6 Buah yang Bisa Bantu Tingkatkan Mood, Kamu Sudah Tahu?

6 Buah yang Bisa Bantu Tingkatkan Mood, Kamu Sudah Tahu?

font size A Ǎ

Siapa sih yang tidak pernah merasakan suasana hati yang buruk – alias bete? Setiap individu pasti merasakan hal yang satu ini, termasuk kamu, ya. Di tengah sibuknya aktivitas, tentunya ada berbagai hal yang tidak berjalan sesuai harapan. Kalau sudah begini, mood pun bakal terganggu, nih.

Untuk meningkatkan kembali suasana hati, setiap orang juga punya cara yang berbeda-beda. Misalnya, memperbaiki mood dengan memakan hidangan favorit. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis makanan – yang ternyata memang bisa menjadi mood booster?

Sejumlah makanan tersebut sudah pasti sehat, serta rendah kalori, lho. Jadi, alih-alih mengonsumsi makanan manis tinggi kalori, ada baiknya kamu konsumsi saja 6 makanan mood booster, berikut ini. Biar tak lagi penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya sampai habis!

 

 

#1 – Pisang

6 Buah yang Bisa Bantu Tingkatkan Mood, Kamu Sudah Tahu?

Credit Image - eatthis.com

Dilansir CRANAplus, banyak orang dengan depresi yang melaporkan dirinya merasa lebih baik setelah makan pisang. Ini karena pisang mengandung triptofan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin.

Sebuah laporan dalam jurnal Food Chemistry tahun 2016 menyebutkan bahwa serotonin dalam pisang membantu mengatasi atau mencegah depresi dengan mengubah suasana hati (mood) dan bikin tubuh relaks.

Meski demikian, hati-hati karena konsumsi pisang yang berlebihan berarti asupan gula berlebih, sehingga justru bisa mengembangkan gejala depresi. Ini diungkapkan dalam sebuah studi dalam Journal of Affective Disorders tahun 2019. Pada sekelompok perempuan yang mengonsumsi pisang paling banyak berhubungan positif dengan gejala depresi.

 

#2 – Alpukat

Selanjutnya, ada pula alpukat – makanan yang dapat membantu meningkatkan suasana hatimu. Dikutip dari Australian Avocados, alpukat mengandung nutrisi seperti serat, lemak sehat, dan mikronutrien yang membantu membuat suasana hati kita baik, meningkatkan energi, dan melawan kelelahan.

Nicholas Perricone, dokter kulit dan ahli gizi lewat bukunya, Dr Perricone's 7 Secrets to Beauty, Health, and Longevity, menyebut kalau alpukat mengandung asam lemak omega-3 – yang termasuk dalam sumber lemak anti-inflamasi untuk mencegah peradangan yang dihasilkan oleh radikal bebas. Dengan demikian, konsumsi alpukat dapat membantu meningkatkan suasana hati.

 

#3 – Semangka

6 Buah yang Bisa Bantu Tingkatkan Mood, Kamu Sudah Tahu?

Credit Image - simplyrecipes.com

Nah, buah segar yang satu ini juga dapat kamu pilih untuk bantu memperbaiki suasana hati, ya. Menurut ungkapan dari India Today, semangka dapat meningkatkan mood berkat adanya vitamin B6, yang mana vitamin ini merupakan nutrisi penting yang bertanggung jawab untuk menenangkan saraf. Semangka juga bisa membantu menyeimbangkan hormon yang dapat sangat memengaruhi mood.

Seperti diterangkan di laman The Express Tribune, ada penelitian yang mengonfirmasi bahwa orang dengan depresi kronis dan kecemasan memiliki kadar vitamin B6 yang lebih rendah. Vitamin B6 bertindak sebagai neurotransmiter – yaitu, berperan mengirimkan sinyal antar sel saraf dengan memproduksi serotonin yang mengarah ke sensasi perasaan yang baik.

