Bisa Picu Hasil Tes Positif, 5 Minuman Ini Wajib Dihindari Dahulu Ya!

Bisa Picu Hasil Tes Positif, 5 Minuman Ini Wajib Dihindari Dahulu Ya!

font size A Ǎ

Selama pandemi Covid-19, tak sedikit masyarakat yang menjadi rutin melakukan tes, baik Antigen maupun PCR. Hal ini juga kerap dilakukan ketika seseorang akan melakukan perjalanan ke luar kota – atau setelah bepergian.

Kalau ternyata hasilnya positif, maka dianjurkan untuk segera melakukan isolasi mandiri sebagai upaya pencegahan penyebaran virus ke orang di sekitar, termasuk anggota keluarga. Tapi, langkah ini hanya direkomendasikan bagi pasien OTG – dan yang mengalami gejala ringan saja.

Berkaitan dengan tes Antigen, ternyata ada berbagai jenis minuman yang perlu dihindari sebelum melakukan tes tersebut. Pasalnya, minuman ini dapat memicu hasil tes Atnigen positif palsu. Apa saja jenis minuman yang dimaksud?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Apa Itu Tes Antigen?

Bisa Picu Hasil Tes Positif, 5 Minuman Ini Wajib Dihindari Dahulu Ya!

Credit Image - alomedika.com

Saat ini, banyak orang yang lebih memilih melakukan tes Antigen untuk pemeriksaan Covid-19 – hal ini disebabkan karena harga yang relatif lebih murah. Tes Antigen berfungsi untuk mendeteksi protein virus melalui swab nasofaring atau orofaring.

Antigen bekerja dengan mendeteksi protein virus – yang biasanya memiliki jumlah cukup banyak. Kemudian, hasil swab akan diperiksa dengan alat rapid test, dan dari alat tersebut akan terlihat hasilnya – jika positif, maka terdapat sinyal positif rapid pada tes Antigen.

Perbedannya dengan PCR, yakni tes swab PCR berfungsi untuk memeriksa materi genetik virus, sementara tes Antigen digunakan untuk mengecek protein virus – termasuk bagi pasien yang bergejala dan tidak mengalami gejala.

 

Efektivitas Antigen, Seberapa Akurat?

Bisa Picu Hasil Tes Positif, 5 Minuman Ini Wajib Dihindari Dahulu Ya!

Credit Image - bisnis.tempo.co

Mengingat tes PCR masih disebut sebagai gold standart dalam pemeriksaan Covid-19 – tak sedikit masyarakat yang meragukan tingkat efektivitas dari tes Antigen. Perlu diketahui bahwa jenis tes tersebut memiliki angka sensitivitas dari 0 sampai 94 persen. Sementara, untuk spesifisitas, yakni lebih dari 97 persen.

Akurasi hasil tes dapat bergantung pada waktu pemeriksaan, biasanya tingkat keakuratan cenderung lebih tinggi pada fase viral load yang tinggi pula. Yang perlu diperhatikan – akan ada risiko negatif palsu yang cukup tinggi, terutama jika viral load rendah, atau 1-3 hari sebelum gejala dirasakan, atau melakukan tes usai 7 hari munculnya gejala.

Ketika seseorang dinyatakan positif ketika melakukan tes antigen, ada baiknya melakukan PCR juga. Karena, PCR menggunakan teknologi yang mencari keberadaan DNA dan RNA, sementara tes ini hanya melalui antigen saja.

 

5 Minuman yang Perlu Dihindari Sebelum Lakukan Tes Antigen!

Bisa Picu Hasil Tes Positif, 5 Minuman Ini Wajib Dihindari Dahulu Ya!

Credit Image - healthspaceclinics.com.au

Dikutip dari Detik, berdasarkan jurnal yang dilansir dari Express, dikatakan bahwa tim peneliti menemukan lima minuman yang sebaiknya dihindari jika seseorang akan melakukan tes Antigen. Bukan tanpa alasan, namun minuman tersebut diketahui dapat membuat hasil positif palsu.

Kelompok peneliti dari Tubingen University of German menerbutkan sebuah penelitian di International Journal of Infectious Disease yang juga mencatat efektivitas tes Antigen Covid-19. Tetapi, tim peneliti menambahkan minuman sehari-hari tertentu yang dapat menyebabkan hasil positif palsu. Dalam hal ini, setidaknya ada 5 jenis minuman yang perlu dihindari.

Menggunakan Abbott Panbio Covid-19 Ag Lateral For Test, peneliti melaporkan lima minuman ini menyebabkan munculnya garis uji merah – yang artinya positif virus corona. Ada pun minuman yang dimaksud, yakni:

  • Soft drink
  • Energy drink
  • Minuman beralkohol
  • Air mineral dalam botol
  • Air mineral berkarbonasi

Tes Antigen memungkinkan orang yang tidak memiliki gejala virus corona untuk melihat apakah dirinya terinfeksi virus atau tidak. Selain itu, tim peneliti juga menyarankan jika seseorang akan melakukan tes tersebut, sebaiknya lakukan di pagi hari sebelum makan dan minum apapun. Sebab, dengan cara ini hasil yang dikeluarkan akan lebih akurat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Queen Mary University of London, University of Oxford, Institute for Advanced Studies, Wina, dan Medical University of Graz, menemukan tes Antigen 95 persen efektif dalam mendeteksi Covid-19 ,ketika digunakan sejak awal gejala.

Perlu diketahui bahwa tes tersebut lebih akurat ketika dilakukan selama minggu pertama gejala. Para peneliti menemukan tes cepat mengidentifikasi Covid-19 dengan benar dalam rata-rata 78,3 persen kasus selama minggu pertama. Pada minggu kedua, rata-rata turun menjadi 51 persen.

 

Nah, itulah kelima jenis minuman yang perlu dihindari sebelum melakukan tes Antigen. Kalau kamu akan segera melakukan tes tersebut, yuk jangan dulu konsumsi berbagai minuman di atas, ya!

 




Featured Image – abcnews.go.com

Source – detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!