Berpikir Kritis Punya Banyak Keuntungan Lho! Tapi, Gimana Cara Tingkatannya?

Berpikir Kritis Punya Banyak Keuntungan Lho! Tapi, Gimana Cara Tingkatannya?

font size A Ǎ

Enervoners, tahukah kamu bahwa berpikir kritis merupakan salah satu soft skill yang wajib dimiliki oleh para pekerja? Meski kerap dianggap sebagai hal yang sepele, namun kemampuan tersebut bisa membantu jenjang karir – terutama untukmu yang sedang gencar-gencarnya mencari pekerjaan, nih!

Tapi yang pasti, ketika menerapkan kemampuan berpikir kritis tersebut kamu dituntut untuk menganalisis sebuah topik – atau permasalahan secara objektif. Dengan demikian, hasil yang didapatkan pun bisa berdasarkan fakta yang ada.

Sudahkah kamu memiliki pemikiran yang kritis? Kalau belum, tenang, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan yang satu ini, kok. Yuk, simak informasi lengkapnya sampai habis!

 

 

Apa Itu Berpikir Kritis?

Berpikir Kritis Punya Banyak Keuntungan Lho! Tapi, Gimana Cara Tingkatannya?

Credit Image - prismaprofesional.com

Sebelum memasuki ulasan mengenai cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis, ada baiknya kamu mengenali definisi dari skill yang satu ini, ya. Dikutip dari Monash University, berpikir kritis merupakan kemampuan untuk berpikir secara kritis – dan mempertanyakan setiap aspek penting dalam suatu permasalahan.

Hal ini juga bisa memengaruhi cara berpikir individu dalam merespon seseorang – dengan menganalisis fakta yang ada untuk membentuk sebuah penilaian. Jadi, pada dasarnya, bentuk berpikir kritis juga bisa dianggap sebagai pemikiran mandiri, pendisiplinan diri, pemantauan diri, hingga koreksi diri.

 

Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Berpikir Kritis Punya Banyak Keuntungan Lho! Tapi, Gimana Cara Tingkatannya?

Credit Image - quipper.com

Untukmu yang masih bingung, bagaimana ya cara tepat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis? Tenang, ada tiga tips sederhana, namun efektif yang bisa kamu terapkan, lho. Berikut ini ulasannya.

1. Banyak bertanya

Rasa ingin tahu merupakan salah satu kunci utama untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Nah, cara ini bisa dipraktikkan melalui dua cara, yaitu bertanya kepada diri sendiri dan juga orang lain, lho. Misalnya, kamu bisa berlatih menggunakan prinsip 5W1H, yang terdiri dari what, why, where, when, who, dan how.

Cobalah menerapkan prinsip tersebut ketika sedang dihadapkan dengan informasi baru – atau suatu permasalahan. Pertama, cari tahu sendiri jawaban atas keenam pertanyaan tersebut, nantinya jika jawaban yang diperoleh kurang memuaskan, maka kamu bisa bertanya ke orang di sekitar, ya.

 

2. Mendengarkan secara aktif

Apa sih yang dimaksud dengan cara meningkatkan berpikir kritis yang satu ini? Maksudnya, kamu dituntut untuk bisa benar-benar mendengarkan ketika orang lain sedang berbicara – atau menyampaikan suatu ide maupun konsep.

Dilansir dari Indeed, mendengarkan secara aktif ketika orang lain sedang berbicara dapat membuatmu lebih mudah memahami perspektif orang tersebut, lho. Dengan cara ini, kamu pun bakal bisa memberi respon yang sesuai – berdasarkan situasi dan topik yang sedang dibahas.

Hal ini akan membantumu meningkatkan kemampuan berpikir kritis, sekaligus menciptakan suasana diskusi yang produktif!

 

3. Mempertimbangkan berbagai kemungkinan

Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kamu juga bisa mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang terjadi. Hal ini dilakukan ketika kamu ingin mengambil keputusan – atau melakukan sesuatu, ya.

