Bingung Soal Cara Melamar Kerja Online? Ini 5 Solusi Tepat Untukmu

Bingung Soal Cara Melamar Kerja Online? Ini 5 Solusi Tepat Untukmu

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19, tak sedikit para pekerja yang lebih memilih untuk melamar kerja secara online, ketimbang datang langsung ke perusahaan terkait. Meski terbilang lebih aman – dan pastinya praktis, namun ada beragam cara melamar kerja online yang perlu kamu perhatikan, apalagi terkait dengan CV yang bakal dikirimkan!

Saat ini, masih banyak yang menganggap bahwa desain resume harus beragam, serta memilih banyak elemen visual. Sayangnya, hal ini salah besar, lho! Pasalnya, cara melamar kerja online tersebut hanya akan menyulitkanmu mendapat pekerjaan.

Yang paling buruknya, alih-alih mendapat kerja, kamu justru kalah dengan kandidat lainnya. Sudah pasti, kamu tak ingin hal tersebut terjadi, kan? Nah, biar cepat dapat kerja meskipun melamar secara online, kali ini Enervon bakal kasih 5 tips sederhana – namun, tetap efektif yang bisa diterapkan, lho.

Penasaran, apa saja cara melamar kerja online tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya!

 

 

#1 – Lakukan Riset Perusahaan

Bingung Soal Cara Melamar Kerja Online? Ini 5 Solusi Tepat Untukmu

Credit Image - pintaria.com

Dalam menerapkan cara melamar kerja online yang tepat, langkah pertama yang perlu dilakukan, yakni riset perusahaan yang dituju. Pastikan kamu memang sudah tertarik dengan bisnis dari perusahaan tersebut, ya.

Apalagi, biasanya rekruter akan lebih tertarik dengan kandidat yang memiliki “hubungan” dengan perusahaan, lho. Misalnya, kamu pernah bekerja di industri yang sama, atau kuliah dengan jurusan yang berkaitan dengan model bisnis. Selain itu, kamu juga perlu menilai kecocokan visi dan misi, sampai budaya kerja.

Proses riset tersebut akan membantumu terhindari dari lowongan kerja menipu, lho! Jadi, pastikan kamu sudah menerapkan cara melamar kerja online yang satu ini.

 

#2 – Lamar Lewat Situs Pencari Kerja

Kata siapa berburu kerja secara online hanya dapat kamu lakukan lewat email saja? Anggapan tersebut sudah tentu salah, ya. Saat ini, kamu sudah dapat menggunakan situs pencari kerja – yang bakal semakin memudahkanmu, lho.

Selain itu, cara melamar kerja online yang satu ini punya kelebihan tersendiri. Seperti, di situs pencari kerja kamu akan mendapat notifikasi soal kemajuan – atau perubahan lamaranmu. Beberapa situs pun juga dapat mengirimkan rekomendasi lowongan kerja. Nah, pasti akan membuat proses mencari kerja semakin efektif.

 

#3 – Bikin Resume Dengan ATS Friendly

Bingung Soal Cara Melamar Kerja Online? Ini 5 Solusi Tepat Untukmu

Credit Image - idcloudhost.com

Cara mencari kerja online berikutnya yang tak kalah penting, kamu perlu membuat CV yang ATS friendly, ya. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui hal yang satu ini. Umumnya, perusahaan yang tengah mencari kandidat secara online menggunakan applicant tracking system (ATS) – ini merupakan software yang berfungsi memilah-milah CV kandidat.

Untuk itu, kamu harus membuat CV yang ATS-friendly. Jadi, aplikasi ini bisa menilaimu dengan baik, hingga akhirnya kamu dipanggil interview. Dikutip dari Top Resume, berikut ini ciri CV yang disukai oleh ATS, yaitu:

  • Memiliki format PDF
  • Berisi kata kunci yang tepat, misalnya rekruter mencari kandidat yang bisa menggunakan Google Forms, maka kamu menuliskan Google Forms di CV
  • Minim gambar, grafik, atau tabel
  • Desainnya minimal dan urutannya jelas
  • Memakai bullet points yang sederhana.

Pastikan CV yang kamu buat sudah memenuhi ketentuan di atas, ya. Dengan menerapkan cara ini, mencari kerja secara online bukan lagi tantangan terbesar untukmu!

 

#4 – Tapi, Tak Perlu Membuat CV Terlalu Penuh

Tak hanya menjadikan CV lebih ATS friendly, namun kamu mesti membuatnya menjadi tak terlalu penuh, lho. Misalnya, kamu punya banyak pencapaian dan prestasi, meski bisa membuatmu unggul, tetapi hal tersebut justru membuat dokumen lamaran kerja menjadi terlalu panjang.

Alih-alih menyakinkan rekruter, tipe CV yang terlalu penuh malah terkesan bertele-tele, lho. Dan akhirnya kamu pun tak kunjung dipanggil wawancara. Jadi, coba pilah dan pilih kembali prestasi, kemudian tentukan beberapa prestasi terbaik, yang sekiranya menunjang nilai dirimu.

Contohnya, cukup masukkan riwayat pendidikan SMA dan kuliahmu, lalu hindari menuliskan riwayat sekolah TK sampai SMP. Masukkan pula pengalaman organisasi dan pengalaman bekerja yang terkait. Dengan cara ini, saat melamar kerja online, kamu memberikan pertimbangan tambahan pada rekruter.

Nah, cara melamar kerja online yang satu ini juga patut kamu terapkan, ya!

 

#5 – Jangan Sia-Siakan Waktu Luang

Bingung Soal Cara Melamar Kerja Online? Ini 5 Solusi Tepat Untukmu

Credit Image - tribunnews.com

Yang terakhir dalam cara melamar kerja online, yaitu jangan sampai kamu membuang waktu luang, ya. Sembari menunggu respons dari rekruter, cobalah tantang dirimu sendiri. Dalam hal ini, lakukan berbagai hal yang bermanfaat terkait dengan posisi yang sedang diincar.

Misalnya, kamu tengah mencari pekerjaan sebagai seorang penulis. Lantas, tantanglah dirimu dengan menulis satu artikel setiap harinya. Atau, bisa juga dengan ikut kelas, maupun pelatihan yang berkaitan dengan bidang tersebut.

Dengan memanfaatkan waktu sambil melamar kerja onlineskill, dan portofoliomu makin bertambah. Menerapkan cara melamar kerja online yang satu ini pun membuat waktu tak ada yang terbuang sia-sia, lho!

Wah, buatmu yang sedang mencari kerja secara online, pastikan sudah menerapkan kelima tips sederhana tersebut. Biar tubuh semakin berenergi ketika melamar kerja, kamu juga disarankan untuk tetap menjaga kesehatan. Pastinya, kamu tak ingin proses mencari kerja jadi terhambat akibat tubuh yang kurang fit, kan?

Agar hal itu tidak terjadi, kamu juga disarankan untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active, nih. Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active yang asli, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah kelima cara melamar kerja secara online yang dapat kamu terapkan. Selamat mencoba, Enervoners!

 

 

Featured Image – jobstreet.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!