Semangat kerja adalah kunci keberhasilan. Semua perusahaan pasti ingin mendapatkan hasil kerja nyata yang maksimal dari setiap karyawannya. Namun disisi lain, para karyawan yang terjebak dalam rutinitas kerja seringkali membuat bosan dan akhirnya semangat kerja pun menurun.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba berbagai tips berikut ini agar kamu tetap semangat bekerja, sehingga produktivitasmu di kantor juga semakin meningkat.

1. Temukan apa yang membuat kamu Bahagia

Credit: The Conversation

Hal ini mungkin terdengar klise, tetapi percayalah cara yang satu ini akan berhasil membantu meningkatkan semangat kerjamu di kantor. Hal ini bisa dilakukan sesederhana mencari sesuatu untuk disyukuri, entah itu lokasi kantor yang strategis, atau bahkan sekedar bayangan Kasur dan bantal hangat yang menanti kepulanganmu di rumah.

2. Buat meja kerja senyaman mungkin

Credit: Qerja.com

Jika ingin semangat kerja tetap tinggi, coba sisihkan waktu untuk membersihkan dan merapihkan meja. Kamu boleh menghias meja kerja dengan boneka pajangan, bingkai foto anggota keluarga, atau mungkin poster atau foto idola kesayangan kamu.

3. Istirahat saat mulai merasa jenuh

Credit: Lifestyle Okezone

Jika kamu sudah mulai merasa lelah atau jenuh dengan pekerjaan, maka istirahatlah. Misalnya, dengan sekedar melakukan peregangan, pergi ke pantry untuk isi air minum, atau mencari camilan sore. Selingan singkat dapat membantu meningkatkan produktivitas kamu dengan memompa aliran darah, dan membuatmu kembali merasa segar untuk melanjutkan pekerjaan.

4. Kurangi multitasking

Credit: Medicalnewstoday

Meskipun kerja erat hubungannya dengan multitasking, memaksa diri untuk menyelesaikan lebih dari satu tugas dalam waktu bersamaan justru bisa membuat waktumu. Orang yang mencoba multitasking malah menjadi mudah teralihkan pikirannya, dan kualitas pekerjaan pun menjadi buruk.

5. Berikan reward untuk diri sendiri

Credit: BBC News

Setiap kali kamu menyelesaikan tugas atau pekerjaan, maka berikan reward untuk dirimu sendiri. Entah itu makan malam, membeli gadget baru, membeli kue kesukaan, atau memanjakan diri dengan pergi ke salon. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih termotivasi untuk semakin bergerak maju dan bekerja lebih baik lagi.

6. Tersenyum

Credit: Telegraph.co.uk

Sesuatu sederhana seperti tersenyum dapat meningkatkan kebahagiaan kamu di tempat kerja, karena tersenyum dapat memberitahu otak untuk jadi lebih Bahagia. Selain itu, tersenyum juga merupakan hal yang menular, sehingga ketika kamu tersenyum, rekan kerjamu akan ikut tersenyum juga.

7. Lakukan hal yang membuatmu semangat sebelum mulai kerja

Credit: cbsnews.com

Lakukan sesuatu yang bisa mendorong semangat dan mood positif kamu di pagi hari sebelum mulai bekerja. Mulai dari meminum kopi, atau mendengarkan musik favorit sebelum memulai pekerjaan. Penelitian menunjukkan bahwa ketika tubuh dan mental kita “didandani” untuk menjadi lebih Bahagia sebelum mengerjakan suatu pekerjaan, maka kita akan bekerja lebih baik.

 

Featured Image - Hello Sehat