

 

1. Mempererat Hubungan Orangtua dan Anak

6 Manfaat Membacakan Cerita Bergambar, Bantu Tumbuh Kembang Anak

Credit Image - cnnindonesia.com

Moms, membacakan cerita bergambar bisa membuat kedekatan orangtua dan anak semakin kuat, lho. Pada dasarnya, ketika kamu melakukan komunikasi secara intens, pasti akan terbentuk ikatan yang kuat. Begitu pula saat moms rutin mengajak anak membaca buku cerita, baik dongeng, maupun cerita bergambar.

Meskipun hanya sekedar membacakan cerita bergambar pada anak, kamu pun bisa menjalin hubungan yang lebih erat dengan Si Kecil, lho. Misalnya, bacakan cerita di malam ketika anak hendak tidur. Jadi, apakah moms sudah rutin melakukannya?

 

2. Melatih Anak Menyimak

Tahukah kamu bahwa menyimak bukanlah sesuatu hal yang bisa dilakukan dengan mudah? Ya, karena pada praktikknya, mendengarkan seseorang tak hanya soal suara saja, namun menangkap, sekaligus memahami pesan yang disampaikan tersebut.

Dengan rutin membacakan cerita bergambar pada Si Kecil, kamu sudah membantunya untuk belajar menyimak, lho. Lagi-lagi, di sini, menyimak juga berkaitan dengan pesan yang disampaikan, yakni cerita bergambar yang kamu bacakan tersebut, ya.

 

3. Meningkatkan Imajinasi Si Kecil

6 Manfaat Membacakan Cerita Bergambar, Bantu Tumbuh Kembang Anak

Credit Image - review.bukalapak.com

Moms, cerita bergambar memang punya kelebihan yang tidak dimiliki buku cerita lainnya, ya. Jenis buku bacaan tersebut memiliki produk visual yang memudahkan anak dalam membayangkan kejadian apa saja yang terjadi di dalam buku tersebut.

Manfaat yang diperoleh dari membacakan cerita bergambar, yaitu merangsang anak untuk berimajinasi, bahkan berpikir mengenai situasi yang terjadi dalam cerita. Selain itu, cara ini juga membantu menciptakan visual dalam otak Si Kecil – melalui rangsangan dari gambar yang ada pada cerita.

 

4. Membiasakan Anak Membaca Buku

Sudah menjadi rahasia umum kalau minat membaca masyarakat Indonesia masih tergolong cukup rendah. Apakah moms setuju? Nah, hal yang satu ini bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya tidak dibiasakan sejak anak berusia dini.

Untuk meningkatkan minat membaca Si Kecil, cobalah berikan cerita bergambar sejak ia berusia dini. Hal tersebut pastinya akan membuat anak terbiasa dengan bahan bacaan, ya. Nantinya, secara bertahap, moms juga dapat mengganti bahan bacaan anak sesuai dengan usianya. Semakin bertambah usia Si Kecil, maka kamu pun bisa menambah topik cerita lainnya, lho.

 

5. Membantu Mengenal Alfabet dan Angka

6 Manfaat Membacakan Cerita Bergambar, Bantu Tumbuh Kembang Anak

Credit Image - nakita.grid.id

Manfaat dari cerita bergambar berikutnya, yaitu berkaitan dengan alfabet – alias huruf, dan juga angka. Tak bisa dipungkiri, ketika masih berusia sangat dini, anak masih belum memahami mengenai kedua hal tersebut, kan? Untuk mengenalkan huruf dan angka, moms pun bisa menggunakan cerita bergambar yang menarik minat Si Kecil, lho.

Visual dalam cerita bergambar disebut bisa membuat anak penasaran. Ini sama saja dengan “merayu” ia untuk terbiasa dengan angka dan huruf – yang biasanya ada dalam buku cerita. Namun, tetap kenalkan kedua hal tersebut secara bertahap, jangan sampai memaksakan anak, ya!

 

6. Sebagai Media Hiburan

Tak hanya berkaitan soal tumbuh kembang Si Kecil saja, namun memberikan, atau membacakan cerita bergambar juga dapat dijadikan sebagai media hiburan, nih. Bahkan, kebiasaan membaca buku cerita bersama bisa dijadikan rutinitas – sekaligus cocok dijadikan untuk mengisi waktu luang.

Alih-alih memberikan gadget – atau sesuatu yang berbahaya, ada baiknya moms membacakan cerita bergambar yang punya beragam manfaat baik. Lagi pula, mengajak anak membaca cerita bukan sesuatu yang sulit kan, moms?

Wah, moms membacakan cerita bergambar dikenal dapat membantu memaksimalkan proses tumbuh kembang anak, ya. Tapi, biar pertumbuhan Si Kecil makin maksimal, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan nutrisinya, termasuk asupan vitamin yang baik untuk pertumbuhan – dan bisa menjaga daya tahan tubuh anak.

Vitamin bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan sehat, lho. Tapi, sebagai pelengkap moms juga dapat berikan multivitamin untuk Si Kecil. Kamu direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Nah, itulah keenam manfaat memberikan cerita bergambar untuk tumbuh kembang Si Kecil. Mulai sekarang, yuk rutin bacakan jenis cerita tersebut agar perkembangan anak semakin maksimal!

 

 

Featured Image - suaramuslim.net


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!