6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Ganggu Kesehatan, Sepele Tapi Kerap Diabaikan!

6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Ganggu Kesehatan, Sepele Tapi Kerap Diabaikan!

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan yang dilakukan setiap harinya. Namun tanpa disadari kita semua pasti memiliki kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan setiap harinya seperti mengonsumsi makanan berlemak, malas berolahraga, dan lain-lainnya dapat berakibat fatal, lho!

Tanpa kamu sadari, kebiasaan buruk akan membuat pola hidupmu menjadi berantakan. Meskipun sudah menjadi kebiasaan, sudah seharusnya hal-hal tersebut ditinggalkan. Karena tidak hanya berbahaya untuk kesehatan tubuh, namun juga dapat menganggu kesehatan mental.

Agar kebiasaan buruk tidak mempengaruhi kehidupanmu di jangka waktu yang panjang, sepertinya kamu harus mengetahui terlebih dahulu kebiasaan buruk tersebut. Maka dari itu, pastikan kamu membaca artikel ini sampai habis ya!

 

 

Terlalu Banyak Menatap Layar

6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Ganggu Kesehatan, Sepele Tapi Kerap Diabaikan!

Credit Image - merahputih.com

Menonton TV, bermain laptop atau hanya scrolling sosial media dari HP memang seringkali menjadi kebiasaan yang dianggap santai dan dilakukan dalam waktu lama. Namun, lama kelamaan menonton atau menggunakan gadget dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan emboli paru.

Terlalu lama menonton menatap layar – bila tidak diimbangi dengan aktivitas fisik, dapat menurunkan kemampuan kognitif otak. JAMA Psychiatry di tahun 2016 telah mengadakan tes kognitif mengatakan – bahwa orang yang menonton TV lebih dari 3 jam per hari selama 25 tahun memiliki performa yang buruk dibandingkan dengan mereka yang tidak menonton TV lebih dari 3 jam per hari.

 

Tidak Menghiraukan Jam Makan Tubuh

Jika kamu adalah orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan dan berpikir bahwa menunda makan dapat menurunkan berat badan, kamu harus segera menghilangkan pola pikir ini ya! Karena hal Itu tidak dibenarkan.

Menunda waktu makan merupakan kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan nafsu makan di waktu setelahnya. Bahkan, porsi makanmu dapat lebih banyak dari biasanya. Menunda waktu makan juga akan memperlambat metabolisme tubuh sehingga tubuh akan terasa lemas.

 

Makan Kala Tidak Lapar

6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Ganggu Kesehatan, Sepele Tapi Kerap Diabaikan!

Credit Image - food.detik.com

Masih berhubungan dengan makan – kebiasaan buruk yang satu ini juga harus ditinggalkan. Mengonsumsi makanan secara berlebih di kala tubuh tidak merasa lapar menjadi salah satu kebiasaan buruk yang dapat berpengaruh bagi kesehatan, lho.

Makan terlalu sering akan membuat tubuh kelebihan kalori. Asupan kalori berlebih tentunya bukan hal yang baik – karena akan berpengaruh pada berat badan tubuh yang naik dan akhirnya menjadi obesitas. Lebih baik, konsumsi makanan secukupnya dan tetap perhatikan waktu untuk mengonsumsinya.

 

Kebiasaan Begadang

Begadang merupakan salah satu kebiasaan buruk yang seringkali dimiliki oleh sebagian besar orang. Tentunya, hal ini harus segera dihentikan. Bagaimana tidak? Terjaga di malam hari kemudian tidur di keesokan paginya memiliki pengaruh buruk pada tubuh.

Begadang dapat merusak kesehatan dan rusaknya beberapa organ tubuh. Orang yang begadang cenderung tidak melakukan aktivitas fisik keesokan harinya. Kebiasaan ini juga akan mengganggu waktu makan serta produktivitas.

Jika memiliki kebiasaaan buruk yang satu ini, segera ubah kebiasaan itu secara perlahan dan berlatih agar dapat berktivitas normal selayaknya jam tubuh pada umumnya.

 

Sering Menahan Amarah

6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Ganggu Kesehatan, Sepele Tapi Kerap Diabaikan!

Credit Image - sehatq.com

Sebagian besar orang lebih senang untuk memilih menahan amarahnya sendiri agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan. Namun, menahan amarah ternyata menjadi salah satu kebiasaan buruk yang dapat menganggu kesehatan tubuh dan mental, lho!

Ketika marah – akan lebih baik jika kamu melampiaskannya. Karena jika dipendam dan dibiarkan begitu saja, emosi yang terpendam akan mengakibatkan stres dan membahayakan kesehatan. Profesor Laura Kubzansky dari Harvard University mengatakan – bahwa menahan emosi yang terpendam akan mengakibatkan ledakan kemarahan yang menimbulkan penyakit jantung.

 

Pola Pikir Pesimis

Setiap kali melakukan kesalahan atau kekurangan – sebagian besar orang seringkali mengatakan dirinya bodoh karena tidak mampu bekerja dengan baik. Kebiasaan ini memang tidak langsung merujuk pada kesehatan. Namun, akan menempatkan dirimu pada posisi yang buruk.

Kebiasaan ini dapat merusak kesehatan mental. Hal ini dibuktikan lewat Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences –kritik yang keras dalam diri dapat meningkatkan terjadinya gejala depresi.

Kebiasaan buruk yang akan berakibat pada kesehatan tubuh ini selain sudah seharusnya dihindari – ada baiknya untukmu mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Multivitamin dibutuhkan tubuh agar tidak mudah sakit dan membuat tubuh lebih berenergi.

Untuk itu, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon-C secara rutin – baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent. Multivitamin yang satu ini mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

 

Bagaimana? Apakah kamu memiliki salah satu kebiasaan buruk di atas? Jika ia, pastikan untuk segera menghentikannya dan mulai menjalani pola hidup sehat ya!

 

 

Featured Image - halodoc.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!