Bagi para pekerja, sebagian besar waktu mereka pasti dihabiskan di meja kerja dan kadang tidak memikirkan bagaimana cara menata mejanya. Padahal, lingkungan kantor, terutama meja kerja, ternyata bisa mempengaruhi mood dan juga produktivitas kerjamu, lho!

Menata meja kerja sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Menata meja dengan tepat bisa membantu kamu tidak mudah jenuh.

Bagi kamu yang sering menghabiskan waktu di meja kerja, kamu bisa mengubah tampilan meja jadi lebih menarik. Berikut tips yang bisa kamu ikuti.

1. Ubah posisi meja kerja

Credit: beritagar.id

Jika kondisi yang memungkinkan, kamu bisa mengatur meja kerja kamu ke posisi yang baru. Cermati segala sudut ruangan dan cari posisi meja baru yang lebih nyaman serta potensial. Selain itu, pastikan juga kamu sudah berkonsultasi dengan rekan kerja lain jika kamu ingin memindahkan posisi meja kerja.

2. Buat meja selalu dalam kondisi rapi

Credit: Orami Parenting

Cara ini memang terdengar sederhana, tetapi terbukti untuk membuatmu lebih nyaman. Pastikan semua dokumen, catatan, serta alat tulis yang berada di meja kamu memiliki tempatnya sendiri. Sebaiknya kamu juga sediakan tempat khusus untuk menyimpan dokumen dan arsip. Dan kamu juga bisa menyediakan tempat lain untuk menaruh barang pribadi kamu agar tidak tercampur dengan peralatan kerja.

3. Sediakan tempat sampah

Credit: Tribunnews

Agar sampah tidak berserakan di sekitar meja kerja kamu, sebaiknya taruh tempat sampah kecil. Hal ini berfungsi agar meja kerjamu selalu bersih dari tumpukkan kertas bekas maupun sisa makanan.

4. Berikan hiasan pada meja kerja

Credit: Sociolla

Kamu juga bisa menempatkan pajangan yang kamu sukai agar meja kerja terasa semakin nyaman. Kamu juga bisa menempatkan foto keluarga atau stick figure  dari tokoh kartun favoritmu.

5. Singkirkan barang yang tidak terpakai

Credit: Liputan6

Agar meja kerjamu tetap dalam kondisi rapi, segera periksa kembali barang- barang yang sudah tidak terpakai. Memilih dan menyingkirkan berbagai barang yang tidak terpakai bisa membuat meja kerjamu terasa lebih lega dan teratur.

6. Gunakan sticky notes

Credit: Staples.com

Kamu bisa menggunakan sticky notes yang dapat membantu kamu mengingat hal- hal penting, mulai dari jadwal meeting sampai deadline kerjaan. Dan jangan lupa untuk menempatkan sticky notes ditempat yang sesuai, agar mejamu tetap rapih dan bersih.

7. Letakkan gadget di tempat yang tepat

Credit: Dreamstime.com

Menempatkan gadget secara khusus di meja kerja akan membuat kamu mudah mencarinya. Lalu, kamu pun jadi bisa lebih fokus bekerja serta tidak mudah teralihkan dengan bermain gadget saat jam kerja. Dengan begitu, kamu bisa jadi lebih produktif dalam bekerja.

 

Featured Image - Creative Market