Bagi kamu yang sedang melakukan diet pasti seringkali menghitung berapa kalori dalam setiap makanan yang akan dikonsumsi. Meskipun hal ini sedikit repot dan perlu perhitungan yang pas agar tidak mengonsumsi kalori berlebih, kamu tidak perlu khawatir bila tahu apa saja makanan yang mengandung sedikit kalori.

Saat ini, memang tidak ada makanan yang benar- benar mengandung nol kalori. Setiap sumber makanan pasti mengandung setidaknya satu kalori. Lalu apa saja makanan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Lobak, satu buah kecil mengandung 1 kalori

Credit: Hello Sehat

Lobak mentah sering dikenal sebagai bahan pembuat acar atau dijadikan hiasan makanan agar tampak cantic dan segar. Lobak merupakan salah satu makanan yang rendah kalori. Selain itu, lobal juga tinggi kandungan serat yang bisa membantu perut kenyang lebih lama.

2. Paprika mentah, satu iris mengandung 2 kalori

Credit: Glitzmedia.co

Salah satu studi meyakini bahwa seiris paprika mentah hanya mengandung 2 kalori. Selain rendah kalori, paprika juga diyakini dapat membantumu membakar lemak lebih cepat. Ditambah dengan kandungan folat dan vitamin B6 pada paprika yang dapat mengurangi pembengkakan di arteri serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Kembang kol, satu bunga kecil mengandung 3 kalori

Credit: Hello Sehat

Satu tangkai kecil kembang kol disebutkan mengandung 3 kalori. Selain itu, sumber makanan ini juga mengandung sejumlah serat yang baik untuk membantu melancarkan pencernaan.

4. Stroberi, satu buahnya mengandung 4 kalori

Credit: Jawapos

Menurut penelitian dari University of Warwick, stroberi merupakan salah satu buah yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Stroberi merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, stroberi juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan diabetes.

5. Selada, satu mangkok mengandung 10 kalori

Credit: CNN Indonesia

Tidak semua selada hijau memiliki kalori yang rendah. Untuk menjadikan selada sebagai alternative makanan rendah kalori, kamu bisa memilih selada atau lettuce romaine sebagai bahan dasar salad diet kamu. Selada romaine memiliki tekstur yang berserat, tinggi kandungan air dan merupakan sumber vitamin A, vitamin K, folat, serta vitamin C.

6. Wortel, satu buah mengandung 30 kalori

Credit: foodnetwork.com

Banyak orang yang sering menjadikan wortel sebagai camilan sehat. Selain sehat dan rendah kalori, wortel juga mengandung 2 gram serat yang baik untuk sistem pencernaanmu. Kamu juga bisa mengolah wortel menjadi sayur atau jenis makanan lainnya, dan kamu tetap mendapatkan berbagai manfaat dari wortel.

7. Bayam, satu cangkir mengandung 7 kalori

Credit: Simply Recipes

Selain kalorinya yang rendah, bayam segar juga merupakan sumber omega-3 dan asam folat nabati yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis.

 

Featured Image - The Kitchn