Saat ingin melakukan apapun yang mungkin dapat memengaruhi orang lain, coba pertimbangkan hasilnya, baik itu positif maupun negatif. Misalnya, akankah hal tersebut mengubah sesuatu? Kalau iya, apakah perubahan tersebut positif – atau justru negatif? Dan, siapa saja yang akan terpengaruh oleh perubahan tersebut?

Kalau kamu sudah mengetahui jawabannya, maka pertimbangkan cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi berbagai situasi.

 

4 Manfaat Berpikir Kritis, Bisa Bantu Tunjang Karir

Berpikir Kritis Punya Banyak Keuntungan Lho! Tapi, Gimana Cara Tingkatannya?

Credit Image - seputarkarir.com

Kalau kamu sudah mengetahui berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan yang satu ini, maka kamu juga perlu mengenali beragam manfaat yang bisa diperoleh dari berpikir kritis. Berikut ini manfaatnya:

1. Mudah menyelesaikan masalah

Dengan melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kamu dapat menemukan apa saja kesalahan yang mungkin terlewat oleh anggota tim lain, atau bahkan atasan. Tak hanya menemukan apa saja permasalahannya, kemampuan ini juga dapat membantu kamu untuk mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Dalam kata lain, berpikir kritis dapat meningkatkan kemampuan problem solving yang juga penting di dalam dunia kerja.

 

2. Mengenali kemampuan diri

Selanjutnya, berpikir kritis juga bisa membuatmu lebih mengenali kemampuan diri sendiri, lho. Ketika menganalisis sebuah permasalahan secara kritis, kamu akan menemukan informasi baru yang sebelumnya tidak diketahui.

Hal tersebut akan membuat kamu lebih paham akan kemampuan diri, mengetahui apa saja yang tidak diketahui, dan mencari cara untuk memperbaikinya.

 

3. Lebih open-minded

Ketika menerima informasi baru – atau mencari solusi atas masalah yang ada, kamu harus tetap objektif dan tidak bias dengan pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya. Hal ini berkaitan dengan manfaat di poin sebelumnya, ya.

Kalau sudah mengenali kemampuan diri, sekaligus tetap objektif dalam melihat sesuatu, maka akan lebih mudah untukmu dalam menerima informasi baru. Nah, cara ini bisa mejadikan kamu lebih open-minded dalam menerima informasi, maupun argumen yang disampaikan orang lain.

 

4. Berkomunikasi dengan baik

Dengan meningkatkan kemampuan berpikir kritis, secara tidak langsung kamu juga meningkatkan kemampuan komunikasi, lho. Lebih spesifiknya, kemampuan dalam mengomunikasikan sebuah ide secara sistematis dan informatif.

Dilansir dari The Balance Careers, berpikir kritis dapat mendorong kamu untuk mempelajari informasi baru, benar-benar memahami maksudnya, dan menjelaskan ide tersebut ke orang lain secara mudah.

Serangkaian proses tersebut akan sangat membantu ketika kamu sedang melakukan presentasi atau menyampaikan ide. Jadi, kamu bisa menyaimpaikan ide dengan baik – sekaligus siap dengan jawaban akan pertanyaan yang mungkin diberikan terkait topik tersebut.

Nah, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan deretan cara di atas memang penting untuk membantu menunjang karir, kan? Namun, yang tak boleh dilupakan, pastikan kamu sudah punya energi yang cukup dalam melakukan kegiatan tersebut, ya.

Biar kamu makin aktif dan produktif, direkomendasikan mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang punya berbagai kandungan vitamin lengkap – dan pastinya baik untuk kesehatan tubuhmu.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah tips meningkatkan kemampuan berpikir kritis, sekaligus manfaat yang bisa diperoleh. Sudahkah kamu punya skill yang satu ini? Kalau belum, jangan berkecil hati, yuk terapkan 3 cara di atas untuk mengasahnya!

 

 

Featured Image - qubisa.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!