 

#4 – Jeruk

Seperti diketahui, jeruk merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C untuk membantu menjaga, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Lebih dari itu, vitamin C juga disebut dapat bertindak sebagai mood booster, sebagaimana yang diungkapkan dalam jurnal Nutrition tahun 2011 – di mana, ditemukan bahwa vitamin C bisa meningkatkan suasana hati pasien rawat inap.

Hal tersebut pun didukung pernyataan seorang perempuan di laman Food Allwomenstalk, yang mengatakan kalau tingkat kecemasannya menurun secara signifikan setelah mengonsumsi jeruk. Ini karena adanya peran vitamin C dan B6. Keduanya dikatakan baik untuk mengurangi hormon stres dan mengurangi depresi, sehingga dapat meningkatkan mood

 

#5 – Lemon

6 Buah yang Bisa Bantu Tingkatkan Mood, Kamu Sudah Tahu?

Credit Image - health.kompas.com

Sama seperti buah jeruk yang kaya akan vitamin C, lemon juga dikenal sebagai salah satu sumber vitamin C terbaik, lho. Dalam sebuah hasil penelitian di Jepang – yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, dikatakan bahwa aroma buah sitrus, termasuk lemon dapat meningkatkan mood seseorang yang menghirupnya.

Tak hanya soal aromanya saja, namun kandungan vitamin C di dalam lemon juga memang dapat membantu meningkatkan mood, ya. Seperti, kamu dapat meminum air perasan lemon – dan suasana hati pun bakal lebih membaik!

 

#6 – Blueberi

Yang terakhir, ada juga bluberi untuk bantu memperbaiki suasana hatimu. Merujuk pada studi yang dilakukan oleh Khalid dkk. dalam jurnal Nutrients, ditemukan bahwa bluberi dapat memperbaiki mood. Lebih tepatnya, tim peneliti menemukan bahwa buah ini meningkatkan pengaruh positif pada pengukuran mood positif, seperti kegembiraan, minat, dan kewaspadaan dua jam setelah konsumsi.

Efek tersebut dikatakan bersumber dari kandungan flavonoid. Flavonoid adalah kelas polifenol yang ditemukan secara alami dalam buah-buahan, sayuran, teh, kopi, dan kakao.

Temuan di atas juga didukung oleh hasil review yang diterbitkan dalam jurnal Brain, Behavior, and Immunity tahun 2019. Ditemukan bukti awal potensi kemanjuran bluberi sebagai intervensi untuk mempromosikan kinerja kognitif, yaitu proses mental yang terlibat dalam mengetahui, belajar, dan memahami sesuatu – dan pastinya suasana hati.

Deretan makanan di atas yang bisa dijadikan sebagai mood booster, sebagian besar memiliki kandungan vitamin B6. Jenis vitamin tersebut dikenal perannya untuk fungsi tubuh, baik berkaitan dengan fisik maupun psikologis, lho.

Vitamin B6 dapat membantu memelihara kesehatan fungsi saraf – yang sering dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi. Vitamin ini punya peran ntuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood seseorang.

Sehingga, kekurangan Vitamin B6 dapat menyebabkan suasana hati yang mudah berubah. Bahkan, pada wanita, kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan gangguan pre-menstruasi dan depresi akibat ketidakseimbangan hormon.

Selain dari keenam makanan di atas, kamu juga bisa memperoleh asupan vitamin B kompleks, termasuk vitamin B6 dengan rutin mengonsumsi suplemen dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C maupun Enervon Active.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama – serta berperan sebagai mood booster.

Dan, kandungan Vitamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya, ya.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C dan Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu!

 

Wah, sekarang kamu sudah tahu ya 6 makanan yang dapat dijadikan sebagai pembangkit suasana hati. Jadi, kalau sedang bete, yuk coba konsumsi sejumlah asupan tersebut!

 

 

Featured Image - healthline.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!