Newbie! Ini 5 Alat Olahraga Untuk Tunjang Kegiatan Workout From Home

Newbie! Ini 5 Alat Olahraga Untuk Tunjang Kegiatan Workout From Home

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19, kamu memang direkomendasikan untuk melakukan berbagai aktivitas dari rumah saja, termasuk kegiatan olahraga. Ini merupakan upaya agar tubuh tetap bugar, meskipun lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Tenang, ada banyak sekali jenis olahraga yang tersedia – dan cocok dijadikan pilihan sebagai teman workout from home, lho.

Tapi, bagaimana caranya biar olahraga di rumah tetap berasa seperti di gym? Nah, ada berbagai alat yang dapat kamu sediakan – untuk membantu menunjang kegiatan olahraga biar tetap efektif dan variatif. Tak cuma buat yang sudah mahir, namun sejumlah alat ini cocok buatmu para pemula, kok.

Sudah penasaran, kira-kira, apa saja alat olahraga yang direkomendasikan biar kegiatan workout from home makin seru? Berikut ini 5 di antaranya. Yuk, simak informasinya sampai habis, Enervoners!

 

 

#1 – Dumbel

Newbie! Ini 5 Alat Olahraga Untuk Tunjang Kegiatan Workout From Home

Credit Image - self.com

Selain olahraga kardio, melakukan latihan kekuatan sangat disarankan untuk menjaga kebugaran karena dapat meningkatkan massa otot. Jenis latihan ini biasanya memanfaatkan berat badan, seperti bodyweight training yang melibatkan gerakan squat, pull-up, sit-up, jumping jack, dan lunges.

Latihan kekuatan juga bisa menggunakan alat berat, seperti dumbel dengan bobot yang bervariasi. Kalau kamu baru pertama kali menggunakan alat ini, mulailah dengan bobot paling ringan, yaitu 0,5 kilogram (kg). Bila sudah terbiasa, tambah bobotnya perlahan hingga 10 kg, ya.

Biasanya dumbel digunakan sebanyak satu pasang. Kamu tetap bisa menggunakannya dalam gerakan olahraga seperti biceps curltriceps extension, atau shoulder press.

 

#2 – Resistance Band

Sudah tahu alat olahraga yang satu ini? Ya, resistance band dapat meningkatkan kekuatan, sekaligus fleksibilitas di tubuh bagian bawah akan lebih optimal jika menggunakan alat, seperti resistance band. Ini merupakan pita elastis yang dapat digunakan untuk memodifikasi berbagai gerakan, seperti glute bridge atau lunges.

Selain itu, alat yang satu ini punya bentuk yang ringan dan kecil membuatnya mudah dibawa ke mana-mana – dan digunakan kapan saja.

Seperti dumbel, alat ini juga memiliki tingkat ketahanan yang beragam. Makin tinggi tingkat ketahanannya, tingkat kesulitannya pun makin besar. Untuk itu, pemula dianjurkan untuk menggunakan resistance band dengan tingkat ketahanan yang ringan terlebih dahulu, lalu naikkan tingkat ketahanannya seiring waktu.

 

#3 – Matras

Newbie! Ini 5 Alat Olahraga Untuk Tunjang Kegiatan Workout From Home

Credit Image - sportivitas.net

Alat yang satu ini berfungsi untuk melindungi kamu ketika melakukan manuver berbagai gerakan olahraga. Ini karena matras yoga berbahan dasar karet, sehingga tidak licin ketika bersentuhan dengan kulit meskipun basah karena keringat.

Bantalan pada matras juga bisa mencegah kamu terbentur langsung dengan lantai ketika melakukan gerakan kompleks seperti burpee. Namun, ketebalan matras bisa dipilih berdasarkan jenis olahraga dan kebutuhan kamu.

Matras dengan ketebalan tipis cocok bagi kamu yang suka melakukan olahraga dinamis dan sering bepergian, sedangkan matras tebal cocok untuk pemula yang lebih banyak melakukan olahraga di rumah.

 

#4 – Kettlebell

Sama-sama termasuk alat beban untuk melatih kekuatan, kettlebell berbeda dengan dumbel dari segi bobot dan cara penggunaannya. Alat berbentuk bola ini memiliki variasi bobot yang lebih berat, yaitu berkisar 8 hingga 20 kg. Cara penggunaannya pun diayunkan atau diangkat dengan dua tangan.

Alat ini bisa digunakan untuk memodifikasi gerakan olahraga tubuh bagian bawah, seperti goblet squat, lunges, dan deadlift. Sebelum menggunakan kettlebell, pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu guna menghindari cedera. Gunakan bobot yang sesuai dengan kemampuanmu.

 

#5 – Foam Roller

Newbie! Ini 5 Alat Olahraga Untuk Tunjang Kegiatan Workout From Home

Credit Image - review.bukalapak.com

Selepas berolahraga, wajar jika otot menjadi tegang. Namun, jika tidak melakukan relaksasi, kamu bisa mengalami kram otot bahkan cedera. Untuk mencegahnya, foam roller merupakan alat yang tepat untuk membantu melepaskan kekakuan pada otot. Tak hanya itu, alat ini juga dapat kamu gunakan usai beraktivitas seharian atau saat mengalami nyeri otot.

Sesuai namanya, alat ini berbahan busa berbentuk silinder. Foam roller hadir dengan berbagai tipe dan ukuran. Beberapa jenisnya bahkan dimodifikasi dengan tambahan tekstur, seperti gerigi di permukaannya. Jadi, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan, ya.

Nah, agar kegiatan kegiatan olahraga semakin maksimal, pastinya kamu mesti menjaga stamina dan energi tubuh – sehingga, aktivitas fisik bisa dilakukan dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan memenuhi kebutuhan vitamin harian, lho.

Tak hanya dari sumber makanan, vitamin juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu ya!

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah kelima alat yang dapat menunjang kegiatan olahraga selama di rumah. Jadi, apakah kamu tertarik memilikinya? Yang penting, tetap berhati-hati selama latihan, apalagi kalau melakukan aktivitas yang berat. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image - realsimple.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!