Memiliki peran sebagai orang tua, tentu memiliki kewajiban penting untuk mendidik seorang anak hingga ia bisa tumbuh cerdas dan pintar. Namun sayangnya, terkadang hal tersebut tidak mudah dilakukan.

Meskipun kamu harus melewati tahapan yang panjang saat mengajarkan anak, terutama saat membaca. Namun, ternyata ada trik khusus yang memungkinkan kamu mengajarkan anak membaca dengan cepat tanpa mengeja. Mau tau apa saja trik tersebut? Berikut ulasannya.

1. Mengenalkan huruf dengan cara menyenangkan

Credit: Pop Mama

Jika anakmu belum mengenal huruf, atau kurang menguasai, tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenalkan huruf A sampai Z ke anak. Buatlah anak hafal ketika menjumpai salah satu bentuk huruf tersebut. Selain itu, pastikan juga bahwa anak dapat mengucapkan huruf- huruf tersebut dengan benar.

2. Ajarkan anak menghafal suku kata

Credit: Educenter.id

Kemudian, jika anak sudah mulai menguasai dan mengenal huruf, kamu bisa mengajaknya menghafal suku kata. Biarkan anak anak menghafal suku kata dari konsonan B hingga Z, yang diikuti huruf vocal a,i,u,e,o.

3. Mengajak anak membaca suku kata bervariasi

Credit: Educenter.id

Tahap selanjutnya dalam mengajarkan anak membaca adalah mencarikan kata yang terdapat suku kata vbervariasi untuk mengajak si kecil membaca dan mengenalkannya. Misalnya seperti, bo-la, bu-ku, pa-pi, ma-mi, cu-ka, dan lain sebagainya. Pada tahap ini jangan dulu mengenalkan anak dengan suku kata yang berakhiran huruf mati.

Tujuannya adalah agar mereka menguasai tahap ini terlebih dahulu. Apabila anak masih sulit untuk memahaminya, coba ajari terlebih dahulu sampai ia terbiasa dan memahami suku katanya, seperti:

  • ba, ca, da, fa, ga, dan seterusnya
  • bi, ci, di, fi, gi, dan seterusnya
  • bu, cu, du, fu, gu, dan seterusnya
  • be, ce, de, fe, ge, dan seterusnya
  • bo, co, do, fo, go, dan seterusnya

4. Mengajari anak huruf mati

Credit: Kumparan

Apabila anak sudah berhasil untuk menguasai tahap sebelumnya, sekarang saatnya kamu untuk mengajarkan kepada anak tentang huruf mati. Untuk mengajari anak mengenai hal ini, kamu bisa mengenalkan terlebih dahulu huruf- huruf mati, seperti “ng”, “ny, dan huruf konsonan lainnya.

5. Melatih anak untuk membaca kata utuh

Credit: Parenting Dream

Pada awalnya, anak mungkin akan kesulitan untuk tidak mengeja. Peran kamu disini harus lebih giat lagi melatih anak agar ia dapat cepat membaca tanpa mengeja. Sambil berjalan, kamu harus mengajarkan metode yang tepat untuk anak, apabila ia masih kesulitan membaca dalam proses jangka waktu lama.

Itulah beberapa langkah mudah mengajarkan anak membaca tanpa mengeja. Selain metode di atas, kamu juga harus membuat kegiatan belajarnya jadi lebih menyenangkan. Hindari memaksa anak untuk belajar membaca, terutama pada anak usia balita. Lebih baik kamu memberinya stimulus agar ia terbiasa mempelajari cara membaca secara alami.

 

Featured Image - Hello Sehat