Macam-Macam Hobi Untuk Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil, Apa Saja Ya?

Macam-Macam Hobi Untuk Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil, Apa Saja Ya?

font size A Ǎ

Seperti orang dewasa, di sela-sela kesibukan rutinitas harian, anak pasti membutuhkan waktu untuk menyegarkan pikiran – sekaligus mengisi ulang tenaganya. Apakah moms setuju? Ya, umumnya waktu tersebut akan dihabiskan dengan melakukan macam-macam hobi yang pastinya bermanfaat, termasuk buat kecerdasan Si Kecil.

Tak bisa dipungkiri, ada macam-macam hobi yang dianggap sebagai kegiatan berguna, misalnya berolahraga secara rutin yang bisa membuat tubuh anak menjadi lebih segar dan sehat. Atau, hobi menulis, maupun bernyanyi yang dapat membuka peluang karir untuk Si Kecil di kemudian hari.

Dari banyaknya macam-macam hobi yang baik, ada berbagai hobi lainnya yang juga bisa membantu mengasah otak – serta meningkatkan kecerdasannya, lho. Namun, apa saja sih hobi yang dimaksud tersebut?

Berikut ini 5 di antaranya, moms. Yuk, pastikan kamu membaca informasinya sampai habis, ya!

 

 

1. Belajar Bahasa Baru

Macam-Macam Hobi Untuk Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil, Apa Saja Ya?

Credit Image - polyglotclub.com

Memang ada macam-macam hobi yang bisa menguntungkan, termasuk meningkatkan kecerdasan Si Kecil, termasuk belajar bahasa baru. Bahasa dikenal sebagai kunci untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan, moms. Untuk itu, tak heran kalau anak yang punya hobi ini, cenderung memiliki kecerdasan yang lebih tinggi, lho.

Dikutip dari Live Science, sebuah studi mengatakan bahwa mempelajari bahasa kedua dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Para peneliti dari studi edisi terbaru jurnal Frontiers in Psychology, jika mengungkapkan bahwa orang dewasa dengan kemampuan dua bahasa memiliki kinerja dan konsentrasi yang lebih baik.

Belajar bahasa-bahasa baru sangatlah bagus untuk mengasah otak. Kegiatan ini melatih cara berpikir kognitif otak dan menghindarkan anak dari bahaya penyakit Alzheimer. 

 

2. Membaca Buku

Tak bisa dipungkiri, membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang positif, sekaligus bisa membantu meningkatkan kecerdasan Si Kecil. Seperti ungkapan “buku adalah jendela dunia” – hal ini akan membuat anak lebih “melek” akan berbagai pengetahuan.

Membaca buku dengan fokus dan rileks melatih konsentrasi dan daya tangkap otak pada segudang informasi baru. Tidak hanya itu, membaca juga membuat tekenan darah menjadi lebih baik. Melakukan macam-macam hobi ini juga dikatakan lebih efektif menenangkan tekanan darah, dibanding meminum secangkir teh ataupun mendengarkan irama yang mellow, lho! 

Membaca jenis-jenis buku yang berbeda memberikan berbagai sudut pandang dan informasi. Bahkan seringkali membaca dapat mengasah imajinasi untuk berpikir secara kreatif dan out of the box.

 

3. Gemar Menulis

Macam-Macam Hobi Untuk Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil, Apa Saja Ya?

Credit Image - sehatq.com

Selain macam-macam hobi di atas, ada kegiatan lainnya yang juga bisa meningkatkan kecerdasan anak, yakni gemar menulis. Tak jauh beda dari membaca, menulis juga termasuk hobi yang memiliki banyak manfaat baik untuk Si Kecil, lho. Tentunya, anak yang punya hobi ini cenderung punya kecerdasan yang lebih tinggi.

Sebuah penelitian tahun 2014 di Scientific American mengharuskan sejumlah mahasiswa membuat catatan dengan menulis ataupun menggunakan laptop, kemudian mereka diuji tentang apa yang mereka pelajari.

Hasilnya, siswa yang menggunakan laptop mampu membuat catatan yang lebih banyak dan lebih rinci, namun siswa dengan catatan tulisan tangan mampu menyimpan lebih banyak informasi dan mempraktikan apa yang mereka pelajari dengan efektif.

Menulis membuat pikiran bekerja dengan tajam karena perlu merangsang respon visual dan taktis antara orak dan otot lengan jari anak.

 

4. Rajin Berkebun

Macam-macam hobi lainnya yang juga berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan anak, yaitu rajin berkebun. Tak bisa dipungkiri, selama pandemi Covid-19, kegiatan satu ini memang kerap dilakukan, ya? Nah, moms bisa mengajak anak untuk berkebun, lho.

Dilansir dari Interestingengineering.com, kegiatan berkebun perlu dilakukan dengan mempertimbangkan banyak hal, seperti memilih area juga bibit yang bagus, memelihara siklus pertumbuhan tanaman, dan tentunya memperhatikan kebutuhan setiap tanaman dengan baik. 

Hal-hal tersebut sebenarnya mengasah kemampuan multitasking yang dimiliki otak. Bukan hanya itu, anak-anak yang memiliki hobi berkebun perlu memiliki ingatan yang baik untuk mengatur dan melacak pertumbuhan berbagai jenis tanaman. 

 

5. Bermain Game Strategi

Macam-Macam Hobi Untuk Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil, Apa Saja Ya?

Credit Image - halodoc.com

Bermain game, apalagi dalam bentuk video game tak selalu mendatangkan dampak buruk, kok. Seperti, permainan strategi yang bisa membantu mengasah kecerdasan anak. Jadi, selama bermain game dilakukan dalam batas yang wajar, justru hal ini bisa menjadi sarana yang baik untuk mengasah kemampuan berpikir, lho.

Beragam game berbasis strategi membuat anak perlu memutar otak ketika memainkannya. Ini membuatnya terbiasa hati-hati dalam mengambil keputusan dan memperkirakan berbagai risiko yang mungkin terjadi. 

Sebuah studi longitudinal pada tahun 2013, menemukan bahwa bermain game strategi memiliki hubungan dengan kemampuan anak untuk memecahkan masalah dan meraih nilai yang baik di sekolahnya. 

Mengenalkan anak dengan macam-macam hobi di atas memang penting untuk meningkatkan kecerdasan Si Kecil, moms. Tapi, pastikan juga kamu sudah memenuhi kebutuhan nutrisinya yang juga berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh anak.

Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin. Sebagai pelengkap, kamu juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk si kecil. Namun, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D Sejumlah vitamin ini penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak, lho.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Itulah kelima macam-macam hobi yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak. Jadi, apakah Si Kecil sudah rutin melakukan salah satu kegiatan tersebut, moms?

 

 

Featured Image - tajria.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!