Si Kecil Ingin Membantu Ibu Memasak? Perhatikan Dulu Hal Ini!

Si Kecil Ingin Membantu Ibu Memasak? Perhatikan Dulu Hal Ini!

font size A Ǎ

Mengajak anak untuk membantu ibu memasak memang merupakan kegiatan yang menyenangkan, ya. Apakah moms setuju? Sebenarnya, baik anak perempuan maupun laki-laki mesti diajarkan kemampuan yang satu ini sejak usia dini, lho.

Tak perlu terburu-buru, kok. Menurut Academy of Nutritions and Dietetics Amerika Serikat, di usia 10 tahun seharusnya Si Kecil sudah menguasai kemampuan masak sederhana, seperti membersihkan – dan mengupas bahan makanan dengan bersih, mengiris sayur dan buah, mengukur takaran bahan masakan, mengocok telur – maupun adonan kue, hingga membuat masakan sederhana – misalnya, sup, telur dadar, dan nasi.

Meski demikian, sebelum mengajak anak membantu ibu memasak, ada baiknya moms memerhatikan 6 aturan berikut ini, ya. Dengan demikian, kegiatan memasak bersama pun lebih menyenangkan – dan pastinya aman dilakukan.

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

 

 

#1 – Memasak Dengan Izin Orang Dewasa

Si Kecil Ingin Membantu Ibu Memasak? Perhatikan Dulu Hal Ini!

Credit Image - klikdokter.com

Moms, ketika mengajak anak untuk membantumu memasak, pastikan kamu tak pernah melupakan aturan yang satu ini, ya. Bukan tanpa alasan, pasalnya hal ini bisa menghindari anak dari berbagai kemungkinan buruk yang dapat dialaminya, lho.

Aturan membantu ibu memasak yang satu ini pun perlu diterapkan bagi semua anak, baik yang sudah terbiasa memasak, apalagi yang baru belajar. Intinya, harus selalu meminta izin dan pendampingan dari orang dewasa saat memasak.

Selain untuk memberikan panduan cara menggunakan alat dapur dengan benar, hal ini bakal melindungi anak dari berbagai risiko berbahaya yang mungkin terjadi.

 

#2 – Mencuci Tangan Secara Rutin

Aturan dalam membantu ibu memasak berikutnya, yakni anak mesti rutin mencuci tangan, baik sebelum menyentuh bahan masakan – hingga sesudahnya. Kamu pasti tahu kan kalau secara tidak sadar anak sering menyentuh benda yang berpotensi mengandung kuman dan bakteri?

Agar kesehatan dan keamanan makanan tetap terjaga, maka hal yang satu ini tidak boleh dilewatkan, lho. Biasakan mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh apapun di dapur – dan pastinya sesudah menyentuh bahan makanan yang berbeda, ya.

 

#3 – Menyiapkan Bahan Masakan Terlebih Dahulu

Si Kecil Ingin Membantu Ibu Memasak? Perhatikan Dulu Hal Ini!

Credit Image - sarihusada.co.id

Dalam industri kuliner profesional, banyak sekali juru masak yang menggunakan metode mise en place. Jangan salah, metode yang satu ini dapat membuat proses memasak menjadi lebih mudah – dan pastinya tak memakan banyak waktu, lho.

Tapi, apa sih metode mise en place tersebut? Ini merupakan persiapan, di mana semua bahan makanan sudah dibersihkan, dipotong, sekaligus ditakar sesuai kebutuhannya sebelum memulai memasak. Nah, untuk memudahkan anak, maka moms bisa mengajaknya melakukan hal yang satu ini!

 

#4 – Menggunakan Pelindung Ketika Memegang Benda Panas

Aturan membantu ibu memasak yang juga tak kalah pentingnya, yakni memastikan anak sudah menggunakan pelindung, apalagi saat memegang benda panas. Tak hanya itu melindungi anak dari risiko kulit terbakar saja, namun pelindung – seperti sarung tangan dan lap bersih juga akan mencegah Si Kecil menjatuhkannya.

Yang juga perlu moms ketahui bahwa aturan yang satu ini juga berlaku ketika anak akan membawa piring – maupun mangkuk berisi hidangan panas untuk disajikan di meja makan. Jadi, apakah kamu telah menerapkan hal yang satu ini?

 

#5 – Menggunakan Pisau Secara Tepat

Si Kecil Ingin Membantu Ibu Memasak? Perhatikan Dulu Hal Ini!

Credit Image - mommiesdaily.com

Kegiatan memegang pisau di dapur memang dapat menjadi sesuatu yang menegangkan, moms. Bahkan, tak sedikit pula ibu yang akhirnya menghindari mengajarkan Si Kecil memasak, karena takut ia berurusan dengan pisau.

Namun tak perlu khawatir berlebihan, ya. Bila dilakukan sesuai dengan aturan berikut, Stephanie Gallagher, seorang penulis dan jurnalis makanan dari Amerika Serikat menyarankan kamu untuk mengajari anak memasak dengan menggunakan pisau secara aman.

  • Agar lebih stabil dan mudah dikendalikan, genggam pisau sambil menjepit kuat pangkal pisau dengan jempol dan telunjuk.
  • Lindungi jari pada tangan yang tidak memegang pisau dengan menekuk satu ruas kedalam seperti cakar.
  • Selalu berdiri tegak dan fokus saat menggunakan pisau. Menyandar pada meja dapur akan membuat tubuh tidak seimbang dan beresiko membuat tangan terpeleset.

Selain itu, dalam membantu ibu memasak, anak juga dapat menggunakan pisau plastik sederhana untuk memotong bahan makanan yang lembut di awal belajar memasak. Kalau ia sudah terbiasa, barulah diganti dengan pisau khusus anak – yang biasanya memiliki ukuran lebih kecil dari pisau pada umumnya.

 

#6 – Memasak Sembari Membersihkan

Siapa yang kerap menganggap bahwa mengajak anak memasak merupakan kegiatan yang merepotkan? Ya, hal tersebut dilandasi oleh dapur yang menjadi berantakan setelah Si Kecil melakukan aktivitas yang satu ini.

Meski demikian, moms bisa menerapkan aturan memasak sembari membersihkan, lho. Misalnya, kamu dapat mencontohkan anak untuk langsung membersihkan permukaan yang terkena tumpahan, membuang kulit buah – atau sisa sayuran, atau mencuci peralatan ketika ada kesempatan.

Jadi, anak pun tidak perlu menunggu sampai proses masak selesai, baru ia membersihkan dapur, ya!

Wah, mengajak anak membantu ibu memasak memang punya banyak manfaat baik, moms. Selain memberikan manfaat positif bagi kemampuan motorik, sensorik, kognitif, dan bahasanya, mengajarkan anak memasak juga membantu menanamkan kebiasaan makan sehat yang penting untuk menjaga kesehatan, lho.

Namun yang tidak kalah pentingnya, selain mengajak anak untuk memasak bersama, pastikan kamu tetap memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil – yang penting di masa pertumbuhannya. Selain memberikan asupan makanan bergizi, nutrisi juga bisa diperoleh dengan memberi Si Kecil multivitamin. Tapi, suplemen apa yang direkomendasikan?

Berikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Bagaimana? Sekarang kamu sudah mengetahui sejumlah aturan penting dalam mengajak anak membantu ibu memasak, ya. Kalau moms ingin segera melakukan kegiatan memasak bersama, yuk terapkan dahulu 6 aturan tersebut!

 

 

Featured Image – okezone.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!