5 Peran Ayah Dalam Keluarga, Kamu Sudah Tahu?

5 Peran Ayah Dalam Keluarga, Kamu Sudah Tahu?

font size A Ǎ

Tak hanya sebagai sosok yang bertugas untuk mencari nafkah saja, namun lebih dari itu, ayah juga memiliki beragam peranan penting dalam urusan keluarga, lho. Apakah moms sudah mengetahui hal yang satu ini?

Selain ibu yang punya tugas besar, tetapi peran ayah dalam keluarga pun tidak kalah pentingnya. Apalagi, kalau Si Kecil sudah mulai beranjak dewasa – dan bisa diajak berdiskusi. Pastinya, ia pun akan bertanya mengenai peran ayah dalam keluarga, kan?

Kalau kamu “ditodong” pertanyaan serupa, moms pun bisa memberikan pengertian bahwa tugas seorang ayah tak hanya sebagai pencari nafkah saja. Untuk membantumu, berikut ini ada 5 peran ayah dalam keluarga yang wajib diketahui.

Yuk moms, simak ulasan lengkapnya sampai habis, ya!

 

 

1. Menjadi Pemimpin Keluarga

5 Peran Ayah Dalam Keluarga, Kamu Sudah Tahu?

Credit Image - tribunnews.com

Peran ayah dalam keluarga yang pertama, yakni menjadi pemimpin bagi keluarganya. Bisa dibilang ayah bagaikan pilot dari keluarga tersebut. Dalam hal ini, ayah yang akan memandu, sekaligus memberi arahan kepada seluruh anggota keluarga.

Moms bisa melihat bagaimana sifat sang ayah sebagai pemimpin, dalam mengambil keputusan, mengatasi konflik, maupun hal-hal penting lainnya. Sebagai pendamping yang baik, maka kamu juga perlu menanamkan kepada anak mengenai peran ayah dalam keluarga, termasuk sebagai pemimpin.

Yang tidak kalah pentingnya, ajarkan pula Si Kecil untuk menghargai setiap usaha ayah dalam menjaga keluarga, ya!

 

2. Teladan Bagi Anggota Keluarga

Peran ayah keluarga juga penting sebagai panutan bagi istri dan anak-anaknya, lho. Memang, perkembangan dan tingkah laku Si Kecil bakal dipengaruhi oleh orang-orang di sekitarnya, termasuk orangtua. Untuk itu, tak heran kalau ayah sering dijadikan role model untuk anak-anaknya, nih.

Menjadi ayah tidaklah mudah, ya. Dalam hal tersebut, ayah perlu menjadi panutan yang baik buat setiap buah hatinya. Perilaku yang ditunjukkan oleh ayah pun akan dicontoh anak – sekaligus menjadi landasan bagi pembentukan kepribadiannya di kemudian hari.

 

3. Sosok yang Menghibur

5 Peran Ayah Dalam Keluarga, Kamu Sudah Tahu?

Credit Image - review.bukalapak.com

Ayah identik dengan sikap tegasnya sebagai kepala keluarga. Namun, siapa sangka kalau kebanyakan ayah juga punya sifat penghibur. Tentunya, hal tersebut sangat diperlukan, apalagi kalau para ibu sedang membutuhkan bantuan – atau tengah merasa sedih. Sifat tersebut bisa menenangkan suasana hati yang lagi memburuk, lho.

Begitu pula ketika anak-anak sedang murung dan bersedih, ayah pun bakal segera turun tangan untuk menghibur Si Kecil, kan? Dengan demikian, anak bisa kembali merasa ceria, dan pastinya kembali bersemangat, moms!

 

4. Sosok yang Disiplin

Peran ayah dalam keluarga berikutnya, yakni dianggap sebagai seseorang yang disiplin. Ayah memiliki andil besar dalam menumbuhkan sikap disiplin pada anak-anaknya. Kedisiplinan tersebut perlu dibangun sejak dini, sehingga Si Kecil pun mampu menghargai waktu, sekaligus mengenal berbagai kebiasaan baik.

Untuk itu, sebagai pasangan, moms juga perlu membantu, serta mendukung sang ayah, ya. Kamu bisa membantu menanamkan sikap disiplin tersebut kepada anak-anak. Ingatlah, hal yang satu ini memerlukan kerjasama pasangan, lho.

 

5. Sebagai Imam Keluarga

5 Peran Ayah Dalam Keluarga, Kamu Sudah Tahu?

Credit Image - cnnindonesia.com

Peran ayah dalam keluarga lainnya yang tak kalah penting adalah mengarahkan keluarga agar menjadi taat sesuai dengan agama yang dianut masing-masing. Ayah adalah seorang imam bagi keluarganya, jadi dia memiliki tugas buat membimbing keluarganya menghindari perilaku yang buruk.

Selain itu, ayah juga akan membantu menanamkan nilai-nilai agama dalam keluarga sebagai pondasi kehidupan yang baik. Pemahaman soal agama ini penting lho, agar anak nantinya bisa terhindar dari sifat – maupun pergaulan buruk yang tengah marak sekarang ini.

Tak bisa dipungkiri, peran ayah dalam keluarga memang sangat penting, termasuk untuk membantu tumbuh kembang anak, ya. Namun, agar pertumbuhan Si Kecil makin maksimal, pastikan pula moms sudah memberikan asupan vitamin yang cukup.

Selain dari buah dan sayuran, kebutuhan vitamin juga dapat dipenuhi dengan memberikan multivitamin anak yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho. Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C Plus Sirup, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, itulah kelima peran ayah dalam keluarga yang wajib diketahui. Dalam kehidupan rumah tangga, baik ayah maupun ibu memiliki tugas yang sama pentingnya – dan tentu tak bisa dianggap enteng. Pasalnya, hal ini bakal memengaruhi kepribadian anak ketika ia beranjak dewasa, lho. Untuk itu, tetap terapkan pola asuh yang baik ya, moms!

 

 

Featured Image – kompas.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!