Mendapatkan dosis vaksinasi memang penting dilakukan setiap masyarakat. Bukan tanpa alasan, langkah tersebut merupakan salah satu cara yang bisa membantu menghentikan pandemi Covid-19. Dari vaksin, pembentukan herd immunity dapat segera tercapai.

Meski demikian, masih banyak yang merasa efek samping yang mungkin dirasakan. Disebut juga sebagai Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), sebenarnya kondisi tersebut sangat wajar dialami – bersifat ringan dan bisa hilang dengan sendirinya.

Tetapi, untuk kamu yang merasa khawatir akan efek vaksin Covid-19, ada sejumlah makanan yang bisa membantu mengurangi KIPI. Makanan tersebut merupakan asupan yang kaya akan nutrisi, sehingga dapat meningkatkan imunitas ketika menerima vaksin.

Lantas, apa saja sejumlah makanan tersebut? Berikut ini 5 di antaranya. Yuk, simak ulasannya sampai habis, Enervoners!

 

 

#1 – Sayuran Hijau

Credit Image - verywellfit.com

Makanan pertama yang bisa membantu mengurangi efek samping vaksin Covid-19, yaitu sayuran berdaun hijau. Jenis sayur yang satu ini memang dikenal kaya akan vitamin dan mineral – di mana, kombinasi kedua kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Apakah kamu sudah mengetahuinya?

Nah, dengan rutin mengonsumsi sayuran hijau, maka respons imunitas tubuh terhadap iritasi pun akan ikut meningkat, lho. Ada pun beberapa sayur berdaun hijau yang bisa dikonsumsi, seperti bayam, brokoli, dan sawi.

Namun, pastikan kamu sudah mengolah sayuran hijau dengan tepat, termasuk tidak memasaknya terlalu lama. Sebab, kalau salah mengolah, justru kandungan vitamin dan mineral di dalamnya akan berkurang.

 

#2 – Kunyit

Berikutnya ada pula kunyit yang bisa dikonsumsi menjelang, maupun usai vaksinasi untuk mengurangi efek yang mungkin dialami. Kunyit memiliki kandungan kaya akan curcumin – atau antioksidan dan anti-inflamasi yang baik untuk daya tahan tubuh.

Selain itu, yang lebih menarik, kunyit juga dikenal sebagai makanan anti-stres, lho. Pasalnya, kunyit dapat melindungi otak dari situasi stres, termasuk sebelum dan sesudah vaksin. Untuk memperoleh manfaat yang satu ini, kunyit bisa kamu olah menjadi teh, atau ditambahkan dalam masakan.

 

#3 – Jahe

Credit Image - goodhousekeeping.com

Kamu pasti sudah tahu bahwa jahe merupakan salah satu jenis makanan yang bisa membantu meredakan inflamasi di dalam tubuh, kan? Tak hanya itu saja, tetapi jahe juga bertindak sebagai anti-stres yang kerap terjadi menjelang vaksinasi.

Kandungan gingerol di dalam jahe dapat membantu tubuh meredakan nyeri, menghilangkan mual, meredakan sakit otot, dan kondisi tak nyaman lainnya. Diketahui, sejumlah gejala tersebut umum dialami setelah mendapat vaksin Covid-19.

 

#4 – Bawang Putih

Jangan salah, meskipun lebih sering digunakan sebagai bahan masakan, tetapi bawang putih juga punya manfaat baik untuk kesehatan tubuh, lho. Bawang putih dikenal sebagai salah satu makanan yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan.

Bawang putih dapat memberi makan mikroorganisme – yang memiliki peran penting dalam sistem imunitas. Untuk memperoleh manfaat tersebut, pastikan kamu sudah rutin memasukkan bawang putih ke dalam masakan, ya!

 

#5 – Buah-Buahan

Credit Image - takepart.com

Tak bisa dipungkiri, baik sayuran, maupun buah-buahan merupakan superfood yang menjadi kunci utama dalam penerapan hidup sehat. Ketika kamu sudah menjalani gaya hidup yang sehat, maka sistem kekebalan tubuh pun akan tetap terjaga.

Begitu pula sebelum maupun sesudah vaksinasi, kamu sangat dianjurkan mengonsumsi buah-buahan, terutama yang kaya akan vitamin C. Jenis buah tersebut baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sekaligus mengurangi efek samping vaksin.

Tak hanya mendapatkan asupan vitamin dari buah-buahan saja, namun rutin mengonsumsi suplemen juga sangat dianjurkan setelah vaksinasi. Adapun suplemen yang baik dikonsumsi, yaitu suplemen jenis imunomodulator. Ini merupakan jenis suplemen yang dapat membantu meningkatkan pembentukan sistem imun, atau menahan laju pembentukan sistem imun ketika tubuh merasa sudah terbentuk sistem imun dalam jumlah cukup.

Untuk suplemen yang direkomendasikan – kamu dapat konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, kamu bisa dapatkan di drug store maupun apotek terdekat di daerahmu!

 

Wah, itulah kelima jenis makanan yang bisa membantu mengurangi efek samping vaksin Covid-19. Untukmu yang akan segera divaksinasi, yuk coba rutin konsumsi berbagai makanan di atas!

 

 

Featured Image - eatthis.com

Source - cnnindonesia.com