6 Manfaat Plum, Buah yang Mengandung Vitamin C, Baik Untuk Kesehatan!

6 Manfaat Plum, Buah yang Mengandung Vitamin C, Baik Untuk Kesehatan!

font size A Ǎ

Dewasa ini, kamu pasti sudah tidak lagi asing dengan buah plum, kan? Ya, buah yang mengandung vitamin C tersebut ternyata punya banyak manfaat baik untuk kesehatan, termasuk bisa membantu menurunkan berat badan, lho.

Plum termasuk ke dalam keluarga Rosaceae yang juga mencakup buah persik, sekaligus aprikot. Buah yang mengandung vitamin C satu ini pun termasuk dalam superfood. Dalam setiap buah plum, terkandung 30 kalori, 8 gram karbohidrat, 1 gram serat, dan juga 7 gram gula.

Selain itu, dalam satu buah plum juga dapat membantu memenuhi 5 persen vitamin A dari angka kebutuhan gizi – dan 10 persen vitamin C dari jumlah minimal yang perlu dipenuhi setiap harinya, nih. Apakah kamu sudah penasaran, kira-kira apa saja sih manfaat baik dari buah plum?

Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini 6 dampak baik yang bisa kamu peroleh, kalau rutin mengonsumsi buah plum. Simak ulasannya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Menjaga Kesehatan Pencernaan

6 Manfaat Plum, Buah yang Mengandung Vitamin C, Baik Untuk Kesehatan!

Credit Image - tribunnews.com

Manfaat dari buah yang mengandung vitamin C ini, yaitu dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, termasuk mengurangi risiko sembelit. Serat dalam buah plum dapat memadatkan massa feses, serta melancarkan proses pembuangannya. Dengan demikian, hal tersebut juga bisa mengurangi risiko kanker usus besar dan wasir, lho.

Sementara itu, serat plum yang tidak larut bertugas menyediakan makanan untuk bakteri baik yang tinggal di usus besar, sehingga membantu melestarikan populasinya. Nah, bakteri baik dalam usus akan menghasilkan asam lemak rantai pendek yang disebut asam butirat. Asam butirat berfungsi sebagai bahan bakar utama untuk sel-sel usus besar dan membantu mempertahankan kesehatan organnya.

Bakteri baik juga menciptakan dua asam lemak, yakni asam propionat dan asetat, yang digunakan sebagai bahan bakar oleh sel-sel hati dan otot. Bakteri ramah ini akan memerangi bakteri patogen penyebab penyakit dan mencegahnya bertahan di saluran pencernaan.

Dalam kata lain, hal ini dapat membantu menjaga sistem kekebalan. Pasalnya, sebagian besar sistem imunitas berada di saluran pencernaan. Jadi, kalau kesehatan pencernaan sudah terjaga dengan baik – maka kekebalan pun semakin kuat!

 

#2 – Menurunkan Kolestrol

Selanjutnya, buah plum juga dapat menghasilkan asam propionat – yang merupakan serat tidak larut dan berfungsi membantu menurunkan kolesterol darah, dengan cara mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran.

Asam empedu adalah senyawa yang digunakan untuk mencerna lemak yang diproduksi oleh organ hati. Ketika asam tersebut diekskresikan bersama dengan serat buah plum, hati harus memproduksi asam empedu baru dan memecah lebih banyak kolesterol, sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang beredar.

Dan, serat larut juga bisa mengurangi jumlah kolesterol yang diproduksi oleh hati, lho. Jadi, untuk memperoleh manfaat tersebut, pastikan kamu sudah rutin mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C satu ini, ya.

 

#3 – Juga Bermanfaat Untuk Jantung

6 Manfaat Plum, Buah yang Mengandung Vitamin C, Baik Untuk Kesehatan!

Credit Image - health.detik.com

Vitamin C memang punya manfaat baik untuk kesehatan jantung, begitu pula dengan plum, buah yang mengandung vitamin C. Kandungan tersebut, serta kandungan kalium di dalamnya dapat membantu berbagai fungsi tubuh vital. Vitamin dan mineral ini akan membantu memelihara irama jantung, impuls saraf, kontraksi otot jantung, serta tekanan darah yang dapat menekan risiko stroke.

Karena tubuh tidak menghasilkan kalium secara alami, untuk itu kamu harus rutin mengonsumsi makanan yang memiliki kandungannya. Makan buah plum atau meminum jusnya dapat membantu mencukupi kebutuhan harian kalium tubuh, ya.

Terlebih lagi, zat pewarna alami buah plum, antosianin, dapat melindungi terhadap kanker dengan menetralkan radikal bebas yang berbahaya.

 

#4 – Bantu Cegah Anemia

Tahukah kamu bahwa buah yang mengandung vitamin C satu ini juga bisa membantu mencegah anemia? Ya, penyakit anemia memang kerap terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Untuk memproduksi sel darah yang sehat, maka kamu membutuhkan asupan zat besi.

Nah, plum termasuk sumber zat besi yang bisa membantu mencegah, sekaligus mengobati kekurangan mineral tersebut, lho. Dalam 250 gram buah plum mengandung 0,81 miligram zat besi – yang mana menyediakan 4,5 kebutuhan hariannya.

 

#5 – Menurunkan Risiko PPOK

6 Manfaat Plum, Buah yang Mengandung Vitamin C, Baik Untuk Kesehatan!

Credit Image - health.kompas.com

Penyakit paru obstruktif kronis – alias PPOK, termasuk emfisema, merupakan penyakit kronis yang dapat menyebabkan masalah pernapasan. Ada berbagai macam penyebabnya, namun merokok termasuk salah satu faktor utama dari penyakit tersebut.

Sebuah studi terbaru melaporkan bahwa makanan yang kaya akan polifenol, termasuk antioksidan dapat mengurangi risiko PPOK, lho. Dalam hal ini, plum punya antioksidan tinggi – yang dapat melawan kerusakan akibat merokok dengan menetralkan stres oksidasi.

Hal tersebut bisa membantu mengurangi kemungkinan penyakit emfisema, PPOK, serta kanker paru-paru.

 

#6 – Menurunkan Berat Badan

Terakhir, buah yang mengandung vitamin C ini juga bisa membantu menurunkan berat badanmu, lho. Memang, buah dengan cita rasa masam tersebut punya kandungan banyak serat, sekaligus indeks glikemik yang rendah.

Padatnya serat buah plum lambat untuk dicerna oleh tubuh sementara indeks glikemik rendah berperan mengatur pelepasan kadar gula darah, sehingga membuat kamu kenyang lebih lama. Selain itu, plum juga mengandung sorbitol alami, gula alkohol dengan tingkat penyerapan lambat dalam tubuh.

Mendapatkan asupan vitamin C – maupun vitamin dan mineral lainnya memang bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi buah plum. Meski demikian, untuk memaksimalkan pemenuhan asupan vitamin harian, kamu juga dianjurkan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, nih.

Untuk suplemen multivitamin, kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon-C dan Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Bagaimana, nih? Sekarang kamu sudah tahu ya berbagai manfaat baik dari rutin mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C satu ini. Untuk menyeimbangkannya, jangan lupa tetap minum multivitamin dari Enervon, ya!

 

 

Featured Image – jovee.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!